Stok Raskin di Bojonegoro Habis

ilustrasi :kompas.com

Badan Urusan Logistik Sub Divisi Regional II Bojonegoro, Jawa Timur, kehabisan stok beras untuk masyarakat miskin (raskin). Akibatnya penyaluran raskin di Bojonegoro untuk jatah November dan Desember 2011 terhambat.

Kepala Seksi Kesejahteraan Sosial Dinas Kesejahteraan Sosial dan Transmigrasi Bojonegoro, Kamari menjelaskan, raskin November belum ada kiriman sama sekali. Seharusnya raskin didistribusikan sejak 1 November.

“Pendistribusian raskin kepada warga penerima di 430 kelurahan dan desa di 27 kecamatan di Bojonegoro digilir hingga hingga 29 November,” tuturnya.

Pada akhir tahun, pendistribusian beras miskin untuk November dan Desember biasanya selalu dirangkap menjadi satu paket. ” Bisa jadi raskin memanfaatkan beras impor, tetapi proses penyaluran raskin tetap berdasarkan Keputusan Gubernur Jawa Timur,” kata Kamari.

Ia menyebutkan, jumlah penerima raskin di Bojonegoro sebanyak 128.981 rumah tangga sasaran penerima manfaat (RTSPM). Setiap RTSPM mendapatkan 15 kg per bulan. Kebutuhan raskin mencapai 1.934.715 kilogram per bulan.

Penerima raskin terbanyak di Kecamatan Sumberrejo 10.465 RTSPM di 26 desa, Kecamatan Ngasem (10.165 RTSPM di 23 desa) , dan Kecamatan Kalitidu (6.047 RTSPM di 24 desa). Sementara penerima raskin paling sedikit di Kecamatan Kedewan sebanyak 844 RTSPM di empat desa.

Pedagang di Pasar Banjarjo, Kecamatan Bojonegoro Kota, menilai naiknya harga beras dipicu belum disalurkannya jatah raskin pada bulan November ini. Salah seorang pedagang, Waris, menyebutkan sepekan terakhir harga berbagai jenis beras naik pada kisaran Rp 300 per kilogram.

Harga satu kilogram beras kualitas standar saat ini Rp 6.200, medium Rp 7.600, dan super Rp 8.300. kompas.com

Tulis Komentar

Silahkan isi nama, email serta komentar Anda. Namun demikian Anda tidak perlu khawatir, email Anda tidak akan dipublikasikan. Harap gunakan bahasa atau kata-kata yang santun. Terima kasih atas partisipasi Anda.





© Copyright 2019. Bappeda Provinsi Jawa Timur. Kembali ke atas | Kontak Kami | RSS Feed
Created & Design by IT Support Bappeda Jatim