Ribuan Petani Tuban Terima Bantuan Puso

ilustrasi

Ribuan petani di Tuban, Jawa Timur yang gagal panen, mulai mendapat bantuan dari pemerintah pusat. Di Tuban 4.406 hektare (ha) lahan pada gagal panen akibat hama, kekeringan, dan bencana alam.

Bantuan dari pemerintah pusat sebesar Rp3,7 juta dalam setiap ha. Petani yang mendapat bantuan antara lain berada di Kecamatan Plumpang, Widang, Soko, Rengel, Parengan, Semanding, Merakurak, Montong, Kenduruan, Jatirogo, Singgahan, Bangilan, Jenu, Bancar, Tambakboyo, dan Tuban kota.

“Ya, tahap pertama sudah cair sebanyak 1.144 ha,” ungkap Kepala Bidang Tanaman Pangan dan Hortikultura Dinas Pertanian Pemkab Tuban, Sudarmudji kepada waartawan.

Menurut dia, total lahan yang engalami gagal panen akibat serangan hama, banjir, dan bencana keringan seluas 4.406 ha. Lahan itu, milik 9.000 petani yang tersebar di 16 kecamatan. Namun, kata dia, pengajuan untuk mendapatkan bantuan kepada pemerintah pusat dilakukan dalam dua tahap.

Pengajuan pertama yang lolos verifikasi sebanyak 1.144 ha yang saat sekarang sudah cair. Sedangkan, pengajuan tahap selanjutnya yang lulus verifikasi sebanyak 3.262 ha.

“Tapi, yang tahap dua ini masih belum bisa dicairkan. Sebab, masih dalam proses di Kementerian Pertanian di Jakarta,” tambahnya. MICOM

Tulis Komentar

Silahkan isi nama, email serta komentar Anda. Namun demikian Anda tidak perlu khawatir, email Anda tidak akan dipublikasikan. Harap gunakan bahasa atau kata-kata yang santun. Terima kasih atas partisipasi Anda.





© Copyright 2024. Bappeda Provinsi Jawa Timur. Kembali ke atas | Kontak Kami | RSS Feed
Created & Design by IoT Division Bappeda Jatim