Kabupaten Malang Bangun Pabrik Gula Rp 1,5T

ilustrasi: ongjava.com

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Malang, Jawa Timur, membuka peluang dibangunnya pabrik gula baru di Kecamatan Kalipare, sementara itu pabrik gula Kigumas yang ada tetap dibiarkan terbengkalai.

Bupati Malang Rendra Kresna kepada Media Indonesia, Minggu (8/5) mengatakan pembangunan pabrik gula baru ini sudah pasti yakni melalui modal dalam negeri dari PT Rajawali Nusantara Indonesia (RNI). Menurut rencana, lanjut dia, pabrik gula berkapasitas 8 ribu TCD (ton cane day) itu dengan anggaran sekitar Rp1,5 triliun. “Lokasi pembangunan di Kalipare,” tegasnya.

Ia menjelaskan pembangunan itu tidak melibatkan modal dari Pemkab, sebab seluruhnya ditanggung PT RNI. Disinggung kondisi pabrik gula mini Kigumas yang dibangun dengan dana APBD sebesar Rp27 miliar, dan kini kondisinya tidak terutus, ia mengakui sejauh ini Pemkab tidak bisa berbuat banyak.

“Pembangunan Kigumas 100% dari anggaran pemda. Sejauh ini kita tidak bisa berbuat banyak kepada Kigumas karena berbentuk PT. Kalau berbentuk perusahaan daerah, kita bisa support modal,” tegasnya.

Ia menegaskan untuk menghidupkan kembali Kigumas adalah harus ada modal awal.”Yang bisa kita lakukan terhadap Kigumas adalah dikerjasamakan dengan pihak lain,” katanya.

Pabrik gula Kigumas di Desa Pagelaran, Kecamatan Gondanglegi, masih dibiarkan terbengkalai setelah berhenti produksi akibat kesulitan modal.

Pabrik yang memiliki kapasitas produksi 1.500 TCD itu dibangun menggunakan dana APBD Pemkab Malang, dan berhenti produksi setelah dirundung kasus korupsi sejak 2006. MI

3 Komentar Pembaca

  1. Sebenarnya lebih tepat kalau lokasi pabrik di Kepanjen atau sumberpucung, karena merupakan lintas transpotasi tebu dari wilayah malang, blitar kediri tulungagung, sehingga sangat strategis dalam menampung potensi bahan baku dari sentra2 tebu, karena polanya bejana berhubungan, bila dari malang atau kediri muntah pasti mencari pabrik yang agak vacum, katrena petani butuh loading cepat tidak antri berhari-hari

  2. kalau di bangun di kalipare tebu yang di anggarkan di mana tebu yang di buat sasaran seharusnya ambil di jalan pantura yang melintasi beberapa daerah

  3. n yang lebih penting lagi adalah mempersiapkan generasi penerus bangsa yang lebih baik lagi , maturnuwunapapun komentar nya dan siapapun yang berkomentar itu syah 2 aja yang penting sekarang mari kita semua dukung untuk memajukan negara ini dan menjaga martabat bangsa da

Tulis Komentar

Silahkan isi nama, email serta komentar Anda. Namun demikian Anda tidak perlu khawatir, email Anda tidak akan dipublikasikan. Harap gunakan bahasa atau kata-kata yang santun. Terima kasih atas partisipasi Anda.





© Copyright 2017. Bappeda Provinsi Jawa Timur. Kembali ke atas | Kontak Kami | RSS Feed
Created & Design by IT Support Bappeda Jatim