Rencana Aksi Tahunan Penanggulangan Kemiskinan Provinsi Jawa Timur Tahun 2023

Rencana Aksi Tahunan (RAT) Penanggulangan Kemiskinan Provinsi Jawa Timur Tahun 2023

Alhamdulillah, ditengah Pandemi COVID 19, kinerja positif ditunjukkan oleh capaian penurunan kemiskinan. Provinsi Jawa Timur berhasil menurunkan angka kemiskinan dari 10,59 persen pada September 2021 menjadi 10,38 persen pada Maret 2022. Pada periode Maret 2021 – September 2021, penurunan angka kemiskinan mencapai 313.130 jiwa. Kemudian, pada periode Maret 2021 – Maret 2022, penurunan angka kemiskinan berhasil mencapai angka 391.400 jiwa.

Kemiskinan di desa berhasil ditekan, begitu juga di perkotaan. Sehingga, disparitas angka kemiskinan wilayah perkotaan dan perdesaan juga semakin turun. Pada Maret 2019 BPS mencatat angkanya masih 7,59 persen kemudian turun pada Maret 2022 menjadi 5,98 persen.

Kinerja positif yang sudah berhasil tercapai diatas jangan sampai membuat kita berpuas diri. Pemerintah Provinsi Jawa Timur masih memiliki tugas berat lainnya yaitu penghapusan kemiskinan ekstrem pada tahun 2024, sebagaimana instruksi Presiden No. 4 tahun 2022 tentang Percepatan Penghapusan Kemiskinan Ekstrem.

Rencana Aksi ini secara garis besar berisi Strategi dan Kebijakan Penanggulangan Kemiskinan Provinsi Jawa Timur pada tahun 2023 termasuk program penanggulangan kemiskinan yang akan dijalankan beserta Perangkat Daerah pemangkunya serta pagu anggaran indikatif. Dengan adanya rencana aksi ini diharapkan target penurunan kemiskinan Jawa Timur 1 digit bisa terwujud dan disparitas kemiskinan antara desa dan kota semakin mengecil.

Kami sampaikan terima kasih setinggi-tingginya atas setiap upaya yang telah dilakukan dalam mendukung terwujudnya kesejahteraan bagi seluruh masyarakat Jawa Timur. Kolaborasi dan Sinergi dengan berbagai stakeholder harus terus dibangun dan dioptimalkan.

Silahkan mengunduh melalui link berikut: Rencana Aksi Tahunan (RAT) Penanggulangan Kemiskinan Provinsi Jawa Timur Tahun 2023

Tulis Komentar

Silahkan isi nama, email serta komentar Anda. Namun demikian Anda tidak perlu khawatir, email Anda tidak akan dipublikasikan. Harap gunakan bahasa atau kata-kata yang santun. Terima kasih atas partisipasi Anda.





© Copyright 2024. Bappeda Provinsi Jawa Timur. Kembali ke atas | Kontak Kami | RSS Feed
Created & Design by IoT Division Bappeda Jatim