Minggu, 26 Oktober 2014

Daftar Haji Tahun 2012, Berangkat 2022

ilustrasi:kompas.com

Umat Islam yang mendaftar haji pada tahun 2012, baru bisa berangkat pada tahun 2022 mendatang. Para jamaah di Kota Malang, Jawa Timur, harus menunggu selama 10 tahun baru bisa menunaikan ibadah haji. Maklum, Indonesia adalah negara yang memiliki jamaah haji terbesar di dunia. Jawa Timur adalah yang tertinggi di tingkat nasional.

“Para pendaftar calon jamaah haji yang berasal dari Kota Malang cukup banyak. Animo masyarakat untuk menjalankan ibadah haji beberapa tahun ini cukup besar,” kata Abdul Manan Zakaria, Kepala Kantor Kementerian Agama Pemerintah Kota Malang.

Bagi pendaftar tahun ini, kata Abdul Manan, baru bisa berangkat pada tahun 2022. “Jadi, harus menunggu 10 tahun lagi,” ujarnya.

Dalam satu kali pemberangkatan ke Tanah Suci, jamaah haji untuk Kota Malang, memiliki jatah tiga kloter, dengan masing-masing kloter berisi 450 jamaah. “Tahun ini, kuota yang dipenuhi Kota Malang sebanyak 1.199 jamaah. Karena jatah pemberangkatan haji reguler sebanyak 70 persen dari kuota yang ada. Sedangkan, 30 persennya diisi oleh jamaah haji plus,” katanya.

Abdul Manan menambahkan, Kota Malang termasuk kota kecil dalam pemberangkatan haji sesudah Surabaya, Sidoarjo dan Gresik, karenanya kuotanya sedikit. Adapun lamanya jadwal pemberangkatan, karena kuota di daerahnya banyak. “Kota Malang nomor empat di Jawa Timur, jadi antriannya cukup lama, walau kuotanya sedikit. Karena sudah kebijakan pusat, daerah tak bisa berbuat banyak,” katanya. kompas.com

Tulis Komentar

Silahkan isi nama, email serta komentar Anda. Namun demikian Anda tidak perlu khawatir, email Anda tidak akan dipublikasikan. Harap gunakan bahasa atau kata-kata yang santun. Terima kasih atas partisipasi Anda.





© Copyright 2014. Bappeda Provinsi Jawa Timur. Kembali ke atas | Kontak Kami | RSS Feed
Created & Design by IT Support Bappeda Jatim