PLTU Tanjung Awar-Awar Akan Sumbang 2.000 MW

ilustrasi: pltu-awar2.blogspot.com

Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Tanjung Awar-Awar di Kabupaten Tuban diproyeksikan sudah dapat beroperasi maksimal pada akhir tahun ini. Sesuai kapasitasnya, PLTU tersebut akan menyumbang pasokan listrik untuk Jawa Timur sebesar 2.000 Mega Watt (MW).

Manajer Komunikasi, Hukum dan HAM PT PLN (Persero) Distribusi Jatim, Noerdajanto mengatakan, jika berjalan sesuai rencana maka stok pasokan listrik untuk Jatim hingga akhir 2012 nanti diperkirakan akan mencapai 8.000 Mega Watt (MW). Tahun depan diproyeksikan terus bertambah seiring rampungnya proyek PLTU Paiton IV di Probolinggo.

Dengan jumlah pasokan listrik sebesar itu, kata Noerdajanto, surplus listrik untuk Jatim juga akan bertambah menjadi 4.000 MW. Saat ini ketersediaan listrik Jatim sebesar 6.000 MW, sementara konsumsi hingga mencapai beban puncak mencapai sekitar 4.000 MW. ”Jika ada tambahan 2.000 MW, maka surplus di akhir tahun nanti juga akan bertambah menjadi 4.000 MW,” katanya.

Dia mengupayakan, seluruh pasokan listrik akan terjual di wilayah Jatim baik untuk konsumsi industri maupun rumah. Hingga akhir tahun 2012, PLN Distribusi Jatim menargetkan total daya yang terjual untuk wilayah Jatim mencapai 28 juta MWH. Hingga kuartal I/2012, total jumlah pelanggan baru di Jatim sudah mencapai 2.000 pelanggan.

Jumlah itu menambah pelanggan PLN di Jatim menjadi 8 juta pelanggan dari posisi akhir tahun 2011 sebesar 7,8 juta. “Hingga akhir tahun, kami berharap jumlah pelanggan baru di Jatim akan naik sebesar 17 persen, yang seluruhnya kami upayakan menjadi pelanggan listrik prabayar,” ujar Noerdajanto. kompas.com

Tulis Komentar

Silahkan isi nama, email serta komentar Anda. Namun demikian Anda tidak perlu khawatir, email Anda tidak akan dipublikasikan. Harap gunakan bahasa atau kata-kata yang santun. Terima kasih atas partisipasi Anda.





© Copyright 2024. Bappeda Provinsi Jawa Timur. Kembali ke atas | Kontak Kami | RSS Feed
Created & Design by IoT Division Bappeda Jatim