Pertamina – Pelindo III Sepakat Operasikan Tanjung Wangi

ilustrasi: kabarbisnis.com

Agar tidak terjadi inefisiensi pengoperasian kapal tunda di Pelabuhan Tanjung Wangi Banyuwangi, Jawa Timur, PT Pelindo III dan PT Pertamina (Persero) Marine Region V bersepakat untuk mengoperasikan kapal tunda secara bersama-sama.

Melalui langkah ini, diperkirakan keuntungan PT Pelindo III bakal mencapai Rp1,5 miliar karena akan menarik pengoperasian satu kapal tunda di wilayah Pelabuhan Tanjung Wangi.

Sementara PT Pertamina akan menerima nilai sewa kapal tunda per bulan dan biaya pengganti BBM per pelayanan.

Direktur Komersial dan Pengembangan Usaha PT Pelindo III, Husein Latief, mengatakan, kerja sama PT Pertamina dengan PT Pelindo III (Persero) tersebut dilatarbelakangi oleh rendahnya utilisasi kapal tunda milik PT Pelindo III Cabang Pelabuhan Tanjung Wangi dan PT Pertamina yang selama ini hanya sebesar 11% per bulan.

“Selama ini, ada dua kapal tunda milik Pelindo III yang dioperasikan di Pelabuhan Tanjung Wangi. Padahal rata-rata kapal yang dilayani adalah 3.500 GT, sehingga menyebabkan inefisiensi kedua belah pihak. Untuk itu, kami berupaya melakukan kerjasama dengan PT Pertamina untuk memanfaatkan kapal tunda secara bersama-sama,” ungkap Husain di Surabaya, Kamis (4/8/2011).

Hal ini dimungkinkan mengingat lokasi Pelabuhan Tanjung Wangi dan Terminal Untuk Kepentingan Sendiri PT Pertamina (Persero) bersebelahan.

Dengan pengurangan jumlah kapal tunda tersebut diharapkan bisa meningkatkan utilitas kapal tunda yang dioperasikan, karena pelayanan di Pelabuhan Umum Tanjung Wangi cukup dengan satu unit kapal tunda siap operasi.

“Untuk merealisasikan program efisiensi dan optimalisasi tersebut kami sepakat menarik salah satu kapal tunda milik kami. Dengan langkah ini, kami perkirakan bisa menekan biaya operasi Pelindo III Cabang Tanjung Wangi sebesar Rp1,5 miliar” akunya.

Selain itu, lanjutnya, langkah ini juga sebagai wujud komitmen dari Direksi PT Pelindo III yang sangat mendukung upaya sinergi yang diamanatkan oleh Kementerian BUMN.

“Dan tidak menutup kemungkinan kerjasama ini akan dilakukan di cabang pelabuhan lainnya,” pungkasnya.kabarbisnis.com

Tulis Komentar

Silahkan isi nama, email serta komentar Anda. Namun demikian Anda tidak perlu khawatir, email Anda tidak akan dipublikasikan. Harap gunakan bahasa atau kata-kata yang santun. Terima kasih atas partisipasi Anda.





© Copyright 2024. Bappeda Provinsi Jawa Timur. Kembali ke atas | Kontak Kami | RSS Feed
Created & Design by IoT Division Bappeda Jatim