Kolam Penampungan PLTU Paiton Rusak, Beberapa Daerah di Jatim Padam

PLTU Paiton (jibiphoto)

Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Paiton yang memasok listrik khususnya di Jatim mengalami kerusakan. Kerusakan ini menyebabkan beberapa daerah di Jawa Timur (Jatim) mengalami pemadaman.

“Ada kerusakan di Busar yang ada di gardu induk PLTU, busar itu seperti kolam penampunganlah, jadi listriknya dari pembangkit Paiton sebelum masuk ke transmisi itu melalui Busar dulu, itu yang rusak sehingga listrik di unit Paiton tidak bisa disalurkan,” ungkap Direktur Jenderal Ketenagalistrikan Kementerian ESDM, Jarman, di Kantor Kementerian ESDM, Selasa (15/1/2013).

Dikatakan Jarman, akibat rusaknya Busar tersebut terjadi pemadaman di beberapa daerah di Jawa Timur. “Akibatnya beberapa wilayah di Jawa Timur mengalami pemadaman, daftarnya ada cuma saya mesti cek lagi, tapi akan pulih pada pukul 5-6 sore ini,” ungkapnya.

Sementara itu diungkapkan Direktur Operasional Jawa-Bali PT PLN (persero) Ngurah Adyana, ada gangguan di Busar pembangkit PLTU Paiton.

“Ada gangguan di Busar pembangkit Paiton, penyebab sedang diteliti, sistem proteksi sistem kelistrikan Jawa-Bali bekerja normal sehingga sebagian besar dilepas. Dalam 1 jam sebagian besar beban sudah recover, pembangkit aman semua tidak ada gangguan temporary,” tandasnya.

(Sumber: Detik.com)

Tulis Komentar

Silahkan isi nama, email serta komentar Anda. Namun demikian Anda tidak perlu khawatir, email Anda tidak akan dipublikasikan. Harap gunakan bahasa atau kata-kata yang santun. Terima kasih atas partisipasi Anda.





© Copyright 7314. Bappeda Provinsi Jawa Timur. Kembali ke atas | Kontak Kami | RSS Feed
Created & Design by IoT Division Bappeda Jatim