Kamis, 30 Maret 2017

Pemerintah Rekrut 73.000 Pedampingan Desa

Ilustrasi

Pemerintah akan merekrut sedikitnya 73.000 orang sebagai pedamping masyarakat desa.

Mereka akan mendampingi masyarakat dan aparatur desa di setiap desa yang akan mendapatkan alokasi dana lebih dari Rp 1 miliar per tahun.

Jumlah desa seluruhnya ada 73.000 desa, sehingga nanti akan direkrut pendamping minimal 73.000 orang.

Demikian terungkap dalam semiloka nasional bertemakan “Revitalisasi Desa Menuju Desa Kuat dan Mandiri” yang dihadiri Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Marwan Jafar, kemarin.

379 Komentar Pembaca

  1. Pak Marwan Jafar sebelumnya perlu mempelajari evaluasi pelaksanaan program PNPM pedesaan yang sudah terlaksana selama ini. Sudah menjadi rahasia umum program PNPM tidak lepas dari praktek korupsi oleh pemerintah desa bekerjasama dengan konsultan PNPM.

    • maaf nana kayakx komentar anada tentang pnpm itu salah..yang benar adalah pnpm tidak ada praktek korupsi antara pemerintah desa dengan konsultan pnpm..yang terlihat di mata masyarakat adalah ,keberhasilan pnpm yang mereka nikmati selama ini

      • PNPM bayak melakukan korupsi, ini juga hasil kajian. anggaran PNPM lebih banyak distruktur dan rekrutkemnnya sangat tidak obyektif.

        kenapa harus PNPM yang tangani?? Emang siapa sih orang2 PNPM itu?

        • justru PNPM yang Jarang terjadi korupsi jika di bandingkan dengan program-program pembangunan lain yang turun ke masyarakat yang ada di kampung-kampung

          • Bener tu, justru PNPM yang Jarang terjadi korupsi jika di bandingkan dengan program-program lain yang turun ke masyarakat, terutama yang yang ada di kampung-kampung, yang terlihat di mata masyarakat adalah keberhasilan pnpm yang mereka rasakan jelas jelas manfaatnya selama ini

        • sebaiknya di buka untuk siapa saja …..baik itu yang perna di PNPM ataupun yang perna di tempat lain.. atau bahkan yang tidak perna sama sekali…..nanti hasil tes yang menentukan

        • Orang-2 PNPM adalah relawan sejati, contoh Nggarap buku UPK sejumlah 19 buku dengan insentif 150.000/bln, kamu mau?

      • Saya sepakat dan mendukung program pendamping desa, tanpa harus melibatkan PNPM.

        rekrutken Pendamping Desa harus benar2 obyektif dan trasparan, tidak seperti PNPM.

        • heh mal,,,tidak obyektif dan transparannya di mana PNPM itu?? coba jelaskan…! saya faskel PNPM

          • PNPM banyak korup dipengadaan bahan dan jasa timbul pembengkakan dan sehingga hasil pengerjaannya kurang maksimal dan daya tahan bangunannya cukup memprihatinkan.mungkin didesa kamu cukup tetapi didesa lain selalu kurang..bercermin aja dan ga usah munafik

        • kenapa hanya PNPM yg dinilai tidak obyektif…….??, masih banyak program” lain yang perekrutan pendamping hanya prosedural saja,tetapi dibalik itu sudah ada nama” yg tercetak untuk menjadi pendampingnya, karena mereka mempunyai koneksi orang dalam di instansi tsb. JUJUR di akui dan tidak itulah kenyataanya.

          • Bukan tidak objektif boss..kalo nama instansinya tetap baik…tetapi oknumnya petugasnya yang tidak benar.kalo indonesia bebes korupsi tentulah indonesia makmur

        • Nana’ Sd sangat jelas sekali dr org2 yg mngomentari km’ mungkin hax km yg masi keliru’ pnpm sd terbukti berhasil’ dan mungkin lebih’ dr desa atau kelurahan kamu yg mngkin selama ini km nilai tdk berhasil shngga km bs jadikan barometer d pnpm tdk brhasik.

        • itu hak anda tapi kan jangan menuduh orang-2 pnpm korupsi.

        • ora ngurus! sing penting buatku PNPM adalah program pemerintah yang paling berhasil………………… karna aku sendiri pelaku PNPM ( LKM ) di desa ( Sekretariat )

          • oh pasti tapi penialaian baik dan bagus itu jangan dilihat dari salah satu sudut bank

          • Betul..yg ngak pernah terjun langsung ngak pernah di fikr kl ngomong.map 7′survy lelang…bikin pusing q tpk

        • kamal@ komentar itu benar2 kelihatan kalau kamu iri terhadap para pelaku PNPM…jangan2 kamu mungkin Pihak ke-3 (suplier) yang di black list ketika mengikuti proses pengadaan barang dan jasa…ataukah pernah ngikut Tes menjadi Fasilitator terus tidak lulus…kami segenap warga masyarakat sangat sesalkan atas atensi saudara kamal…justru sebaliknya hal yang terindah yang kami rasakan di tengah2 pembangunan ini adalah dengan hadirnya PNPM…yang lain tidak sama seperti PNPM…..jika pingin tau maka masuklah lebih dalam lagi bukan asal berdiri di halaman rumah orang lalu bernyanyi…..

        • saat berbicara tentang PNPM berarti kita berbicara tentang seluruh komponen PNPM. Ada masyarakat, ada konsultan (pendamping profesional), pendamping lokal, ada KSM (masyarakat relawan) serta ada stackholder lainnya. Jadi yang dimaksud di PNPM itu banyak terjadi korupsi itu pada bagian yang mana ? harus jelas dong……

      • nggak semua daerah sama…ada yang baik, ada yang korup

      • kapan pembukaan pendaftaran pendamping desa? tolong infonya.

        .

        ,

        ,

    • 8 tahun menjadi relawan PNPM, saya selalu menegaskan, siapa yang menganggap pNPM penuh atau ada korupsi, silahkan untuk minta dicalonkan sebagai anggota LKM di basis, agar tau bagaimana prinsip kerja PNPM… alhamdulillah masyarakat saya selalu menantikan, program2 di PNPM. antusias dan semangat berswadaya menunjukkan, PNPM mendapat kepercayaan dari masyarakat.

    • BETUL-BETUL! REKRUTMEN HARUS TRANPARAN!

    • Program apapun yang akan dijalankan akan berjalan sesuai juknis dan sop nya. asalkan dalam rekruitmennya hrs benar-benar profisional tidak mengedepankan kepentingan golongan, keluarga, teman dekat atau sebaliknya.tapi sayang kebanyakan dinegara kita sudah menjadi budaya nepotisme dan kolusi.semua lantang berbicara profesional tapi prakteknya …..wani piro…..

    • mohon maaf kepada mbak nana, perlu anda ketahui PNPM itu adalah prorgram nasional pemberdayaan masyarakat, kalau bicara korupsi itu tolong jangan bawa nama PNPM tapi anda bisa sebutkan dan bisa anda buktikan secara hukum siapa oknumnya bukan lembaganya, saya contohkan supaya anda bisa berpikir dan bisa berbicara secara dewasa, DPR/DPRD yang korupsi dan yang sudah jelas bisa dibuktikan secara hukum adalah oknumnya bukan nama institusinya.

      • tuh orang kayanya punya dendam mas ma PNPM, ngomong ga pake otak…saya faskel PNPM.
        gimana bisa korupsi pemerintah desa,orang uang nya juga masuk rekening BKM,ga da hub nya dg pem. desa. pem desa ga bisa masuk ke ranah BKM

        • Kamu salah kalo mengatakan mereka seperti itu kepada(bak nana)..wajar masyarakat tidak puas.bru diangkat fasket kata2 kamu sudah selangit.masyarakat hanya menyampaikan aspirasinya.kamu langsung marah.kalo masyarakat tidak menegur kamu,maka kamu akan sewenang2 kerjanya.buktinya sekarang bru ditegur uda ga terima.ga layak kmu jadi pemimpin

      • Benar yang dijerat adalah oknumnya

    • boz…tau apa anda tentang PNPM?? tidak ada praktek korupsi konsultan dengan pemerintah desa.

      • Andaikata Agit sudah datang ke seluruh desa dan kecamatan seluruh Indonesia, maka Agit bisa mengambil kesimpulan ada praktek atau tidak. Tetapi kalau belum, maka terlalu dini kalau mengambil kesimpulan bahwa “tidak ada praktek korupsi konsultan dg pemerintah desa”

    • Minta maaf pa menyampaikan bahwa pnpm adalah tempat praktek korupsi antara pemerinta desa dn consultan pnpm sebenarnya pa punya komentar menyangkut pd pa punya diri sendiri klau memang pa perna bergabung di pnpm pasti sdh aturan kerjanya klau tdk perna kerja di pnpm berarti tdk aturan kerja bgmn jd komentar yg smpaikan tu salah tempatnya

    • mohon maaf sdri nana, dari mana anda mendapatkan statemen seperti itu, perlu diketahui bahwa PNPM adalah program yg sudah diakui oleh msyarakat ttg keberhasilannya dalam pemberdayaan masyarakat perdesaan. kalo anda tidak tahu seluk beluk PNPM jangan pernah berbicara seperti itu. Walaupun ada korupsi itu hanyalah segelintir oknum Unit Pengelola Kegiatan (UPK) bukan dari unsur konsultan ataupun pemerintah Desa

    • Ya….saya setuju dengan pendapat perlu diaudit kinerja pnpm…

      • Kalo diaudit itu beru benar..aku setuju..banyak yang kenak itu.dari perbandingan semen aja uda ga standart PU.gitu bilang bersih oknumnya.

    • Nana…. apakah sampean punya temen yg sering koruopsi ( Perusahaan atau istansi) kok dengan gampang anda membuat pernyataan seperti itu. perlu saya jelaskan, kebetulan saya juga Konsultan PNPM Perdesaan. Nahwa kita akui di semua program pemerintah pasti ada penyalah gunaan atau bisa korupsi. dari data KPK ( Komisis Pemberantasan Korupsi ) th 2013. bahwa tingkat korupsi paling kecil ada di PNPM Perdesaan. ALASANYA Karena di PNPM itu komplit Ada Pelaku Penulis Usulan, ada Pendamping Desa, Ada Pelaksana Desa, ada Ti, <onitoring Desa. Tingkay kecamatan ada Badab Pengawas. Ada Tim Verifikasi Usulan, ada Tim penangan masalah ada Unit Pengelola Kegiatan dan ada Konsultan Tejnik dan Pemberdayaan serta ada Badan Kerjasama antar Desa. Dan dalam PelKSANAAN kEGIATAN DIDESA ADA lELANG BAHAN, ADA PERTANGUNGJAWABAN 40%, 80% DAN 100%. DAN SETIAP LPJ DILAKSANAKAN DIDEPAN MASAYARAKAT DAN BILA SETIAP HASIL KEGIATAN TIDAK SESUAI PASTI DI LPJ DITOLAK. DAN SISA DANA LELANG DIHARUSKAN UNTUK PENGEMBANGAN. ARTINYA DI PNPM SANGAT KOMPLIT INILAH SEHINGGA HASIL KEGIATAN SANGATBAIK DANN KECIL BERANI DIKORUPSI. ITU TERMASUK PADA KEGIATAN SIMPAN PINJAM. MOHON NANA PIKIR DULU MENGULARKAN KOMENTAR. DAN SAYA TAMBAHKAN SETIAP TAHUN AKAN DILAKUKAN AUDIT ANTAR KECAMATAN, DAN AUDIT DARI KABUPATEN / ISPEKTORAN BISA JUGA AUDIT DARI PROVINSI, SELAIN ITU MONITORING KONSULTAN TINGKAT KABUPATEN HAMPIR TIAP BULAN KE LOKASI KECAMATAN / DESA TERMASUK MONITORING DARI BANK DUNIA
      uNTUK kONSULTAN SEPERTI SAYA SANGAT HATI-HATI, KARENA SEKALI MELANGGAR KODE ETIK ( WALAU HANYA NERIMA UANG TIDAK SEBERAPA ) ANCAMANNYA PHK. MAKA EMAN TO KITA SUDAH GAJI YG TINGGI KOK BERANI BERBUAT MAIN MAIN…… ITULAH NANA . TAPI SALUT SAMPAIAN BERANI KOMENTAR SEPERTI ITU MENGANGAB PNPM KOROPSI. SAMPAIN HARUS BERSIAP SIAP AE UNTUK MEMBUKTIKAN TUDUHAN SAMPAIAN. MAKA YG TIDAK ADA KOROPSI BISA JUGA NAGIH SAMPAIAN UNTUK MEMBUKTIKAN ( KARENA SAMPAIAN TIDAK MENGATAKAN OKNUM) .

      • setuju pak !!!!!!! HIDUP PNPM (PERDESAAN+PERKOTAAN) :)

    • hehe….itu pembelaan program PNPM apa membela diri….

      • PNPM memang sangat transparan dalam melaksanakan pekerjaan karena materialnya dilelang oleh masyarakat boss

    • saya sebagai pelaku pemberdayaan, saya berharap untuk proses rekrutmen pendamping dana desa benar-benar di titik beratkan kepada calon pendamping yang punya pengalaman dan KOMPETENSI di bidang Pemberdayaan Masyarakat, punya pengalaman pemberdayaan minimal 3 thn dgn di buktikan dengan sertifikasi KOMPETENSI yg dikeluarkan oleh lembaga sertifikasi profesi.

    • Betul sekali,, di desa kami PNPM dan aparatur desa malah sekongkol menghabiskan dana PNPM Mandiri,mereka saling menutupi kejelekannya,bahkan pengawasan dari tingkat kecamatanpun g berkutik,karena juga ada main disitu,Memang klo programnya teralisasi dalam bentuk Bangunan, tapi kwalitas bangunannya subhananllah,, mungkin hanya dari 100% kualitas hanya 25% kwalitasnya

      • Cakep bener itu kata kamu

      • mas & mbak yg pada komentar miring tentang PNPM M Perdesaan,mungkin anda sakit hati dg oknum pelaku di PNPM tp jgn mudah membuat fitnah,klo ga ada bukti dan hanya mengatakan (mungkin) itu bisa membunuh karakter ribuan orang yg pernah terlibat di PNPM MP

    • betul itu mas, karna selama ini yang menjadi pengurus pnpm apabila sedang melalaksanakan pembanguna selalu bilang tekor dan tekor tapi nyatanya dibelakang dia bagi2jatah

    • maaf pak marwa, kira2 kapan pendaftaranya tolong saya kasih tau, DASIMUDIN Karanggayam logandu Kebumen, hubungi nom,085641881134 makasih pak

    • kapan prndaftaran?

    • maaf Na, Saya kurang setuju kalau PNPM dituduh Korupsi, tidak transparan, aku berani bilang begitu karena aku juga pelaku langsung PNPM-MP di desa dan dipercaya jadi Sekretariat sejak tahun 2008 s/d sekarang masih aktif, setiap akhir bulan LKM & UPK harus Laporan dan 6 bulan sekali diperiksa oleh BAPPEDA, bahkan BPKP, setiap akhir tahun harus melakukan RWT dan Audit, dari pengerjaan lingkungan/bangunan harus sesuai dengan RAB, volume kurang mencukupi saja KSM harus menambah volume tersebut sehingga mencapai volume, bahkan masyarakat sendiri diwajibkan untuk berswadaya baik itu uang atau tenaga ( Gotong royong ) kalau memang tidak percaya silahkan masuk jadi relawan PNPM, biar tau PNPM itu seperti apa,makanya jangan asal coment jangan asal gebyah uyah!!!

    • Mang kamu mau jd pelaku PNPM_MP, terimah 150.00 kerja seluruh waktu…Atau jangan2 km mau jd UPK tapi ngak dipulih Di MAD karena org tau kamu suka korup wkwkwk

    • mungkin anda telah menerima info yg salah.pada umum nya setiap kecamatan selalu ada auditor baik BPKP dan inspektorat juga faskeu setiap bulan,karna program pnpm mempertanggung jawab dana pada masyarakat sesuai dengan persentase penyaluran dana.jarang ada program ataupun proyek yg buat pertanggung dana di balai desa/meunasah langsung dengan masyarakat,maaf

    • jangan berkicau selagi belum pernah menjalaninya….selama ini animo masyarakat Indonesia sesalkan mengapa Program yang sangat menyentuh hati masyarakat Desa melalui PNPM dipandang tidak berbobot…sebaiknya Nana dalami dulu lalu bernyanyi…..anda tidak pernah tau seperti apa menjadi Fasilitator Pemberdayaan Masyarakat….

    • kami sangat merasakan program pnpm ini, karena masyarakat sangat merasakan kesejahtraan, kalau di daera lain yang rasanya kurang itu bukan semuanya jadi jangan dibantah program ini okeee

    • Selalu ada dua sisi dalam setiap program kegiatan di masyarakat apalagi yang menyangkut uang… Tergantung dengan personil di lapangan, jika manusianya jujur dan takut dengan Allah dan hari akhirat mereka gak akan berani korupsi….
      Tapi jika masyarakat desa, perangkat desa dan personil konsultannya manusia berwujud setan ya pasti korupsi…
      Tinggal bagaimana masyarakat ikut mengawasi dan berani buka suara jika terjadi penyimpangan…
      Jika memang ada yang berbau korupsi, laporkan saja ke pihak yang berwajib… jika memang benar ada penyimpangan silahkan di tangkap

    • Instansi gak ada yg salah,, yg salah oknumnya,,, memang kebanyakan praktik itu sering terjadi,,, tp kebanyakan yg terjadi itu di tingkat kecamatan

    • Mhon mf Pk mengenai pengadaan tes untuk calon pendamping desa kapan? Trimakasih

    • Memang betul saya dan teman2 banyak menemukan kejanggalan dan proyek yg tidak di kerjakan dengan baik yg mengatasnamakan PNPM di Madura

  2. . السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ
    Mohon informasi perekrutan pendampingan dana desa lebih awal dan transparan biar hasilya lebih profesional karna seringkali perekrutan d pnpm itu terselubung. Dan leding sektor dari perekrutan tenaga pendamping d kabupaten dinas apa? Dan pada bulan apa akan dibuka perekrutanya? Wassla$. Mohon infonya . 081939211000/ via email

    • Bagus Mas Akhmad Fauziuzi,,,,,saya juga sependapat utk menanyakan hal itu, nati kalau sdh dapat info tolong dikabarai ya,,,via email atau ke 0878 1785 4188

    • Assalamu’alaikum Wr. Wb.

      1. Mohon informasinya kapan perekrutan tenaga pendamping Desa dimulai?
      2. Instansi mana yang melakukan perekrutan?
      3. Syarat2 sebagai tenaga pendamping?

      Terima Kasih Banyak

      Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

      • instansi yg melakukan perekrutan BPMPD, syarat pendamping minimal S1

        • kpn dilaksanakan rekrutmentnya???

          • syaratnya apa z????

          • kapan mulai pendaftaran BPMPD dan syaratnya apa2 aja? mohon informasinya k email saya. terima kasih,,,

          • ya pada dasarnya manusia,punya sifat kurang sempurna semua tergantung niatnya saja.bagi saya yg penting masyarakat merasakan manfaat dari pembangunan jenis program apapun tergantung pada oknumnya,pak mentreri saya minta info rekrutmen tenaga pendamping pdt yg perkecamatan 2 orang.

        • Pelaksanaan alokasi dana desa harus di dampingi pendamping, dan rekruitmen pendampingnya harus tarnsparan dan profesional, OK/

          • Akan dibuka akhir bulan april. Pndidikan terakhir s1

          • mhn syarat dan alamat email utk daftarnya…apa bisa yah utk org yg punya pengalaman diperbankan daftar…sy tertarik krn tidak harus duduk dikantor dr jam 8-17…atau mlh lebih.mhn info pendaftarannya sy tunggu di email saya. Terima kasih

        • kapan pendaftaran pendaming desa

    • tolong mas dalam perekrutan pendampingan,harus betul2 dilakukan dengan cara yang profesional jangan terpengaruh dengan oknum yang tidak baik

  3. Askum, pak mau tanya, kira-kira bulan berapa rekrutmen pendampaing alokasi Dana 1 M pertahun tiap Desa? Waskum

  4. Mohon infomasi perekrutan pendampingan desa, kira – kira bulan berapa dimulainya dan persyaratan yang harus dikirim apa saja. Terima kasih

  5. assalamualaikum wr.wb
    Mohon informasinya pak kapan dan di mana tempat perekrutan tenaga pendampingan tersebut…. wassalamualaikum wr.wb 087850572555

  6. Assl. Pak mohon pemberitahuan kapan mulai perekrutan.
    Tlg konfirmasi diemailq

  7. Tidak mungkin satu desa satu pendamping, coba baca dulu uu desa dan pp 43 dan 60 …pendampingnya 3 jabatan 1. Pendamping profesional 2. Pendamping tehnis dan pendamping desa..paling 1 kecamtan 1 profesional 2 org tehnis dan beberapa pendamping desa..demikian

    • masalah pendaming profesional dan pendamping teknis masalah penempatannya ada di permendesa mas fausi

  8. perekrutan pendampingan di intansi apa,… mulai kapan…, kami mohon bisa lebih teransparan, atas perhatian dan informasinya kami huturkan terimakseih. mohon dapat menghubungi kami jika ada perekrutan, terima kasih.

  9. Akhirnya pada kecewa kan, dengan keputusan menteri desa soal pendamping dana desa? Apalagi dengan terbitnya kepmen tentang pendamping desa, pelaksana rekrutmen adalah pemda. Sudah bisa dibayangkan kolusi bakal marak terjadi. Tidak akan jauh beda dengan rekrutmen KPU dasar seleksi “ini orangnya siapa?”

  10. maaf… kr2 kpn ea mulai perekrutannya?

  11. Kpn di buka pndaftaran?cari info kmn? Persyaratannya apa aj? Dtnggu jwbnya segera.thnks

  12. Mohon informasinya

  13. Tolong di publikasikan rekruitmennya pak,,klo memang benar kenginginan bapak untuk transaparan,,diseleksi oleh pihak kementrian jngn dr pemda setemtap,,agar yg menjadi pendamping desa benar2 mempunyai kemampua dan tidak ada lagi KKN di Indonesia.

  14. Saya kira tidak diragukan lagi fasilitator PNPM mampu dengan baik melaksanakan pendampingan desa karena sudah terbukti sukses mendampingi prohram selama ini…..

  15. bisakah pendaftaran penerimaan pendamping desa di aceh di perjelas mekanismenya?

    • asslm……pak marwan tolg di informasikan kapan perekrutan pendamping desa, saya dari kab. aceh timur.biar semua ada pekerjaan.banyak sarjana mash pengangguran khusus di tempat kami.ini contact saya pak: 081362148386

  16. mohon info pengumuman seleksi pendamping pedesaan

    • ya kalau gak puas bisa masuk auditor pemrintah maupun independent PNPM juga orang bukan malaikat oknum nya.mudah2han pendaptaran online calon pendamping kabupaten kecaarimatan desa yg barusan usai hasilnya lebih baik dari PNPM yg di sanjung2

  17. Ass mhon informasinya bapk/ibuk kpan pelaksanaan rekrutmen pendamping desa. Dari mana saya harus mendapatkan informasi resminya trimaksih.

  18. asslm.. pak marwan kapan penerimaan pendamping desa?? bagaimana cara mndaftarnya?? SAYA dari kab.Musi Rawas provinsi Sumatera Selatan.. bisa hbungi no saya 085268196152.. MHON PK INFONYA BIAR TRANSFRAN..TRIM.

  19. Tolong informasi rekrutmennya dipublikasikan pak jangan sampai terjadi lagi nepotisme pemerintah daerah pada saat perekrutan dan melalui dinas apa tolong info yang jelas.

  20. Mohon kasi info jk proses rekruitmen sdh dimulai, trus jgn diserahkan ke pemda proses rekrutmennya krn pasti KKN n transaksional. Kira2 kapan rekrutmennya dibuka?? Ini email sy: muhamadarwahid@yahoo.co.id

  21. mohon info rekrutmen tenaga pendamping desa untuk provinsi kalimantan utara

  22. Mohon bpk imformasikan kapan dibuka pendaftaran tenaga pendamping kecamatan dan desa di buka. kami dari kec.banda baro kab.aceh utara desa ulee nyeue
    Terima kasih.

  23. ass,….pak mohon juga infox kapan perekrutan tenaga pendamping desa??? biar kami jga d sulawesi bisa mengakses program tersebut untk lebih jelasnya,….mohon infonya di 081341727904
    makasih Pak….

  24. Aslkm… Pak kapan penerimaan pendamping desa? Apakah mendaftarnya di kabupaten masing-masing? Mohon infonya. Saya dari Kabupaten Pinrang Provinsi Sulawesi Selatan, Desa Binanga Karaeng.

  25. asslam. Saya Ex. FT Kecamatan PNPM MPd. di Kec Puger, Kab. Jember, Jatim. Kapan dan bagaimana prosedur Perekrutan pendamping desa? Mohon Infonya. Hunting; 085257561479

  26. kapan pendaftaran pendamping desa dibuka
    kemarin info pembukaannya sudah dibuka
    setelah dicek khok blm dibuka lagi
    mohon info jelasnya

  27. kapan pendaftaran pendamping desa dibuka
    mohon info yang pastinya

  28. Yth bpk/ibu pelaksana rekrutmen tenaga pendamping desa, mohon informasi teknis pendaftaran, kapan dan dimana lamaran bisa kami sampaikan, agar informasi yang disampaikan benar benar transparan dan sampai ke semua kalangan, ats informasinya diucapkan terima kasih.

  29. asslm. sy eks FT Kecamatan PNPM MPd di Kec. Puger- Jember – Jatim. Mohon Info Kapan dan dimana Prosedur perekrutan Pendamping Desa?

  30. kami menunggu tindak lanjut dari Bapak Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, Dan Transmigrasi Republik Indonesia.
    Peraturan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Republik Undonesia Nomor 3 Tahun 2015 Tentang Pendampingan Desa.

  31. kapan terakhir pendaftaran untuk pendamping desa pak….

  32. Klo menurut saya sich… Data Fasilitator totalnya sekitar 27.0000… sedangkan sekarang jumlahnya desa 73.093… Artinyandes masih kurang banyak dong? kemendes harus lebih bijak dalam pengadaan barang dan jasa klo perekrutannya melalui pemerintah pusat…
    Untuk fasilitator yang lebih dari 3 tahun mendingan langsung prmberkasan ke kemendes… Buat peraturan presiden untuk fasilitator yang lebih dari 3 taun

  33. Untuk kemandirian desa… Menurut saya kemendes harus ada unit dikecamatan untuk pusat kordinasi fasilitator desa kemudian ke tingkat atasnya baik kab,propinsi dan pemerintah pusat…
    Sedangkan untuk fasilitator yang ada sekarang mendingan dimobilisasi kedesa masing2 melalui unit Kemendes tingkat kecamatan kemudian selanjutnya dilaporkan ke kab,propinsi dan pemerintah pusat…
    sedangkan untuk perekrutan fasilitator baru siapa pun boleh daftar sesuai dengan kebutuhan barang dan jasa didaerah masing2 sesuai dengan perpres,perkemendes,perbup, pergup dan peraturan pemerintah mengenai prngadaaan barang dan jasa

  34. Maaf… Data fasilitator sekarang 27.000.. Trims Salam buat Fasilitator..
    Kembalikan fasiltator ke desa masing2… Mudah2an ini mewakili semua fasilitator yang ada…

  35. Sumatra barat bagaimana:? Nagari=desa

  36. Klo pendaftaran sdh dibuka mhn dikabari

    • mau jadi pendamping desa hub saja bpk daniel di kementrian desa dan pembangunan daerah tertinggal 085211336778.

  37. Asslm.saya Eks FT Kecamatan PNPM-MPd di Aceh Besar ,,.,,,Mohon Info kapan dan dimana Perekrutan Pendamping Dana Desa Tersbt

  38. Mohon informasi persyaratan. ..menjadi tenaga pendamping ds.pengalaman..Th. 2003 sd 2006 faskel p2kp,2007 sd 2011 askot ekonomi di pnpm. Perkotaan,kab jepara Jateng, sd skrg masih aktif di pnpm hgga bln april kontrak hbs di jepara jateng no hp 082327317504

  39. semenjak terbitnya undang undang permendes no 3 tahun 2015, tentang pendamping desa, banyak unek unek pertanyaan yang muncul dari kami terutama yang sudah lama berkecimpung dalam bidang pemberdayaan masyarakat
    1. Kapan adanya rekrutmen pendamping desa? terkait dengan opini Bapak Menteri PDT yang akan mengevaluasi dan mengoptimalkan pendamping program PNPM-MPd sebelumnya. Kami sudah lama menunggu. Mohon kepada Bapak Menteri untuk melakukan rekrutmen ini demi kesejahteraan masyarakat indonesia jangan bawa nama politik, sebab banyak sekali berita yang memberikan rekrutmen diambil dari golongan partai politik yang Bapak terjuni.
    2. Jika Dana realisasai April 2015, kemudian harus ada pendamping. Kenapa hingga sekarang tidak dilakukan persiapan untuk menyongsong hal tersebut. apa pendamping secara tiba tiba mendampingi pencairan dana. Hal ini jauh sekali dengan program pembedayaan nasional yang sudah berjalan sebelumnya. Saya tidak mengada ngada, jika Bapak pelajari program yang ada sebelumnya, langsung saja saya sebutkan program PNPM-MPd. Disana mekanisme, alur, prosedur jelas dari awal tidak tiba tiba ke tahapan pencairan. bagaimana kontrol kita??????????????????????

  40. Kapan dimulai Rekrutmen Pendamping Desa….?, saya ingin berpartisipasi turut serta menjadi Tenaga Pendamping Desa…di Kecamatan Kotaagung Kabupaten Tanggamus.

  41. Sgt dihrpkan Kontrol dan pngwsan yg ketat dn berjenjang ut menghindari adanya cela2 yg dpt dimainkan terhdp praktek2 kolusi dn nepotisme yg berujung pd korupsi

  42. Saya ga’ faham dgn pernyataan2 pak mentri..
    Sering kali berubah-ubah, katanya April dana desa akan
    dicairkan tp sampai saat ini persiapan belum apa2..
    Kayaknya cuma omong doang, dan lebih baik pemerintahan sebelumnya….
    Salam damai

  43. Mohon infonya:
    Kpn perekrutan pendamping dana desa untuk Sulawesi Tenggara dibuka??
    Sy berharap smoga pengumuman penerimaanx nti dipublikasikan bukan hnya lewat Internet tpi jg lewat media lokal (koran/surat kabar lokal dan TV lokal).
    Trims… Salam Indonesia Raya

  44. Asslmkum wr wb,, Mohon info pastinya pak kapan rekrut pendamping desa mohon info dan transparansi,,!!

  45. Mhn info perekrutan pendamping desa,085 740 070 631.bnyk dana pnpm disalah gunakan!!

  46. Mhn info perekrutan pendamping desa,085 740 070 631.salam pak mentri

  47. pa menteri desa tolong perjelas keberlanjutan pnpm karna kegiatan yang dilaksanakan tahun anggaran 2014 belum 100% selesai dan aset yang ditinggalkan bagaimana jangan sampai ini menjadi masalah di kecamatan dan di desa setelah pasca para konsultan masa kontrakx berakhir, serta tolong pa menteri kami selama ini mengabdikan diri untuk mendampingi masyarakat desa jadi tolong pikirkan nasib kami,,,kami mau kemana setelah ini???

  48. ide pengawalan dengan adanya makhluk pendamping desa sangat bagus, asal Jangan sampai pendamping desa cuma formalitas. kuliah tanpa batas bersama http://www.perkuliahan.com

  49. Mohon informasinya pak kalau sudah perekrutan pendamping dana desa 2015,dan dmn tempat registrasinya untuk dimasing2 wilayah prov/kabupaten.mohon infonya melalui Email.andinadirmudar@ymail.com.trims

  50. sekiranya informasi perekrutan untuk tenaga pendamping desa diumumkan dimedia sosial, elektronik dan koran,,dan sarjana yang direkrut sesuai desa yg didampingi, agar tidak terjadi kesenjangan sosial yang akan terjadi dilapangan. trim’s
    email: Suwanto_ucubeeodock@yahoo.co.id

  51. Do sumut ada tidal? Tetus kok belum ada infonya ya, kebagian apa says visa dapatkan informasi penerimaanya bls

  52. kapan informasi bisa saya untuk penerimaan tenaga pendamping dan kesitus apa untuk dapat penjelasannya..

  53. Mohon rekruitmen pendamping dana desa diinfokan melalui media massa biar lebih transparan dan pilihlah org yg ada pengalaman , bkn krn kedekatan dgn pemegang jabatan

  54. Psitifnya kpn dkluarkn pengumumn pnerimaan pndamping dsa? Tq. Admin..

  55. Kpn mulai pndftarn?

  56. perlu dipertimbangkan untuk pnpm pedesaan karena selama ini masih kurang kualitas hasil kerja. contoh jalan rambat beton belum enam bulan udah hancurrrr

  57. kapan mulai pendaptaran?

  58. kapan di buka pendamping desa, mohon inforasinya trims. 089682189997

  59. info tentang desa dan pembangunannya
    http://www.gapuradesa.co.id/

  60. asslamualaikum wr wb,
    tlong infonya,apakah pendamping desa itu adalah pemuda/di yg berasal dri desa setempat dengan jenjang S1?trimakasih.(085736410605)

  61. mari berfikir negatif kawan. mari kita Isi dengan membangun bersama negeri INI kawan. tidal ada sailing menyalahkan. yang lalu biarlah berlalu mari Kira perbaiki bersama tatanan Dan pembangunan negeri kita. merdeka.

    • saya sudah 9 tahun di PNPM mulai dari PL s/d pengurus UPK dan menurut saya keberadaan pendampingan sgt dbutuhkan untuk mencegah penyelewengan dana di desa….n sy jg siap klo dbutuhkan.

  62. tolong minta informasi yang jelasnya…kapan dibukanya lowongan perrekrutan pendamping desa. info ke no ini 085798425559

    • mohon info juga ke nomor 085945484161. Trims

  63. PERATURAN MENTERI DESA, NOMOR 3 TAHUN 2015
    TENTANG PENDAMPINGAN DESA sudah lama diundangkan tapi teknis dan pengumuman rekrutmen pendamping belum ada, mohon infonya kapan dan persyaratannya apa saja? trim 082332919683

  64. Saat ini yang di butuhkan oleh desa adalah pendampingan pembuatan RPJMDes sesuai Permendagri no 114 th 2015,karena banyak desa yang belum membuat kalaupun sudah ada yang membuat masih mengacu pada permendagri no 66 th 2007,RPJMDes sebagai pondasi dalam Penerimaan Dana Desa

    • maaf mas,mngkn yg benar adalah permendagri Nomor 114 Tahun 2014.
      sya pun setuju seharusnya pendamping desa yang akan diregrut itu adl pendamping yg bertugas untk menyusun RPJMDesa, maklum kepala desa dan aparatnya SDM-nya msih dibawah standar….hehehe..

  65. Saat ini Desa sangat memerlukan pendampingan dalam pembuatan Dokumem RPJMDes,RKP dan APBDes yang sesuai dengan Program Dana Desa yang mengacu pada PP no 60 tahun 2014 Permendagri no 113,no 114 tahun 2014

  66. mohon infony.. kpn pendaftarany pendamping desa di buka? dan dmn tempat pendaftarany?
    trimakasih..

  67. ini info yg aq tau dri tmanq
    -Untuk pendaftaran pendamping desa paling akhir 27-02-2015
    -Untuk pelatihannya 26-03-2015.
    Ma’af klo infonya lambat.krn aq jg bru dengar.

  68. Mhn pertimbangan keahlian calon, usia jgn dibatasi termasuk calon mantan Kades yg sudah pasti memiliki keahlian dan pengalaman dalam mengelola desa… Usia maksimal 55 thn lah, jangan dibatasi 40 thn… Pengalaman PNPM hrs mjdi pengalaman betapa banyak pembangunan yg rusak karena pengawasan yg dilakukan asal2an atau pengawas-a tidak kredibel…

  69. Kapan pak ? INI kan membuka lapangan tenaga kerja

    • mbak ,ini rata-rat yang dibutuhkan adalah lulusan s1 di bidang teknik,ekonomi dan sosial,dan rata-rata orang PNPM dan BKM lbh berhak jadi pendamping,karna sdh perpengalaman,mhm yang belum pengalaman cari pengalaman dulu di BKM Deda

  70. kapan perekrutan untuk propinsi sulawesi tenggara, khususnya kab? muna.BPMD dan Penggurusan PNPM-MP untuk sultra tdik sesuai mekanisme yang jujur banyak permainan pungli.

  71. Tlg infonya perekrutan pendamping profesional,pendamping teknis dinas mana yg tangani dan kpn rekruitmennya di sultra tlg di hub no kami 081341928871 ( Bahar )

  72. Tlg infonya perekrutan pendamping profesional,pendamping teknis dana desa dnas mana yg tangani dan kpn rekruitmennya di sultra ? tlg di hub no kami 081341928871 ( Bahar )

  73. Kapan penerimaan Fasilitator Dana Desa, untuk wilayah sulawesi selatan kab Toraja utara tolong infonya, hubungi 081241584416. Terima kasih .Tuhan memberkati .

  74. menunggu info perekrutannya. Terimakasih

  75. mohon info terkait pendampingan desa selanjutnya 085330211067

    • Kebijakan yang sangat tepat waktu dan tepat sasaran, apakah seseorang yang berstatus karyawan tetap diprusahaan swasta bisa diterima sebagai pendamping lokal desa ?

  76. saya sangat setuju apabila seluruh tenaga ex pnpm mandiri perdesaan diakomodir jadi pendamping dana desa krn tidak diragukan lg kemampuannya..krn mereka telah mendampingi tim didesa dlm pembuatan dokumen RPJM Des dan RKPDes..semua usulan sdh siap didana oleh dana desa…mantapkan?????? salam damai

  77. Mohon info rekrutmen pendamping desa secara public..!! Sy dr kab. Bogor jawa barat.. 081384685681

  78. tolong di perjelas perekrutment pendamping desa, kapan buka pendaptarannya?? dan kapan akhir Pendaftarannya?? sy Butuh infonya…

    saya Dari Provinsi Gorontalo. Kab. Boalemo,

  79. mohon info rekrutment pendamping desa Pak..???

    • kapan rekrutment pendamping desa pak..??

  80. Di desa saya sudah ada yang testing di jogja katanya untuk konsnsultan desa, untuk ko

  81. Dan ada 2 orang teman saya yang mendaftar lewat partai

    • emang salah bila daftar lewat partai mbak?lha menterinya juga dari partai , yang penting kompeten kan?

  82. Kami di Provinsi Aceh dan Khususnya saya di Kabupaten Aceh Barat, sangat minim sekali Informasinya mengenai penerimaan Pendamping Desa, mohon informasinya kapan dibuka penerimaan sebagai Pendamping Desa, kerena sesuai dengan berita koran serambi Indonesia hari ini, Dana Desa segera turun bulan maret ini.

  83. Mohon informasinya pk…kapan di buka pendaftaran pendapingan desa. untuk daerah sumenep madura di instansi apa? Mohon infonya di no 085259163454. Terimakasih

  84. Mohon maaf ni no. Hp yang valid yang di atas salah ketik. 085.259.163.453

  85. Assaalamualikum, pak mau tanya kapan rekruitmen pendamping desa yang di sebut-sebut itu karena sangat bernmanfaat bagi kami di wilayah tengah dan timur indonesia. saya berada di Sulawesi Tengah bagian timur. talong infonya… wasalamualaikum…

  86. kapan mulainya perekrutan dan bagaimana proses pendaftaran beserta syaratnya?

    atas balasanya terima kasih

  87. baru tau info ini, mohon agar dikirim info lengkapnya

  88. Mohon informasi tentang rekrutmen pendamping desa dlm implementasi uu desa tahun 2015. sya mhon rekrutmen secara transparan

  89. mohon info tentang rekrutmen pendamping desa kpn pendaftaranya??? suwun.

  90. Saya pikir,pernyataan p marwan adalah hasil evaluasi pelaksanaan program melalui kajian yg dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya hanya saja tdk semua desa syarat dgn korupsi tp sy mendukung bahwa pernyataan tsb sangat refresentatif dan kedepannya dipendampingan ADD Desa Mekanisme pendampingan dan pelaksanaan program perlu diperbaiki guna pencapaian suatu tujuan Program yg pro rakyat…Sukses…

  91. Mohon informasinya kapan di buka pendaftaran pendapingan desa. untuk daerah kabupaten belu instansi apa? Mohon infonya di no 085236451349Terimakasih

  92. asslm……pak marwan tolg di informasikan kapan perekrutan pendamping desa, saya dari kab. aceh timur.biar semua ada pekerjaan.banyak sarjana mash pengangguran khusus di tempat kami.ini contact saya pak: 081362148386

  93. Tolong pak dipublikasikan perekrutanx klo bs jgn orng2 yg perna krja di PNPM di pekrjakan kembali karna bax jg tman2 yg mau kerja distu.

  94. mohon informasi kapan perekrutan pendamping desa serta persyaratannya,saya dari kab. Timur Tengah Selatan.
    kontak saya : 085253981948

  95. saya berharap semoga perekrutan pendamping desa betul2 objektif kami siap bersain dan jg jgn cuman ex PNPM yg muncul berikan keterbukaan kepada semua fasilitator pembedayaan dari program mana saja

  96. kapan mulai perekrutan calon tenaga pendampingan dana desa dan apa persyaratannya. Contak saya. 085728834497

  97. kapan pak perikrutannya tenaga pendamping desa? kami mohon yang jelas ya pak infonya, jangan seperti PNPM orangnya tetep itu2 aja.

  98. Menanti rekruitment Pendaping dari Kemendesa PUSAT JAKARTA harap harap cemas…..kapan itu? kalau pak Mentri tawarkan APBD daerah digunakan untuk rekruitmen tenaga pendamping itu luar biasa PAK….semoga ada yang tertarik menyelenggarakan sendiri.

  99. setelah PNPM tak berlanjut terasanya masyarakat sudah tidak punya hak lagi untuk memberikan pikiran yang secara langsung karena hilangnya prinsip Partisipaf,san Kegotong royongan,,,,oleh karena itu untuk mellanjutkan atau mengestafetkan itu perlu adanya Porgram Baru yang bisa melibatkan langsung oleh masyarakat.karena smua usulan prioritas pembangunan desa itu berawal dari masyatrakat…..alhamdulillah ternyata uda ada sana Desa Tpi Kapan pelaksanaanya…….dan Juknisnya pun Belum Jelas Jdi maunya gimana?

  100. Kira2 Kapan tanggal waktunya rekruitment/penerimaan Pendaping desa tersebut?

  101. Assalamualaikum
    Bagaimana Cara Mendaftar Untuk Menjadi Pendamping Desa?
    mohon infonya terimakasih

  102. Mohon bocoran rekrutmenya pak, saya di sulbar.tks

  103. assalamu’alaikumww,
    Bpk Marwan yg terhormat,perlu kita lebih selektif dan transparan
    untuk rekruitmen pendamping desa itu .soalnya masih banyak terjadi ketidak-jujuran dikalangan aparat desa khususnya di kabupaten Banyumas timur perbatasan dengan kabupaten kebumen.saya sangat setuju dengan itu.tapi harus betul2 yg amanah.orangnya yg tidak mau di ajak kong-kalikong dengan aparat itu.

  104. Assalamu’alaikum Wr. Wb.
    1. Kapan di mulainya rekrutmen tenaga pendamping Desa?
    2. Di Instansi mana perekrutannya?
    3. Syarat2 untuk menjadi tenaga pendamping desa?
    Terima Kasih Banyak atas informasinya.
    Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

  105. Pnpm akan terlihat kebaikanya manakala sudah ditinggalkan dan masarakat akan mengenangnya dengan penuh penyesalan karna tidakada program yang mengakarrumput seperti itu

  106. Sy kira kembali ke kebijakan setiap daerah karena daerah tau persis bekaitan dengan rkrutmen atw evaluasi terhadap ex fas pnpm.

  107. wah wah ketok palu dana apbn untuk kucuran dana uu desa mestinya april, tentang rekrutmennya kapan ,instansi apa yg berkompeten dan persyaratan apa aja yang harus di lengkapi? mohon kodi infokan ke 085290402070 atau pin 2b3794a1. aku tunggu yaaaa maturnuwun.

  108. Ass. Wr.Wb.
    1.Mohon informasinya kpn perekrutan pendampingan dana desa?
    2.Bagaimana cara pendaftarannya melalui instansi mana?
    3.Syaratnya apa saja untuk menjadi pendamping dana desa?
    Tolong dihubungi di no hp 085730272307/085257106747 atau via email
    Terima kasih.

  109. Mohon infonya kapan perekrutannya. jangan sampai perekrutan ini terjadi permainan kepala-kepala desa dan pemda. seperti halnya PNPM atau PKH yang pekerja masih kerabat kepala-kepala desa. inilah yang memicu KKN tidak bisa mati.
    Saya dari pamekasan. 081913790022

  110. Salam sukses.buat teman2 yg brkarir sbgai pendamping program dan masyrakt..saatx brbgi info.krna nasib kta samaa.jdi sy mhon tlng teman infokan jga ksaya kpan penerimaan it dmulai,untk tnga pendamping..

  111. program PNPM memang sangat luarbiasa sudah terbukti di beberapa desa berhasil membangun beberapa prasarana penting di pedesaan yang sangat membantu masyarakat. semoga untuk perekrutan tenaga pendamping pemberdayaan masyarakat pedesaan dapat berjalan transparan sehingga tenaga2 yang di peroleh benar2 yang mempunyai potensi SDM

  112. siap2 mo pelatihan pendamping dana desa.
    Salam damai,bagi yang sudah terdaftar.

    • Bagaimana dan mohon infonya mas fadil..sy dari tadi membaca komentar. Semuanya masih bertanya kapan dan bagaimana rekrutmennya. Tpi tidak ada satupun yg menjawab. Mohon share mas fadil…tanks

  113. siap2 mo pelatihan pendamping dana desa.
    Salam damai,bagi yang sudah terdaftar.
    Diwilayah sumenep&sekitarnya.

    • Ini nomer tlv sy. 085731183131

  114. Teman2 bnyak brharap bsa bkerja sebgai tenaga pendamping dana desa…trmsuk sya yg ada di kbupaten donggala,sulteng..tlng teman2 infokan ksya,klau dpat info penerimaan calon pendamping dana desa…ke nmrx 082344604495 .atau fc.romyrus. ! Sy tngu infox kwn.

  115. terkait dg pendamping dana desa harusnya memang transparan dan jelas standarisasinya sbg pendamping. oleh krn itu tahapannya hrs d umumkan melalui media baik lokal maupun regiuonal terkait dg :
    1. Pengumuman rekrutmen pendamping
    2. Instansi yg berwenang melakukan rekrutmen
    3. dibuka secara umum jangan ada prioritas bagi ex pendamping program nasional seperti pendamping PNPM

  116. kamal……… supaya anda tahu bahwa program PNPM dan kegiatannya sangat menyentuh dan di rasakan oleh masyarakat dan fasilitatornya sudah di akui oleh masyarakat karena kemampuannya di lapangan dalam mendampingi masyarakat dan dananya, dari pada program-program pemerintah lainnya yang mulai dari tahapan perencanaan-pelaporannya tidak jelas dan kegiatannya tidak begitu nampak dan di rasakan oleh masyarakat, karena tidak ada pengawasan dan kontrol yang baik oleh pemerintah, apalagi kita khususnya di PAPUA BARAT program PNPM dan kegiatannya serta tenaga Fasilitatornya sangat berguna dan bermanfaat bagi masyarakat di desa dalam proses pembangunan

  117. tenaga fasilitator PNPM harus di pakai dalam mengawal UU Desa karena sudah memiliki pengalaman kerja dan juga mempunyai kemampuan dalam mengawal dana tersebut

  118. mohon dengan hormat untuk segera menyampaikan tata cara untuk menjadi pendamping desa dan kapan waktunya untuk perekrutan. semoga desa seluruh indonesia tiba saatnya untuk maju

  119. kita dukung program pemerintah ke arah yang lebih baik. jangan banyak komentar. semoga desa2 di seluruh indonesia menjadi makmur

  120. Semua Program Pemberdayaan Bagus…..karena itu stimulan untuk membangun Desa secara mandiri…mau dirubah nama apa ya tetap aja pemberdayaan….tergantung NIAT.

  121. Mohon bagikan infonya pendaftaran sarjana pendamping biar transfaran gitu…

  122. Pak saya pernah dengar ada lowongan kerja
    Tentang undang undang desa
    Saya mau nanyak
    Persyaratnya apa aja?
    Pak kalau dah da persyaratanya sms aja ke nomor saya
    085363085590
    Pin saya 29187a44

  123. Permen no 3 thn 2015 bab III ttg manajemen pendampingan desa” pasal 23 ayat 1 da 2 berbunyi’ rekrutmen pend desa’ pend teknis & tenaga ahli pemberdayaan di lakukan secara terbuka dan dilakukan di setiap daerah dan ditetapkan oleh mentri” (jd yg jelas kita semua akan medapatkan info)

  124. Kapan ya pendaftaran calon pendamping dana desa resmi di buka,,,,???

  125. Semangat membangun desa karena kami terlahir dari desa….salam pendamping masyarakat sul-teng

  126. Assalamu’alaikum..Yth bpk / ibu
    mohon info kapan n apa syarat menjadi pendamping desa, dan di instansi apa pendaftarannya
    nope: 0856-3530-9203
    Demikian terimakasih
    Wassalam
    homat saya,

  127. Ass,,bpk/ibu,,tolong berikan ingormasi,,kapan di buka pendaftarannya,,

  128. Assalamualaikum wr wb…salam sejahtera untuk kita semua..
    Saya mempunyai kakak yg pernah kerja di PNPM kurang lebih 6 Tahun… Pada akhir Desemeber 2014 PNPM sudah tidak ada maka secara tidak langsung kakak saya tidak bekerja lagi di kegiatan tersebut. Dengan adanya kabar penerimaan tenaga sebagai pendamping desa tahun 2015 ini saya sangat senang mendengarnya dan apabila benar maka ratusan bahkan ribuan penganguran akan bisa bekerja kembali dalam hal ini dapat meningkatkan angka penganguran daerah khususnya Indonesia. Bapak menteri sudah membuka 16 ribu lowongan dan yg akann datang sekitar kalau tidak salah 32 ribu…untuk itu saya mohon bantuanya dimana pendaftarannya dan syaratnya apa saja.

    Demikian atas perhatiannya kami ucapakan terima kasih

    Semarang, 27 Maret 2015

  129. klo bisa pak menteri untuk pendamping masing-masing desa itu yang kerja dulu di tim pengelola kegiatan (TPK) PNPM 2014.

  130. Tingkat keberhasilan pnpm sd bs di beri jempol krn sd di akui sbagian besar masy di desa di indonesia bahkan di luar negri’ walaupun ada yg mngatkn tdk berhasil itu kembali kepada oknum pendampingan yg provsional serta tdk adax kesadaran masy tertentu yg tdk mau mngikuti aturan pemerintah tdk ada rasa jiwa membangun desa shngga proses penerapan program pnpm di wilayah tertentu di nyatkn tdk berhasil’ yg di nytakan tdk berhasil’ tolong jgn ambil barometer wilayah tersebut untuk mnjd ukuran semua wilayah di indonesia’ apalagi yg cuma di ambil contohx bbrp kamp sj atw kec’ UU desa no 6 thn 2014′ marilah kita bersama2 mendukung program pemerintah’ bersiap2 mnjadi bagian menjadi pendamping desa yg memiliki jiwa provesional dlm mendampingi program pemerintah tersebut dgn smngat tubuh pnpm menuju satu kemandirian desa ke arah yg lebih maju’ salam tuk semua teman2 fas ex pnpm se nusantara by. Ex fasltor pnpm papua ujumg timur indoonesia SALAM KOMPAK.

  131. mohon infonya lwt imel untuk pendaftarannya.mksih

  132. Sarjana pendamping desa seyogianya haruslah mereka yg independen dalam artian mereka yg tdk bisa dipengaruhi oleh pihak manapun agar mereka bisa melaksanakan tugasnya dg baik

  133. uu 6/2014 mengatur ttg pengawasan oleh masyarakat, mari kita gunakan hal tsb dg baik dan penuh tanggungjawab. masyarakat desa sdh waktunya berpikir kritis ttg keadaan desa masing-masing, maju mundurnya desa ada ditangan masyarakat desa dan pemuda desa tersebut “masyarakat bersatu desa menjadi maju pemuda merapat desa menjadi kuat”. kalau PNPM merasa berhasil sblm uu desa berlaku maka sekarang waktunya para pelaku PNPM utk membuktikan keberhasilannya lg stlh uu desa berlaku. sebagai masyarakat desa mari kita awasi pelaksanaan uu desa tsb semoga ALLOH SWT menjauhkan kita semua dari praktik Korupsi-Kolusi dan N E P O T I S M E terutama dalam perekrutan PENDAMPING DESA.

  134. Kalau bisa untuk perekrutan pendamping dana desa kali tidak mesti harus mantan fasilitator yg telah pernah bekerja di tahun lalu,,beri lah kesempatn utk kami2 ini para sarjana muda,,sekali lagi kami mohon sewaktu perekrutan nanti jgn ada kecurangan,,

  135. emang warga desa yg usianya diatas 42 tahun meski sarjana sudah ndak boleh jadi apa2 po ya??? syarat masuk perangkat desa batas maksimal usia 42 tahun , sekarang ada pendamping desa kalo ndak salah batas usia maksimal 40 tahun. ah jadi ada niat mau pindah ke kota saja kalo gini caranya, insyaalloh di kota masih ada harapan, sapa mau ikut rame-rame adu nasib ke kota… “AKU RAPOPO”

  136. Mohon info pendaftaran dan syarat menjadi pendamping ya…terima kasih

  137. Kami selaku pemberdayaan sangat butuh informasi yang jelas dari kementrian,soalnya banyak informasi yg tidak jelas atau seolah disembunyikan informasi.mks banyak kami tunggu info terbaru

  138. bapak menteri marwan jafar yth. uang untuk desa bulan april ini akan masuk ke rekening desa masing2, jadi bapak selalu memberikan stegmen desa tidak perlu takut karena bapak menteri akan mengirim pendamping untuk uang tersebiut perdesa satu oarang,,,jadi,yang men jadi pertanyaan saya pendamping desa kapan dirkrut kok belum dipublikasi,, apa sudah direkrut secara sembunyi-sembunyi,kalau emang belum direkrut kapan mau direkrut sedang 2 hari lagi sudah memasuki bulan april,mohon pencerahan dari bapak menteri,,untuk kawan-kawan kami yang lagi menunggu stegmen yang bapak ucapkan,,,

  139. Saya berharap rekrutmenya transparan secara online karna klau mlalui tingkat kab. atau prop ini sya yakin banyak berkas yg masuk tong sampah…
    klau pdampingan ini ngambil dari F. PNPM tanpa adany Evaluasi kinerjany ini sya yakin g baik juga..krn bnyak jg dananya jd siluman ntah kmn perginy..
    sya tw krna sya orang lapangn sebagai pendampingan Dana Puap..sya mndampingi 3 kcamatn yg isiny 31 desa..
    jd banyak sekali informasi yg sya trima dri 31 desa terkait dengan PNPM itu sndiri..
    jd sya kurang stuju apbila prekrutan ini ngambil dri F. PNPM tanpa adany evaluasi kinerjanya…
    maksut saya klau umum saya jg pngen ikutan daftar…..hehehehe

    salam kenal semua salam persahabatan

    • Kalo boleh jujur semua rekrutmen pendampingan tidak ada yg transparan dan jujur, semua memakai jasa koneksi orang dalam, diakui dan tidak itulah kenyataanya. Yang sudah menjadi pendamping diprogram apapun itu bicaralah jujur ttg proses rekrtmen anda. Hanya prosesnya aja yg dilalui seakan” terbuka untuk umum,namun dibalik itu sudah ada MOu antara nama” tertentu yg nantinya diloloskan. Bukan lagi rahasia itu krna semua lapisan masyarakat sudah mengetahuinya, sampai” Pengangkatan PNS pun golongan K2 yg baru aja dilaksanakan, yg sudah mengabdi lebih dari 15 tahun tersingkir oleh anak kemarin sore yg notabene belum berpengalaman sama sekali karena mereka punya koneksi orang dalam. Diakui dan tidak itulah yg terjadi

      • Jd tdak smuany sperti itu ms..klo skrang sy g tw..
        Dl sya jd pendamping E-KTP sesudah it sya jd pendamping DANA BLM-PUAP ..saya daftar sesuai ktentuan dan tdk mgluarkan MOU…
        Klo ini program besar jd sya ndak tau ap msih lurus ap belok”…
        Semangat sy jg pngen ikutan…hehehehe

  140. السَّلاَمُ عَلَيْكُمُوَرَحْمَةُاللهِوَبَرَكَات. Kapan di mulai penerimaan tenaga pendamping desa, kecamatan, kabupaten dan provisinsi ? Apa saja persyaratannya ? Kemana saya harus mengirim lamaran ( alamat emailnya ) ? Wass…..tks.

  141. Saya juga sedang cari info kapan perekrutan tenaga pendamping desa
    dan di instansi apa pendaftarannya,tolong sms ke nomor saya
    nope: 0857-2420-8179. terima kasih

  142. Mmg pnpm tdklah/blm sebersih yg kita inginkn
    Tp menurut hemat kami blm ada program yg mengakat aspirasi masyarakat laksana pnpm, bgmna pnpm mmbyat musyawarah untuk menymbygkembangkan partisipasi masyarakat n menggali kebutuhan pembngunan desa dll sbgnya.

  143. Kapan,syaratnya apa, dan dimana mendaftar?

  144. Kapan di mulai pendaftaranya pak??tlg diinfokan ke kami ,,terimakasih

  145. kapan mulai di buka pak? terus syaratnya apa? terima kasih

  146. kapan mulai di buka pendaftarannya pa? syaratnya apa?

  147. Mohon infonya bapak…..

  148. Mohon informasi tentang pendaftaran, tempat pendaftaran dan syarat serta ketentuan pendaftaran. Misal online, mohon diberitahukan alamatnya… Maturnuwun

  149. Salam Hormat :
    Saya sangat ingin menjadi consultan didinas apapun, mohon info pendaftaran dan syaratnya kepada yang berwenang.

    Terima kasih

  150. Mohon informasinya berkaitan dengan pendaftaran sekaligus tempatnya, syarat dan ketentuan serta dimulainya kapan. terima kasih

  151. mohon informasi tentang kapan adanya pendaftaran untuk tenaga pendampingan desa . terima kasih mohon infonya ke 085241665663

  152. kapan.dimana dan bagaimana cara pendaftarannya,smoga bukan hanya sebatas wacana saja,?????amin..

  153. maaf,..apa ada kaitanya dengan rekrutmen yang dilakukan NU

    • Saya dapet info yg d jabar sih spetti itu mas..mkany ne kyakny bkal bnyak yg jd siluman..

  154. Kapan?

  155. kira-kira kapan ya mulai pendaftarannya dan apa syaratnya…??

  156. dalam hal ini kita sebagai warga negara kalangan masyarakat bawah hanya bisa berharap dan berharap untuk transparansi penerimaan tenaga pendamping UU Desa itu nantinya. Kalaupun harus mempunyai ijasah S1 apakah menjamin pelaksanaan pendampingan itu berjalan sesuai dg yg diharapkan….?, berarti pupus sudah harapan temen temen mantan Pendamping Lokal Kecamatan yang sebagian besar hanyalah lulusan SLTA untuk kembali mengabdi di wilayahnya sendiri dan kembali akan diambil alih orang luar daerah. Pengabdian Temen temen PL Kecamatan itu rata rata diatas 3 tahun, mulai awal adanya program PNPM ditahun 2009 sampai berakhirnya di tahun 2014 ini.walaupun hanya dengan honor Rp.650.000/bulan dari APBN dan ditunjang transport dri operasional UPK Rp.375.000/bln mereka tetap semangat dalam bekerja mandampingi dan memfasilitasi masyarakat. Oleh karena itu besar harapan kami mantan PL Kecamatan supaya satker terkait dapat memperhatikan hal tersebut.

    • Sarujuk Kang ayah arif. Peranan PL dalam rktl keberhasilan PNPM jangan dilupakan.

  157. Assalamu alaikum wr.wb,,saya sedang menunggu irformasi perekrutan pendamping desa,,,tolong di infokan ke nope 082157635653.ok trims

  158. assalamualaikum wr wb
    kira-kira kapan ya mulai pendaftarannya untuk wilayah aceh utara,, krn kami sngat menanti2kan informasinya,apalagi sekarang tamatan s1 banyak sekali pengangguran,, maka saya sangat mengharapkan informasinya,, dan apa syara2tnya,, kalo dari kwn2 ada informasinya mohon dihubunggi ya ke no 085272769753,, terimakasih,,

  159. Ass …. kapan rekrutmen pendamping desa untuk wilayah SUL-SEL

  160. Bagaimana cara melamar menjadi pendamping untuk ADD?Dan kemana lamaran dituju?sampai skarng tidak ada kejelasan mengenai mekanisme lamaran,di internet di umumkan perekrutan untuk pendaping ADD,tetapi tidak ada kejelasan yang lengkap.Ditakutkan adanya sistim titipan dari dalam untuk calon calon pendamping ini.

  161. Pak mw tanya ni lowonganya kapan dibuka untuk pendamping desa? … kok dari atas ampe bawah komentarnya tanya tok, tapi lum ada jawabanya…..

  162. Saya indra dr kabupaten karimun provinsi kepri.saya bendahara desa disalah satu desa yg ada di kab.karimun,saya rasa tidak perlu diadakannya perekrutan untk pendamping ADD di desa,karena disetiap desa sudah ada bendaharanya yang bisa membantu KADES dlm mengelola,membuat laporan SPJ,RPJM_Des maupun AD/RT.Krn sejak tahun 2013 kami sudah menangani ADD melalui pemda karimun.RPJM_Des disusun atas rapat bersama masyarakat desa bukan teman2 PMPN yg membuatnya,untuk pembangunan di desa pemdes yg mengajukan ke PNPM melalui MAD dan itu harus melalui sistem perengkingan.Apa bila pemerinth pusat melakukan perekrutan pendamping,ini akan tidak efektif dan efisien di sbb kan makan waktu lama untk seleksi dan pelatihan bg pendamping terpilih dan yg utama akan banyak memakan anggaran baik untk tes seleksi,diklat pendamping dan apa lg honor yg katanya sampai 4 jt,8jt smpai belasan yg tiap bulannya harus dikeluarkan.Jadi saya berharap kebijakn pemerinth pusat,agar kami para Bendahara desa yg ada ini di gunakn sbg pendamping desa ataupun di kabupaten.Namun ini perlu ada DIKLAT Khusus untuk mendalami ilmu pengelolaan ADD yg baru.Dan diharapkn SK pengangkatan sbg Bendahara skaligus Pendamping yg tugasnya membantu KADES sebisa mungkin di tandatangani Bupati/Sekda sbb apa bila SK bendara dikeluarkan Kades saya takut para Kades sesukanya dlm menggunakan dana ADD ini karena apa bila bendahara tdk mau mengeluarkan dana tsb,para Kades sesukanya mengganti bendahara/pendamping sbb tdk mau mengikuti kemauan Kades.Namun untuk mengatsi hal tsb,diharapkan pemerinth kabupaten,provinsi dan pusat setiap bulannya melakukan pengawasn dan monitoring ke desa2 agar tdk ada penyimpangan trhadap penggunaan dana tsb.Dan ada sanksi tegas untk setiap desa yg menyalah gunakan dana tersebut yg tdk sesuai dgn RAB saat pengajuan pencairan dana.Semoga ini menjadi pertimbangan dan perhatiaanya dari pemerinth pusat.Trimakasih

    • Bendara itu ada tgs pokoknya yg telah di tentukn yakni memegang dan menyaluarkan uang atau pembantu kades utk mengambl dan menyimpan di lembg keuangan sedangkan pendamping desa tugas adlh mendampingi kades serta pemerintah desa utk membuat laporan keuangan srt menfalitasi apa sj yg prl di bangun sesuai usulan msyrkt.

  163. kog belum ada info yang resmi ya kapan dan bagaimana tata cara mendaftarnya

  164. Kalau ada info tlong kasi tau ke emal sayaa..

  165. cara mendaftarnya gimana ya pak, untuk mendaftar ke pendamping desanya.

  166. assalamualaikum,wr.wb
    sekarang kan sudah tanggal 2 april,,, padahal dana cair katanya bulan april. terus untuk perekrutan sendiri akan dilaksanakan kapan pak? wassalamualaikum,wr.wb

  167. kalau ada info bisa kirim lewat email saya /hub 085328302686. terima kasih

  168. Jika temen2 ada yg punya info terkait dg pendaftaran pendamping desa mohon infonya. 082333581113

  169. mohon informasi kapan penerimaan pendamping desa….. trims
    semoga sukses selalu..

  170. program yg sangat di nanti2, (pedamping desa), untk para calonnya apakah sudah benar2 terseleksi dengan seksama, dan tidak menyalahi persyaratan2 yg ada, mengingat program PNPM di desa kami,tidak profesional dan tdk sehat lg kinerja kerjanya, dan sudah menjadi struktur dan rantai program kerja, apa yg akan di canankan oleh aparat desa, terbukti kalau tdk ada rolling untk keanggotanya. itu2 saja.

  171. kayanya pendftran pendamping desa ga transparan..buktinya situs alamatnya ga dipubikasikan untuk umum…gimana nih pak mentri?

  172. Mohon infox ya kapan recruitment pendamping desa dibuka, di instansi mana daftarnya dan apa persyaratannya. Makasih sebelumnya.

  173. Asss….
    Kapan ya dibuka?????????
    Udah lama ngangur nie!

  174. Assalamu Alaikum Wb.
    Mohon infonya untuk perekrutan tenaga pendampingan daerah Sul-Sel Kab.Pinrang, terimakasih sebelumnya

  175. Assalamualaikum wr.wb

    Saya ingin sekali bergabung di pendamping desa dan kapan itu berlangsung di adakan.
    Saya berharap di kasih kepastianya
    Terimakasih

    Wasalamulaikum wr.wb

  176. Mohon infokan ke email saya kalau ada informasi tentang perekrutan Tenaga Pendamping Desa untuk mengelola dana aspirasi, dan mohon penjelasan tentang cara daftar online dan alamat yang dituju untuk pemberkasan, dan mohon penjelasan kapan di buka perekrutan di wilayah aceh, terima kasih

  177. Mohon informasinya dan ketransfaransiannya dalam rekrutment pendamping desa, saya berijazah S1
    Jika ada info tolong disampaikan ke 081376180322, sebab saya juga warga indonesia, yg sangat membutuhkan keadilan, karna asal saya melamar pekerjaan selalu mengutamakan orang dalam, kapan majunya kami ni para2 rakyat biasa yang tak punya orang dalam,, #salam dari rakyat kecil,

  178. Saya sangat membutuhkan sekali pekerjaan saya sudah pernah mendampingi desa dalam program PDPT (pengembangan Desa Pesisir Tangguh) yang di gawangi oleh Kementrian Kelautan Dan perikanan 081376180322
    #mohon dengan sangat harap infonya

  179. kapan mulai dibuka pendaftaran pendamping dana desa tahun 2015 pak menteri ? tolong transparan.

  180. mantan FK dan FT PNPM MPd banyak yg tiba tiba menjadi orang kaya.. punya ini itu… makanya banyak yg tidak rela program di hapuskan… udh enak punya lahan duit. walau tidak semua fasilitator yg curang, banyak juga yg bersih…. kedepan program yg baru ini di harapkan benar diawasi, agar sistim bagi2 keuntungan bisa di hindari… SALAM KOMPAK!!!

    • Komentar inilah yg mmbunuh karakter fasilitator profesional yg bersih’ terkecuali bila emang di tujukan terhadap fas.tertentu yg tdk bekerja dgn hati. Salam kompak

  181. Assalam… mohon informasi soal pendaftaran untuk menjadi pendamping desa. Thanks..

  182. Assalam… Mohon informasi pendaftaran pendamping desa. Thanks.

  183. Assalamu alaikum…saya an’am dari Kabupaten Konawe selatan Provinsi Sulawesi Tenggara, mohon informasinya pak tentang perekrutan tenaga fasilitator desa dan persyaratannya apa saja, dan sekedar info saya sudah punya pengalaman memfasilitasi/fasilitator Kecamatan dengan pendampingan di 4 desa tentang pemberdayaan masyarakat pengelolaan Dana APB-desa, peningkatan pemberdayaan RPJM-desa, RKP-Desa dan Perdes RPJM, APBD-desa secara partisipatif yang bekerja sama dengan pihak ACCESS-australia di Kabupaten Buton Utara-Sulawesi Tenggara,
    kalau informasinya sudh jelas tolong kirim melalui Email saya ya..pak…
    Demikian atas kerjasamanya saya ucapkan terima kasih
    Wassalam

  184. Kapan perekrutann pendamping desa nie dibukaa. mohon infonya. trim’s

  185. Udahlah jangan lagi bicarakan korupsi, yang penting kita jangan berbuat. Belum tau yang menunjuk itu lebih baik dari yang ditunjuk….tul..kan….??? Sekarang yang penting…kapan, dimana dan apa syarat penerimaannya…..

  186. kalau menurut saya,yang paling bagus jenis kegiatannya adalah di PNPM perkotaan,anggarannya sudah lansung dari permintaan masyarakat paling bawah,sedangkan kalau PNPM pedesaan kegiatannya selalu yang memproritaskan orang2 yang punya otot besar karna penentuan kegiatannya dirumuskan di kecamatan,walau ada sebagian kecil aja yang di ambil dari tingkat RT/Desa,karna apa? kalau proyek bersekala kecil orang2 yang berotot/leher besar itu sedikit menerima insentif,sedagkan kalau di PNPM perkotaan,walaupun proyeknya kecil tapi penerima manpaatnya banyak orang2 miskin tetap itu menjadi prioritas kegiatannya.

  187. Bapak Menteri Yth.
    Saya seorang mantan pelaku program pemberdayaan sebagai FM Bidang Teknik pada Program Pembangunan Infrastruktur Perdesaan (PPIP) sejak tahun 2012 hingga 2014, di Kabupaten Sikka Provinsi NTT. Hingga saat ini kami terus bekerja mendampingi desa-desa sesuai SK penetapan desa penerima prog. PPIP tahun 2014 oleh Kementerian PU, dan sejak terhitung 01 Januari 2015 hingga kini kami sudah tidak diberi upah/gaji (telah habis masa kontrak kerja) namun karena tanggung jawab moril terhadap keberlanjutan pemberdayaan di daerah, kami tetap menjalani dengan penuh semangat dan rasa tanggung jawab. PPIP juga masih berada dibawah satu payung besarnya PNPM.
    Ketika membaca posting tentang informasi Fasilitator Desa tahun 2015 dan mendapat beberapa informasi dari kawan-kawan mantan Fasilitator PNPM-MP bahwa hanya nanti diakomodir atau direkrut kembali untuk menjadi peserta FD, muncul banyak tanya dibenak kami.
    Bukankah PPIP juga merupakan embrio awal terbentuknya PNPM, maka kami berharap kiranya kami para mantan FM dari PPIP ini juga dapat dilibatkan dalam perekrutan Fasilitator Desa ini. Pada Program PIP dibawah naungan Bidang Cipta Karya – PU / TAMBEN, untuk 1 kecamatan terdapat minimal 3 desa dampingan yg difasilitasi oleh 2 orang FM (1 FM bid. teknik & 1 FM bid. pemberdayaan).
    Oleh sebab itu mohon informasi perekrutan FD ini, bagi kami para mantan FM – PPIP juga dapat dipertimbangkan, karena untuk 37,000 desa tentunya tidak sepenuhnya terakomodir oleh jumlah kawan-kawan dari PNPM-MP.
    Terima kasih atas pertimbangannya dan mohon maaf bila ada salah kata dalam tulisan saya.
    Kiranya Kasih Karunia Tuhan selalu menyertai kita.

  188. Mohon informasinya kawan,,,aq gk mau ketinggalan,,

  189. paling itu2 aj biasanya klw anggota pendamping desa ga jauh dari saudara dari pejabat setempat… sudah bnyk yg pada tanya kapan dibuka tapi blm muncul jg…. cape deh

    • mungkin akhir bulan 4 koordinsi ke desa masing2

  190. segala sesuatu program yang mengarah kearah kebaikan harus kita dukung sebagai kewajiban kita sebagai warga negara,good governance( akuntabel,transparan,partisipasi) adalah harga mutlak, sekrg perluh kita sadarkan bahwa pemerintah adalah pelayan publik bkn yg dilayani publik.reiventing goverment prlu dipahami oleh para wakil kita di pemerintahan sana, program yg dlu yg baik harus dilanjutkan,yang tidak terealisasi dan terimplementasi dengan baik harus kita evaluasi.banyak stacholder yang berkompeten di desa kita, mudah mudaha dengan adanya program ini dapat membantuk pembangunan wilayah dan desa demi terwujudnya masyarakat adil dan makmur dan mandiri. amin

    • pak mentri pnpm angaranya kan banyak,kalo ditepatku sistim pengerjaanya ko masih sewadaya,apakah itu betul,mungkin alangkah baiknya untuk tenaga mukin kan ada angaranya,jadi ngga ada kejemburuan masyarakat,maff pak,terus terang saja kalo di desa saya kalo ada pnpm selalu masyarakat ikut diterjunkan dan bukan hanya itu untuk sewadaya matrial juga dibebankan masyarakat, tolong penjelasannya, makasih.

  191. mohon maaf kepada nana , saya bukan orang PNPM, tapi tau program PNPM. Intinya anda ngomong ngawur dan ga tau sama sekali tentang PNPM.

  192. Kapan Dimulai Perekrutan Tenaga Pendamping ,mohon konfirx//???

  193. Jika pengen tahu dana yang hilang dalam pnpm tuh adalah di simpan pinjam……gak tahu nasabahya gak mau melunasi atau uangnya hilang………yang saya dengar dari penegak hukum seperti itu…….makanya perlu ditinjau ulang eks pnpm…….apakah layak atau tidak

  194. Ijin berbagi info kawan, jika ada kawan yang membutuhkan pelatihan untuk pengembangan / peningkatan kualitas SDM bagi relawan, desa binaan, bisa mencari informasinya di sini http://www.1stoutbound.com salam hormat

  195. Apapun nma y siapapun orang y saya mah menyimpan harapn smoga desa kami lbih baik amin…

  196. mohon info tentang pendamping desa, kapan d buka.Terima kasih

  197. Kapan mulai perekrutan pendamping desa untuk wilayah sulawesi tenggara?hap infox pak??

    • tunggu juknisnya dulu kawan

  198. Pak Mentri Desa Kalo mau merekrut pendamping seharusnya Juknisnya udah duluan supaya msy bisa membaca apa layak atau tidak. masalahnya jangan sampe pendamping yang direkrut itu kerja secara swadaya atau non honor.

  199. Kapan pendadtaran pendamping desa di sul-sel…????

  200. PNPM memang tidak korupsi secara kacamata hukum. akan tetapi selalu ada pembengkakan anggaran, nah itulah kesempatan yang ada. misal bangun sumur yang sebenarnya menelan biaya 2 jutaan, akan tetapi di bengkakan menjadi 4 juta, lebihnya di bagi-bagi bersama. itu PNPM disini, gak tau kalao disana. :-)

  201. Assalamu’alaikum Wr. Wb.

    1. Mohon informasinya kapan perekrutan tenaga pendamping Desa dimulai?
    2. Instansi mana yang melakukan perekrutan?
    3. Syarat2 sebagai tenaga pendamping?

    Terima Kasih Banyak

  202. Assalamualikum, kapan pendaftar nya?

  203. Tolong infonya ya pak tq sebelumnya

  204. Maaf pak mentri,sekarang udah masuk pertengahan bulan APRIL 2015,Kapan Dana ADD MAU DICAIRKAN???Kasihanilh kami para STAF DESA sudah 4 bln tidak bergaji,apa lagi kami yg sudah bekeluarga harus membiayai kluarga,mau makan apa kluarga kami???
    Dan tolong perjelaskn kembali jadwal dan tempat untuk mengirim lamaran calon Pendamping ADD tingkat provinsi,kabupaten,kecamatan maupun desa,kemana dan dimana?
    Karena saya baca di internet ada sebagian daerah sudah membuka lowongan pendamping ADD.Dan kemarin dari kementrian mengatakn akan merekrut secara ONLINE,dan di internet ada juga katanya melalui pemerinth provinsi??Sebenarnya yang mana satu yang benar2 info akurat mengenai jadwal dan tempat untuk lamaran calon pendamping ADD???????Sampai sekarang tidak ada info yg jelas dan pasti dari kementrian mangenai lowongan ini.Kami takut akan ada istilah titipan dari dalam untk perekrutan calon pendampin.

  205. kapan dibuka pendaftarannya

    http://www.panduaji.com

  206. Ass
    mohon bapak di informasikan kan kapan dibuka pendaftaran tenaga pendamping desa dan kecamatan di buka.saya dari kabupaten pesisir barat .mohon info nya ke 082372025328 .terimakasih

  207. Assalamualaikum,,,,
    Bagaimana cara mendaftarnya?
    Kapan akan dibuka pendaftaran?

  208. bagi anda yg punya persepsi bahwa di program PNPM itu banyak terjadi praktek korupsi, kayaknya anda perlu mengkaji ulang hal tersebut. Saya sudah 6 tahun sebagai pelaku PNPM d tingkat desa dan saya sangat pahami dan sadari bahwa tahapan pelaksanaan kegiatan tersebut tdk memberikan ruang sedikit pun untuk melakukan praktek korupsi.

  209. perutran yg direncnkan pemertah pusat lg in sdh tdk trasparan yg ada di daerah,, contoh dikabpten muna sdh tdk trnsparan yg byk masuk adalah orng2 PNPM yg lbh anehnya lg merka cmn bermdlkan ijsa SMA aja yg mdh dibodohi.

  210. Ass.sy gk akan bhs korupsi karana itu otoritas KPK.sy cuma mau bertanya Sistem perekrutan pendamping pengawasan Desa itu seperti apa .dah ke mana kita mendaftarnya.apakah intansi kec.kab atau ke provinsi.mhn Pencerahanya Trima kasih.Salam dari warga desa labanjaya kec banjarsari kab lebak.oy satu lagi persyaratanya SMA atau S1

    • ya jelas S1 karna itukan buat APBDes dan RPJMdes,SMA mna ngerti perangkat desa itukan rata2 SMA, ni jatahnya kerja buat S1, infonya kan nanti dari pusat,sabar aja mas

  211. mohon informasinya pak, kapan, tgl berapa dan bulan brapa pendaftaran pendamping desa dan kecamatan itu pak.. krn kami sering ketinggalan informasi, kami dari kab. nias selatan.
    sangat diharapkan informasi dari bapak. trimakasih sebelumnya.

    • masih blum ada informasinya dan situsnya masih blum ada, sepertinya untuk tingkat kabupaten perekrytannya masih blum karen yang lagi direkrut di tingkat provinsi, kt sbarjy, aku juga dari nias selatan. tanks…………….

  212. tlng di infokan kapan perekrutan pendanping desa untuk Nusa tenggara Timur

  213. Tolonh infonya, kapan perekrutan pendamping desa di sulsel pak dan apa petsyaratannya.trims sebelumnya.085242259296

  214. asalammua’alaikum…
    mohon maaf sebelum dan sesudahnya,,,,
    mohon informasi nya dari bapak/ibu mengenai info pendaftaran pendamping desa, serta apa saja syarat” yang harus dilampirkan. terimakasih, wasalam mua’alaikum..
    wongkito723@yahoo.com

  215. Pak Menteri bilang : Dana Desa cair bulan April
    Pak JK jg menyatakan demikian, paling lama bulan April Dana Desa harus dicairkan..
    Tapi ini mau penghujung April, perekrutan pendamping desa pun belum dipublikasikan ttg cara penerimaan dan kapan di buka..
    Apakah ini pembohongan publik ???
    Mari menunggu dan menunggu…

  216. Harus berani Katakan ” NO ” untuk titipan dari siapapun … LULUSKAN mereka yg memang punya kemampuan dalam TES …

    • lho titipan bila kompeten gak papa tho mas,daripada anak baru tapi semaunya g tau aturan

  217. Ass. Pak mohon kejelasan kapan perecrutannya dimulai, dan apa alamat WEB. resminya….?????
    Mohon informasinya……!?

  218. kalau di kecamatan waru kapan ya? kemana n syaratnya? mksh

  219. assl.kami yang berada dikalimantan untuk pendaptaran desa didaerah pedalam kaya apa ya???? soal untuk setara sarjan S1 itu sulit untuk dicari didesa-desa pedalam rata-rata sekolah hanya lulusan SMA apakh ada solusi nya supaya bisa desa setempat didamping aparat desa

  220. Sy sngt setuju dgn Fausen’ titipan dlm pd saat proses sleksi scara konprensif harus berani mngatatakan tdk’ krn yg bersngkutn yg di titipkan past merasa tdk bisa melakukan apa2 sama sekali atw tdk berpengalaman’ harus mesti malu dgn yg lain yg sd menyiapkan skillx untuk bersaing secara sehat tanpa melalui titipan’ org titipan kyk gitu yg nnt bwt ancur aturan uu desa. Mari kita tunggu proses waktu pendaftarnx.

  221. bagaimana sistem dan cara perekrutan untuk tenaga pendamping Desa, apakah melewati jalur otonomi daerah yang menentukan, apa saja persyaratanya? sangat amat baik kabar berita erekrutan ini.

  222. Sistemx satker pusat mnntukan kuota brdsrkn anggaran ‘provinsi mnntukan kuota berdasarkn kebututan daerah’ kriteria lulusan D 3 pengalaman di bid pembrdyaan min 5 thn’ S1 min 3 thn mnguasai komptr min WS word, EXcell’ ‘ thpn seleksi ‘ admistrasi’ Focus group discusion(FGD), wawancara’ serta ketrmpilan seblm keloksi tugas”apabila dixtakn lulus pd saat pelatihan. Okm

  223. saya herman hp:0877 6309 2677 saya bersiap dan bersedia ditempatkan diwilayah/daerah manapun demi pengabdian pada bangsa indonesia antar sesama?

  224. No hp saya 0877 6309 2677 siap di tempatkan di daerah indonesia manapun.alamay saya. Kerajak. Kel: Sasake. kec:Praya Tengah.Kab: Lombok Tengah. Nusa Tenggara Barat. No.Nik KTP: 5202 1031 1288 0067

  225. Assalam. Bagaimana Dengan Kami yang Lulusan SMA Sementara Kuliah Tehnik Sipil , udah Pngalaman 6 Tahun DiProyek Pemerintah, Swasta Dan BUMN, Punya Skill, Punya Sertifikat Dari LPJK Kompetensi Kerja? Mohon Pa’ menteri Kami juga Di Pertimbangkan, Kami Tidak Bertitel Tapi Siapdan Siap Pa’ menteri. Salam !

  226. Ass..saya berasal dari desa terpencir Aceh.saya cuma numpang cari lowongan untuk menjadi salasatu pendanping Desa dlm program PNPM ini siapa pun sdr/sdr yg tau ada lowongan mohon hubungi saya 082166731312 kebetulan saya juga memiliki ijazah S1 terimakasih

  227. kapan rekrutmen pendamping gampong tersebut

  228. saya sangat setuju dengan prongram ini, untuk berjaga-jaga agar nantinya tidak banyak pak kheuchik yg masuk penjara gara-gara salah penggunaan anggaran gampong…. cuman di daerah yg telah ada pendamping pembanggunan gampong, saya pikir lebih efesien jika tidak dilakukan perekrutan lagi.. mamfaatkan yang telah ada… untuk menghemat anggaran…. juga rakyat yg merasakannya

  229. Tolong donk Infonya yang jelas kapan prekrutannya…n Klu bisa Jangan Orang PNPM aja yng direkrut…..PNPM sih Bagus tapi ditempat saya saja Tidak Merata pembangunannya toh…semua bermain…baik orang PNPMnya maupun Konsultan Proyeknya…jadi sarat dengan Korupsi n Nepotisme,,,n kwalitas Pembangunan disana sini sama aja kualitasnya tidak ada yang bagus semua pada bermain….Tdak Di Pembangunan Jalan (kampung saya tu jalannya tidak dibangun2 (tdk diaspal2), Lenningan paret, Pemasangan Kamar mandi umum dsb..kualitas bangunannya minim..jd tolong donk diperhatikan lagi untuk tetap menggunakan orang2 PNPM

    • YA pnpm KAN LBH PENGALAMAN ,KNP ANDA SEWOT, KEKURANGANNYA BARU DISERAHKAN KE SARJANA2 yang dibutuhkan ,ni bentar lagi kok tenang aja,itupun bila anda sabar

  230. Betul betul betul

  231. Menteri Marwan, buktikan segera omongan ente, kapan mo ada perekrutan, umumkan secara terbuka,,,, dah banyak nih yang tanya….

    • ya sabar ,semua pake proses dan selesi mas,gak asal2an kayak PKH aja yang ngidi kader2 PKS

  232. mf sebelumnya,yang muda bisa gk ikut dlam konsultan desa? soalnya yang tua itu fokusnya bukan lagi pelayanan,tp untuk cari untung,kebetulan saya butuh lowongan kerja,saya juga punya ijazah S1 nih,ne no aq 081262395005 tolong infornasinya yah bapak ibu yang ada kementerian desa tertinggal..,thanks.

  233. Tlg info pendaftaran sudah dimulai

  234. apa sudah mulai pendaftar pendamping?
    ,

  235. Maaf admin… saya lulusan SMK, sy minat ikut berpartiipasi untuk kemajuan desa saya khususnya. karena desa saya cenderung pembangunan mengalami keterlambatan,sehingga sering banjir dan jalanan banyak rusak sebaga warga asli saya sangat senang adanya program PNPM ini. tpi karena latar belakang pendidikan lulusan saya menjadi pendamping… saya tidak masuk dalam kreteria. sekarang saya bekerja di Konsulatan selama sudah 8 tahun apakah saya sia-sia jika ikut mendaftar…. mohon pencerahan. karena moyoritas di desa saya hanya segelintir yang punya lulusan S1. sebagai putra daerah saya tidak bisa ikut serta… trimakasih

  236. puntennnnnnnnnnnnnnnnn, terkait program ini
    kira – kira lowongannya masih berlaku gakkk

  237. kami minta tolong bapak presiden RI agar menindak lanjuti dana yang di bagikan ke Desa,sedangkan yang sudah mendaftarkan untuk bekerja dalam mengawasi dana itu,mereka menyuap anggota dewan yang membawa berkas setiap pelamar.

  238. kepada teman-teman sebangsa dan setana air,,,,, mohon infonya kalau suda terbuka pendaftarannya……………..

  239. info pendaftaran pendamping desa tahun 2015

  240. Janda / Perawan sprtnya tak ad obhnx
    PNPM / UMUM(S1)
    sma2 mau di jdikn pndmping hidup/desa

    tak usah diributkan lg ke 2 nya sama2 punya keuntngan orang dr PNPM kita pakai sbgai penye imbng karna pengalamannya tapi harus legowolh yg taat aturan harus S1 bgtu jg sbaliknya. Kita lari dr topik td sya sarankan agar slruh kades besrta perangktnya & pendmpingnya harus jeli dan di beri pemahaman sbgaimana mestinya tdk menyalahi aturan yg menimbulkan tindak pidana (korupsi) yg mnmbh daftar tamu rumah tak berdapur, karna anggarn ini bknlah sdikit bkn sprti ADD dari APBD yg belasan juta. BPK Juga harus menjlnkn TUPOKSINYA agar uang ngara ini tidk sia2 perntknnya.

    Untuk prekrutannya saya jg agak heran apa kendalanya cuma yg ingin saya sampaikan pak menteri terkait harus tegas dan bijak dlm hal ini janganlah buat anak bangsa ini jd bingung & brasumsi macam2.
    Selamat beraktifitas buan kita semua
    Sekian & trimakasih

  241. Mohon info nya apakah pendaftaran sdh dibuka & ditujukan kemana untuk Provinsi Lampung, kab Tanggamus. Trims

  242. kasih tahu cara penfatran tim audit atau pendaping Desa ….saya beminat untuk menftar ..

    • Dengan adanya dana alokasi desa, pemerinta suda pantas merekrut pendamping desa dan pendamping lokal untuk mamantau, dan sekaligus mengawasi penggunaan dana tersebut

  243. kita ksih kabr aja ini no ku 087772265664

  244. tolong kasih kabar kalo ada info perekrutan pendamping desa ke 081214215635 terimakasih…

  245. pejabatnya pada tidur kaliya…… gk ad balasan… katanya mengapdi…

  246. banyak pertanyaan mengenai kapan rekruitment yg tdk d jwb…
    jd, apa maksud pemberitahuan penerimaan pendamping desa, jika bila di tanya malah gx di jwb ????
    apa maksud pemberitahuan itu, apa cuma modus saja…?

  247. Mohon informasi pendaftaran ni nomor 081242006770

  248. aslkm bapak kementrian yang terhormat…!!
    nanti y setiap perekrutan saya mohon yang transparansi agar para sarjana da sarjanawati bisa bisa ikut terlibat dalam pemakmuran desa….wsslm

  249. Tolong info rekrutmen pendampingdesaYaa!trim’s

  250. Aneh, penerimaan pendamping desa belum dibuka juga padahal katanya april mulai dibuka, skrg sdh juni belum ada juga. saya lihat di situsnya kemendesa koq belum ada juga pengumumannya, kapan dibukanya ya?

  251. kapan perekrutan pendamping desa? belum muncul dalam situs

  252. Pendamping Desa Fiktif atau Untuk Kalangan Sendiri?
    Sampai sekarang kok belum ada Pengumuman Rekrutmennya!!

  253. Rekrutmen kayaknya direkomendasikan dari desa masing2 dan tidak di buka secara umum seperti cpns

  254. kpn rekrtmen pendamping desa,kok blum ada kbr..

  255. Assalamualaikum wr.wb Pak mentri yth, saya sangat setuju untuk membuat tim pendamping untuk pengelola keuangan desa tsb. Asalkan diprioritaskan pendamping tsb dari desa itu sendiri memperdayakan para sarjana penggangguran di desa setempat, pengalaman bebrapa tahun yang sudah2 kepala desa kewalahan banyak interfensi, dri berbagai pihak, baik bitokrasi, DPRD, wartawan, lsm kesemua itu tidak terlepas dari mintak bagi persennya. Alhamdulillah saya bersama pemerintahan desa siap mempertahankan, kalau tidak pendamping dari desa setempat saya kira bisa terjadi karena kekuatan kades tidak ada yang bisa menolongnya.

  256. saya sangat setuju dengan bung novem tapi tenaga pendamping desa tidak selamannya harus ambil dari desa yang bersangkutan untuk menjaga hal – hal yang tidak diinginkan Seperti korupsi dan lain sebagainya. jadi usul saya tenaga pendamping desa diambil dari desa lain/ diluar desa tersebut.

  257. mohon pentunjuk pak, sampai kapan batas pendaftran untuk pendamping desa ini………tks

  258. syalom…..
    Mksih Pak Marwan atas infonya, tapi kalau bisa tenaga pendamping harus di rekrut dari desa itu sendiri, karena pengalaman dana Mandiri Agur Merah di desa saya tenaga pendamping dari luar desa, jadi proses pengelolaan dana tidak maksimal.
    Kira-kira kapan mulai buka pendaftaran ya….?

  259. sebaiknya perekrutan pendamping desa dilakukan dalam lebih dari satu tahap, mengingat informasi dalam waktu seminggu akan sulit diakses oleh masyarakt di pedesaan sendiri, situasi desa di seluruh indonesia berbeda-beda. karena peluang ini juga harus mempertimbangkan keterlibatan masyarakat yang berdomisili di desa. apalagi ketika pendaftaran melalui online. semoga dilakukan perekrutan lebih dari satu tahap dengan melibatkan pemdes untuk menginformasikan ke warganya ttg info rekrut. semoga kita lebih baik

  260. Pnpm lebih cepat bermanfaat bagi masyarakat pedalaman dibandingkan dengan pembangunan dari pemerintah…… Pnpm yg bermanfaat ya,,,,,, bagi masyarakat desa.. Teruskan

  261. Mohon pencerahan.Sy Bekerja sbg pendamping Desa program daerah slm 4 tahun berjalan. byk dr teman sy yg ad d kecamatan lain mengikuti calon pendamping desa yg d adakan PUSAT tsebut…yg sy tanyakan…apakah bisa? dan ad yg memberi tahu sy, bahwa nama-nama pendamping desa yg masih bekerja itu sdh terdaftar nama ny d Pusat…ap benar?
    mohon pencerahan bagi yg tahu…terimakasih

  262. Mohon pencerahan.Sy Bekerja sbg pendamping Desa program daerah slm 4 tahun berjalan. byk dr teman sy yg ad d kecamatan lain mengikuti calon pendamping desa yg diadakan oleh PUSAT …yg sy tanyakan…apakah bisa? dan ad yg memberi tahu sy, bahwa nama-nama pendamping desa yg masih bekerja itu sdh terdaftar nama ny d Pusat…ap benar?
    mohon pencerahan bagi yg tahu…terimakasih

  263. MAAF KOK DI PROPINSI JAWA TIMUR KUSUSNYA KABUPATEN BANYUWANGI KUSUSNYA DI DESA PURWOASRI, BELUM ADA LING UTK PENDAFTARAN PENDAMPING DESA YA, PADAHAL SAYA LIHAT DI WEB PROP LAMPUNG SUDAH ADA SECARA ONLINE ATAUPUN MANUAL. TOLONG INFOR MASINYA HP. 082335342769

  264. saya sangat setuju d adakan pembantu desa di karnakan demi kemajuan bersama membangundan mengembangkan masarakat sejahtera.

  265. dlm permendes no 3 butuh pendamping profesional bukan pendamping PNPM,perlu di ingat regulasi skrng kemandirian desa, desa sebagai subyek pembngunan bukan sebagai obyek pembangunan maka tenaga pnpm jgn hanya tau RPJMDes terdahulu yg 5 thn tp bidang skrg sudah 6 thn dgn bidang yg sdh berbda,RKPDes dan perdes tpi hrs tau jg RAPBDes,RAB, BUMDES, pengorganisasian dll .

  266. saya sudah daftar online,,,sudah kirim berkas,,belum ada panggilan,,,hehehehehehe,,,

  267. Slmt mlm. berapa jmh cpns pendamping dana desa yang lolos seleksi?

  268. slmt mlm salom, berapa cpns pendamping dana desa yang lolos seleksi?

  269. disini saya cm minta konfirmasi bagi panitia penyelenggara rekrutmen pendamping desa 2015. saya sudah mengirim lamaran sesuai jadwal yang ditentukan tetapi sampai sekarang tidak ada kabar sama sekali, kalau memang sudah diadakan seleksi mohon dipaparkan siapa saja yang lolos, biar kami tidak menunggu sesuatu yang tidak jelas kayak gini, saya sudah kirim pesan lewat facebook bapedda tp gak ada tanggapan, mohon panitia lebih sigap dan tegas serta jelas tentang tanggung jawab dan tugasnya. terima kasih

  270. kapan pengumuman hasil seleksi calon pendamping desa diumumkan

  271. Gak usah di tunggu.. sing tunggu apane…. nunggu saja, siapa2 yang akan mengisi, pendampingan desa ini…. Percaya ato tidak, kalo proses perekrutan ini gk transparan… cari saja info…

  272. tergantung kepada cara pandangnya.Kalau melihat PNPM Mandiri Perdesaan secara positif, berarti telah sesuai kondisi dilapangan

  273. Kapan pelaksanaan pendamping deda…?mhn infox….

  274. Kpd yth
    BPK MENTERI PDT dan TRANSMIGRASI
    REPUBLIK INDONESIA DI
    JAKARTA

    Assalamualaikum wr wb slm sejahtera dan sehat sehat slalu serta dlm lindungan Allah swt Amiiiinn..
    Bpk menteri kmi mhn untuk segera dilaksanakan pendamping desa….?
    Wassalamuaaikum wrwb

  275. Kpd yth
    BPK MENTERI PDT dan TRANSMIGRASI
    REPUBLIK INDONESIA DI
    JAKARTA

    Assalamualaikum wr wb slm sejahtera dan sehat sehat slalu serta dlm lindungan Allah swt Amiiiinn..
    Bpk menteri kmi mhn untuk segera dilaksanakan pendamping desa….?
    Cp.085230810260
    Wassalamuaaikum wrwb

  276. Di
    KABUPATEN BONDOWOSO
    JAWA TIMUR

    Pendamping Desa yg blm Bpk Menteri.

  277. mungkin di daerah lain PNPM baik tp ada juga yg tidak baik hal ini beralasan karena di daerah saya ada beberapa yg terkena kasus tipikor hinga saat ini, ada banyak laporan keuangan yg fiktif dan itu bisa di buktikan, dan fiktif itu di buat untk nyalon kades dan g jd akhirnya skrg mash di penjara,

    kami berharap ada perbaikan melalui adanya pendampingan desa, kusunya program mentri bpk. marwan jafar
    untuk pendampingan 1 PLD mendampingi 4 di rasa mash belum bs maksimal pasti mash keteteran dalam melakukan kinerja, apa lg yg desanya luas dan jumlah penduduknya padat, sekedar mendukung p.mentri segera merealisasikan 1 desa satu pendamping atau 2 desa 1 pendamping bagi desa yg kecil. supaya terlaksna program pemberdayaan desa.

  278. Lihatlah bagaimana proses rekruitment Pendamping Desa http://www.sindopos.com/2015/12/daftar-nama-tenaga-ahli-pendamping-desa.html

  279. Coba di lihat siapa – siapa saja yang lolos menjadi Pendamping Desa, Tenaga Ahli di Jawa Timur. Apakah mereka kompeten sebagai pendamping atau tidak. Bandingkan dengan PNPM yang memiliki sertifikasi kompetensi
    http://www.sindopos.com/2015/12/pengumuman-hasil-tes-tulis-seleksi_20.html

  280. Terimakasih informasinya min..

    http://www.rumahkaka.com

  281. yth bapak mentri.desa .di internet katanya di buka pendaftaran tenaga pendamping desa di mulai bulan mei.ko saya kirim lamaran online ko ga bisa.bertuliskan eror.dengan tujuan http://pendamping2016.kemendesa.go.id/. mks

  282. kapan pengumuman calon yang lulus dan ikut tes

  283. korupsi itu terjadi akibat keinginan dan kebutuhan yang tidak tercapai maka menjadi dorongan untuk melakukan hal atau mengambil milik orang lain tanpaidi ketahui oleh pemilik sama hal dengan saudara yang katakan PNPM Mandiri pedesan tempat korupsi karena tidak mencapai maksud dan tujuan anda

  284. Assalamu alaikum pak, bsa dikirikan no kontak person pengurus pendamping desa 2016 yang di sultra. trimah kasih sebelunya

  285. mohon maaf kapan lagi pendaftaran pendamping desa..
    tolong infonya

Tulis Komentar

Silahkan isi nama, email serta komentar Anda. Namun demikian Anda tidak perlu khawatir, email Anda tidak akan dipublikasikan. Harap gunakan bahasa atau kata-kata yang santun. Terima kasih atas partisipasi Anda.





© Copyright 2017. Bappeda Provinsi Jawa Timur. Kembali ke atas | Kontak Kami | RSS Feed
Created & Design by IT Support Bappeda Jatim