Perekonomian Jawa Timur Tumbuh Positif

Sektor pertanian mengalami pertumbuhan positif sebesar 51,49 persen, hal ini karena bersamaan dengan panen raya utamanya komoditi padi, jagung dan kacang tanah. (foto: Joko Nuswantoro/kfk.kompas.com)

Ekonomi Jawa Timur triwulan I tahun 2014 tumbuh sebesar 1,95 persen terhadap triwulan IV tahun 2013 (q to q). Sektor pertanian mengalami pertumbuhan positif sebesar 51,49 persen, hal ini karena bersamaan dengan panen raya utamanya komoditi padi, jagung dan kacang tanah. Sedangkan sektor yang lain mengalami pertumbuhan negatif, secara umum karena menurunnya permintaan barang dan jasa.

Dibanding triwulan I tahun 2013 (y-on-y), ekonomi Jawa Timur triwulan I tahun 2014 tumbuh sebesar 6,40 persen. Menurut lapangan usaha, semua sektor mengalami pertumbuhan positif, pertumbuhan tertinggi dicapai oleh sektor konstruksi sebesar 9,54 persen, disusul sektor pengangkutan dan komunikasi sebesar 9,50 persen. Sektor jasa-jasa; sektor keuangan, persewaan & jasa perusahaan; dan sector perdagangan, hotel & restoran juga mengalami pertumbuhan cukup tinggi masing-masing sebesar 8,45 persen; 7,67 persen; dan 6,79 persen , sedangkan pertumbuhan terendah terjadi di sektor pertanian sebesar 1,76 persen.

Sumber pendorong pertumbuhan tertinggi dicapai sektor perdagangan, hotel dan restoran dengan kontribusi sebesar 2,20 persen, diikuti sektor industri pengolahan dengan kontribusi pertumbuhan1,65 persen, sektor pengangkutan dan komunikasi 0,72 persen, sektor keuangan, persewaan dan jasa perusahaan 0,42 persen, sektor jasa-jasa 0,68 persen, sektor konstruksi 0,29 persen dan sektor pertanian 0,28 persen, sektor pertambangan dan penggalian 0,09 persen, sedangkan terendah sektor listrik, gas dan air bersih dengan kontribusi 0,06 persen.

Besaran nilai PDRB Jawa Timur atas dasar harga berlaku triwulan I tahun 2014 sebesar Rp 305,23 triliun, sedangkan nilai PDRB atas dasar harga konstan 2000 sebesar Rp 108,09 triliun. Tiga sektor utama yaitu sektor perdagangan, hotel dan restoran; sektor industri pengolahan dan sektor pertanian memberikan kontribusi terhadap perekonomian Jawa Timur sebesar 74,01 persen.

(Sumber: BPS Jawa Timur)

2 Komentar Pembaca

  1. Selamat siang, saya memerlukan data PDRB sembilan sektor beradasarkan data konstan Tahun 2014, namun sampai saat ini kami mengalami kesulitan menemukannya. Dapatkah kami dibantu untuk mendapatkannya?

    • Bisa dilihat dan diunduh Buku Dinamis Semester I 2015, dan untuk detilnya bisa dilihat juga di website jatim.bps.go.id
      Terima kasih atas kunjungannya.

Tulis Komentar

Silahkan isi nama, email serta komentar Anda. Namun demikian Anda tidak perlu khawatir, email Anda tidak akan dipublikasikan. Harap gunakan bahasa atau kata-kata yang santun. Terima kasih atas partisipasi Anda.





© Copyright 2018. Bappeda Provinsi Jawa Timur. Kembali ke atas | Kontak Kami | RSS Feed
Created & Design by IT Support Bappeda Jatim