Kamis, 24 April 2014

Pelindo III Siapkan Dana Rp.6,1 Triliun Tahun Ini

Peti kemas di Pelindo III (Foto: www.bumn.go.id)

PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) III mengalokasikan dana investasi sekitar Rp6,1 triliun untuk pengembangan bisnis perseroan tahun ini.

Kepala Humas Pelindo III Eddi Priyanto mengatakan dana investasi itu didapat dari kombinasi antara dana internal dan pinjaman perbankan.

Untuk sementara, pinjaman yang telah didapatkan perseroan berasal dari PT Bank ANZ Indonesia senilai US$65 juta.

“Tahun ini, dana investasi kami memang besar, karena banyak proyek yang akan dikerjakan serta banyak mendatangkan alat-alat untuk pelabuhan. Tahun ini anggaran kami sebesar Rp6,1 triliun,” ujarnya kepada Bisnis, Selasa (30/1).

Dia menyebutkan dana tersebut paling besar digunakan untuk pengerjaan proyek Terminal Multipurpose Teluk Lamong yang mencapai Rp2,5 triliun.

“Total investasi Terminal Teluk Lamong itu sebenarnya Rp3,4 triliun, tetapi untuk tahun ini saja yang dibutuhkan Rp2,5 triliun. sisanya ada yang sudah dibayar tahun lalu, dan untuk tahun depan,” ungkapnya.

Selain itu, dana investasi tahun ini juga digunakan untuk pemenuhan alat dan fasilitas pelabuhan sekitar Rp1,8 triliun.

“Dan ada juga investasi lainnya untuk tanah, jalan, dan bangunan sekitar Rp1,2 triliun,” tambahnya.

Dengan ekspansinya tersebut, pada tahun ini BUMN pelabuhan itu menargetkan adanya peningkatan arus kunjungan kapal mencapai 76 ribu unit dan 272 juta gross tonnage, arus barang sebesar 91 juta Ton dan 5,6 juta meter kubik, petikemas mencapai 3,3 juta box atau setara dengan 4 juta TEU’s, serta arus penumpang 3,3 juta orang dan arus hewan 59 ribu ekor.

(Sumber: www.bisnis-jatim.com)

Tulis Komentar

Silahkan isi nama, email serta komentar Anda. Namun demikian Anda tidak perlu khawatir, email Anda tidak akan dipublikasikan. Harap gunakan bahasa atau kata-kata yang santun. Terima kasih atas partisipasi Anda.





© Copyright 2014. Bappeda Provinsi Jawa Timur. Kembali ke atas | Kontak Kami | RSS Feed
Created & Design by IT Support Bappeda Jatim