Proyek Jalan Tol, Lahan Produktif Lenyap

ilustrasi: kompas.com

Jalan tol ruas Surabaya-Mojokerto di Jawa Timur, yang sampai saat ini masih dalam tahap akhir pembangunan telah melenyapkan sedikitnya 315 hektar lahan pertanian produktif.

“Itu baru untuk jalan. Belum nanti kanan-kiri jalan yang sekarang masih berupa sawah akan berubah menjadi real estate,” kata Ketua Umum Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) Prabowo Soebianto, di Surabaya, Minggu (20/2/2011) sore.

Kalau lahan pertanian produktif terus diubah fungsinya, maka jangan salahkan siapa-siapa suatu saat nanti harga pangan makin tak terjangkau masyarakat.

Ia mengemukakan, lahan pertanian produktif di Indonesia terus berkurang rata-rata 100 ribu hektar per tahun.

“Hasil survei Badan Pangan se-dunia menunjukkan, setiap tahun harga pangan mengalami kenaikan sekitar 25 persen. Ini yang seharusnya kita tekan,” katanya usai melantik jajaran DPD HKTI Jatim itu.

Kementerian Pertanian sebelumnya berencana membuka lahan pertanian baru seluas 7,7 juta hektar sebagai upaya menekan laju harga pangan.

“Kami dorong upaya pemerintah itu. Jangan hanya bisa ngomong akan-akan terus,” kata Prabowo, yang juga Ketua Dewan Pembina DPP Partai Gerindra itu.

Terkait kenaikan harga kedelai selama beberapa hari terakhir, menurut Prabowo, karena kesalahan Kementerian Pertanian dalam mengelola lahan pertanian.

“Dulu saat kampanye saya mengusulkan pembukaan lahan baru yang luasnya mencapai enam juta hektar. Tapi sayang, banyak orang yang menertawakan. Sekarang, harga 57 komoditas malah melangit,” kata mantan Cawapres dalam Pemilu Presiden 2009 itu.

Musthofa Kamal Pasa selaku Ketua DPD HKTI Jatim yang baru menyatakan, Jatim merupakan daerah pertanian dan mayoritas penduduknya petani./kompas.com

Tulis Komentar

Silahkan isi nama, email serta komentar Anda. Namun demikian Anda tidak perlu khawatir, email Anda tidak akan dipublikasikan. Harap gunakan bahasa atau kata-kata yang santun. Terima kasih atas partisipasi Anda.





© Copyright 2017. Bappeda Provinsi Jawa Timur. Kembali ke atas | Kontak Kami | RSS Feed
Created & Design by IT Support Bappeda Jatim