42 Proyek Industri Rp3,9 T Dikerjakan di Jatim

ilustrasi: kabarbisnis.com

Perkembangan properti untuk sektor industri di Jawa Timur terus berkembang pesat.

BCI Asia Construction Information, Indonesia, mencatat, dalam kuarta kedua (April – June 2011), ada sekitar 42 proyek industrial di Jawa Timur. Proyek-proyek itu tersebar di Surabaya, Mojokerto, Sidoarjo, Pasuruan, Malang, Kediri, Ponorogo, Gresik, dan Tuban. BCI Asia sendiri adalah sebuah lembaga penyedia informasi properti.

Branch Manager BCI Asia Aslakhul Umam mengatakan, BCI Asia mencatat ke-42 proyek Industrial tersebut dikelompokkan pada beberapa tahapan, yaitu tahapan Concept sebanyak satu proyek, design satu proyek, Documentation enam proyek, Tender satu proyek, Pos Tender sembilan proyek. Adapun tahapan Main Construction sebanyak 24 proyek.

“Dari total proyek-proyek tersebut diperkirakan menelan dana sekitar Rp3, 942 triliun,” ujar Aslakhul kepada wartawan di Surabaya.

Dia mengatakan, wilayah yang paling banyak dijadikan tempat penggarapan proyek industrial tersebut biasanya adalah daerah yang pendapatan daerahnya disokong oleh pembangunan industrial. Misalnya Mojokerto dan Tuban.

Mojokerto sangat dominan terhadap industrial projects. Misalnya kini ada proyek pengembangan Tjiwi Kimia Plant yang sedang dikerjakan dengan investasi Rp20 miliar dan pembangunan pabrik bioetanol kongsi antara PTPN X dan Jepang sebesar Rp303 miliar.

Kabupaten Tuban juga menjadi tempat favorit untuk pengembangan proyek industrial. Di sana PT Holcim Indonesia Tbk tengah membangun pabrik semen dengan nilai proyek sekira Rp3 triliun.

Selain itu, sejumlah kota juga bergeliat. Di Malang, misalnya, ada pengembangan Proyek Otsuka dengan investasi Rp24 miliar. Sedangkan di Gresik ada pengembangan Petrokimia Sulphuric Acid Factory dengan investasi kurang lebih sekitar Rp54 miliar yang kini masih tahap post tender. kabarbisnis.com

Komentar Pembaca

  1. kami siap berpartisipasi untuk pelaksanakaan proyek dijawa timur guna mensukseskan program tersebutmaka segala informasi akan kami terima

Tulis Komentar

Silahkan isi nama, email serta komentar Anda. Namun demikian Anda tidak perlu khawatir, email Anda tidak akan dipublikasikan. Harap gunakan bahasa atau kata-kata yang santun. Terima kasih atas partisipasi Anda.





© Copyright 2019. Bappeda Provinsi Jawa Timur. Kembali ke atas | Kontak Kami | RSS Feed
Created & Design by IT Support Bappeda Jatim