Progres Pembangunan Waduk Bajulmati

Waduk Bajul Mati. foto:ist

Progres pembangunan Waduk Bajulmati di wilayah Kabupaten Banyuwangi dipaparkan dihadapan Wakil Presiden Jusuf Kalla dan Gubernur  Jawa Timur Soekarwo, Kamis (15/12).

Kepala Dinas Pekerjaan Umum Pengairan Kabupaten Banyuwangi Guntur Priambodo menjelaskan, Waduk Bajulmati terletak di dua kabupaten yakni Kabupaten Banyuwangi dan Kabupaten Situbondo memiliki banyak manfaat. Terpenting adalah mampu menyediakan air baku/air bersih 110 liter/dt, air irigirasi 1800 Ha, pembangkit minihidro, pengembangan pariwisata, perikanan dan konservasi air, serta sebagai sarana edukasi.

Luas genangan waduk mencapai 91,93 Ha dengan daerah tangkapan air seluas 98,43 Ha. Elevasi puncak spillway mencapai +87,60 m dengan panjang melimpah 90,00 m, kapasitasi tampungan 10.000.000 m3. Kondisi saat ini, elevasi muka air mencapai +82,70 m dengan volume tampungan mencapai 6.801.840 m3.

Menurut Guntur Priambodo, volume tampungan saat ini belum memenuhi kapasitas maksimal waduk. Namun, dengan asumsi apabila besar curah hujan selama bulan Desember-Februari tidak mengalami perubahan yang signifikan maka diperkirakan waduk akan penuh (sesuai dengan kapasitas rencana) pada bulan Februari.

Masih terdapat pekerjaan yang belum terbangun yakni saluran sekunder untuk perencanaan cetak sawah baru seluas + 600 Ha dan jaringan transmisi – distribusi air baku. Pembiayaan Konstruksi Waduk Bajulmati dilakukan secara  multiyears  dan bertahap sudah mencapai Rp 450.000.000.000. */

Tulis Komentar

Silahkan isi nama, email serta komentar Anda. Namun demikian Anda tidak perlu khawatir, email Anda tidak akan dipublikasikan. Harap gunakan bahasa atau kata-kata yang santun. Terima kasih atas partisipasi Anda.





© Copyright 2024. Bappeda Provinsi Jawa Timur. Kembali ke atas | Kontak Kami | RSS Feed
Created & Design by IoT Division Bappeda Jatim