Bappeda Jatim Terima Pengahargaan Satu Data Jatim Award 2023 Kategori Favorit Juri

Alhamdulillah Bappeda Provinsi Jawa Timur menerima Penganugrahan Satu Data Jatim Award 2023 dalam Kategori Favorit Juri, Penganugrahan tersebut diserahkan langsung oleh Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa yang di terima langsung oleh Kepala Bappeda Jatim, Ir. Mohammad Yasin di Grand Mercure Hotel Surabaya, Jumat (28/7/2023) malam.

Alhamdulillah, Bappeda Provinsi Jawa Timur menerima Penganugrahan Satu Data Jatim Award 2023 dalam Kategori Favorit Juri. Penganugrahan tersebut diserahkan langsung oleh Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa yang di terima langsung oleh Kepala Bappeda Jatim, Ir. Mohammad Yasin di Grand Mercure Hotel Surabaya, Jumat (28/7/2023) malam.

Gubernur Khofifah menjelaskan di era digital saat ini, pembaruan data tidak lagi bulanan apalagi tahunan namun sudah dalam hitungan minggu. “Data inflasi itu kini bisa kita lihat setiap minggu, sehingga pengambilan kebijakan juga tidak bisa menunggu bulanan tahunan, harus saat itu juga,” ujarnya. Jadi kalau kita menggunakan data yang lama, lanjut Khofifah, kebijakan yang diambil tidak akan relevan dengan kondisi terkini.

Selain soal update data, Gubernur Khofifah juga menekankan pada percepatan implementasi satu data Jawa Timur. “Satu data akan menjadi bagian dari percepatan efektivitas, efisiensi dan akuntabilitas dari proses pengambilan kebijakan pembangunan di Jawa Timur,” jelasnya.

Gubernur Khofifah juga berterima kasih kepada pemerintah kabupaten/kota, OPD Pemprov Jatim, antar lembaga pemerintah pusat, juri dan Diskominfo sudah melakukan sinergitas terhadap satu data ini yang tiap tahunnya berkembang luar biasa. Diharapkan sinergitas dan konektivitas yang dibangun bisa terus ditingkatkan lagi.

Dikatakannya, tidak terjadi satu data jika tidak ada proses teringrasi data. Proses integrasi harus terkoneksi apakah dari sisi aplikator, operatornya, dan tentu terakhirnya pada verifikator di masing – masing titik.

Sehingga ketika melihat peta Jawa Timur dapat melihat secara update. “Update data itu sangat penting, data itu failed pada saatnya, begitu sebaliknya data itu kurang failed karena tidak terupdate dengan baik,” katanya.

Lebih lanjut Gubernur Khofifah juga menyampaikan, pada kamis kemarin kunjungan Duta Besar (Dubes) Uni Emirat Arab (UEA) untuk Indonesia dan ASEAN, Abdulla Salem Aldhaheri, di Gedung Negara Grahadi. Dalam pertemuan tersebut, membahas tiga hal penting yang dinilai strategis bagi kedua belah pihak. Pertama, terkait potensi investasi di Jawa Timur terutama yang masuk kategori Investmen Project Ready to Offer (IPRO). Kedua, proposal untuk beasiswa ke UEA khususnya di bidang Artificial Intelligence serta ketiga, kerjasama beasiswa Univesitas Artificial Intelligence.

Untuk program kedua, dan ketiga itu penting dengan kaitan kita dengan mencoba mengintegrasikan dan memadukan dari seluruh data dari berbagai sektor kab/kota. Jikalau ada hal yang bisa menjadi input, untuk mengintegrasikan penyusunan proposal itu. “Saya rasa Kadis Kominfo, Bappeda bisa menjadi bagian untuk bisa menyiapakan format tersebut,”ujarnya .

Proses integrasian data, keterpaduan data, update data sudah dilakukan. Maka itu yang penting tidak boleh terlewatkan dan perlu diperhatikan di satu data Jatim yaitu penyiapan sumber daya manusia (SDMnya) sangat penting untuk menyiapkan data benar – benar update dan failed.

SDM atau verifikator data  sangat penting. “Kalau semua diserahkan secara teknologi dan kemudian ketika kita kurang awas, maka data banyak hal yang menjadi kurang akurat. Maka itu aspek human itu menjadi bagian yang sangat penting untuk diperhatikan kedepannya,” ucap gubernur.

Jika data menjadi refrensi, bisa menjadi pengambilan kebijakan, sehingga intervensinya lebih besar maka akan menjadi kekuatan yang luar biasa.

“Untuk mewujudkan satu data Jatim lebih baik lagi dan bermanfaat bagi masyarakat kedepannya perlu dilakukan kesepakatan bagaimana mengintregasikan data, keterpaduan data, serta meningkatkan SDM,” pungkasnya. (*)

Tulis Komentar

Silahkan isi nama, email serta komentar Anda. Namun demikian Anda tidak perlu khawatir, email Anda tidak akan dipublikasikan. Harap gunakan bahasa atau kata-kata yang santun. Terima kasih atas partisipasi Anda.





© Copyright 2024. Bappeda Provinsi Jawa Timur. Kembali ke atas | Kontak Kami | RSS Feed
Created & Design by IoT Division Bappeda Jatim