Usulan Soekarwo untuk Pemerintah Pusat Soal Sapi di Bali

Usulan Gubenur Soerkarwo. foto:widikamidi

Soekarwo, Gubernur Jawa Timur, mengusulkan kepada Pemerintah Pusat, dalam hal ini Menteri Perdagangan, Enggartiasto Lukita, untuk membeli sapi ternak milik pengungsi Gunung Agung di Provinsi Bali. Pasalnya, kebutuhan daging sapi secara nasional masih kekurangan 840 ribu ton.

Usulan itu disampaikan Soekarwo terkait pernyataan Gubernur Bali, Made Mangku Pastika, yang meminta Jawa Timur untuk membeli sapi pengungsi Gunung Agung. Wawancara wartawan itu dilakukan usai Sidang Paripurna DPRD di Gedung DPRD Jatim, Senin (2/10).

Soekarwo mengatakan, usulan itu adalah solusi yang tepat karena Pusat masih kekurangan daging sapi. Sedangkan disisi lain, pengungsi Gunung Agung dapat mengungsi dengan tenang karena sapinya sudah dibeli. Sampai saat ini, banyak pengungsi yang masih sering pulang ke rumah untuk memberi makan ternak mereka.

Ditambahkan, Pemerintah Prov Jawa Timur tidak bisa membeli sapi tersebut karena Jawa Timur memiliki kelebihan 330 ribu sapi, bahkan 31persen total sapi Indonesia atau sebanyak 4,3 juta ekor sapi berasal dari Jatim.

Selain itu, dalam Kebijakan Umum Anggaran dan Priorotas Plafon Anggaran Sementara (KUA-PPAS) APBD Pemerintah Provinsi Jawa Timur tidak ada anggaran khusus untuk membeli sapi Gunung Agung. (*)

Tulis Komentar

Silahkan isi nama, email serta komentar Anda. Namun demikian Anda tidak perlu khawatir, email Anda tidak akan dipublikasikan. Harap gunakan bahasa atau kata-kata yang santun. Terima kasih atas partisipasi Anda.





© Copyright 2017. Bappeda Provinsi Jawa Timur. Kembali ke atas | Kontak Kami | RSS Feed
Created & Design by IT Support Bappeda Jatim