Sebagian Besar Pegawai Puskemas Kepulauan Bolos

ilustrasi: kangean.net

Separuh pegawai puskesmas Pulau Sapeken, Sumenep, Jawa Timur, kedapatan bolos kerja saat Komisi Kesehatan DPRD melakukan kunjungan kerja. “Kami tiba jam 08.00, dari 48 pegawai hanya 16 yang masuk, 32 lainnya membolos,” kata Anggota Komisi Kesehatan, Dulsiam, Kamis (24/3).

Kepala puskesmas Sapeken pun juga tak ada di tempat. Sejumlah pegawai, berada di kota Sumenep sejak sepekan lalu. Menurut Dulsiam, bolos massal ini berdampak pada layanan kesehatan pasien. Apalagi, dia melanjutkan, puskesmas Sapeken merupakan rujukan bagi pulau lainnya. “Tapi kalau kondisinya seperti ini, harus ada evaluasi kinerja pegawai di kepulauan,” dia menuturkan.

Dia menduga seringnya pegawai pemerintah di kepulauan yang bolos karena memang banyak pegawai tak betah berlama-lama di pulau. Umumnya mereka berasal dari kota. Kondisi ini diperparah minimnya sarana transportasi. “Alasannya selalu nunggu jadwal kapal ke pulau, jadi belum kembali,” Dulsiam mengatakan.

Bupati Sumenep KH Busyro Karim membenarkan pegawai di kepulauan asal kota yang bolos mengganggu pelayanan publik. Ke depan, kata dia, rekrutmen pegawai kepulauan akan diutamakan orang asli kepulauan. “Jadi lebih bisa berfokus kerja,” kata dia.

2 Komentar Pembaca

  1. pulau nan indah
    smoga suatu saat qu bisa menapakan kaki qu di pulau sapeken

  2. itu perlu di tausiyahi dari sisi sipiritual dan rasa tanggung jawab atas amanah yg telah dibebankan. tapi permasalahannya, kemungkinan besar pegawai2 itu tidak ada panutan yg harus mereka contoh…

Tulis Komentar

Silahkan isi nama, email serta komentar Anda. Namun demikian Anda tidak perlu khawatir, email Anda tidak akan dipublikasikan. Harap gunakan bahasa atau kata-kata yang santun. Terima kasih atas partisipasi Anda.





© Copyright 2019. Bappeda Provinsi Jawa Timur. Kembali ke atas | Kontak Kami | RSS Feed
Created & Design by IT Support Bappeda Jatim