Gubernur Usulkan Lending Credit Bidang UMKM ke Presiden

Gubernur Jawa Timur dan delapan gubernur provinsi lain usai menghadap Presiden RI Joko Widodo membahas percepatan ekonomi daerah di Istana Merdeka. foto:istimewa

Gubernur Jawa Timur Dr. H. Soekarwo mengusulkan kepada Presiden Republik Indonesia Joko Widodo agar Bank Pembangunan Daerah (BPD) di daerah mendapatkan specific lending atau grand credit sebesar Rp 1 triliun per provinsi.

Specific lending tersebut diharapkan dapat dioperasikan oleh BPD di masing-masing daerah. Kalau di Jatim misalkan saja Bank Jatim

Menurut Gubernur, pemerintah pusat diharapkan bisa mengucurkan dana melalui APBN sebanyak Rp 1 triliun kepada Bank Pembangunan Daerah (BPD) masing-masing provinsi. Tujuannya agar BPD bisa memberikan lending credit sebanyak 6-7,5 persen setahun kepada masyarakat kecil.

Lebih lanjut dikatakan, pemberian specific lending credit kepada BPD dalam rangka mengkonkritkan permintaan presiden untuk memberikan lending credit di bidang UMKM pada setiap provinsi. Lending kredit untuk usaha produktif seperti UMKM dapat menimbulkan multiplier effect yang besar bagi pembangunan. Hal ini senada dengan instruksi presiden untuk menaikkan lending kredit produktif.

“Meningkatkan kredit untuk usaha produktif merupakan upaya guna meningkatkan pertumbuhan ekonomi. Kredit dari bank yang harus ditingkatkan di bidang usaha produktif, bukan kredit untuk konsumtif,” ujar Gubernur.

Komentar Pembaca

  1. TANPA KREDIT LUNAK SY RASA UMKM AKAN KESULITAN MEMUTAR DANA. TERIMA KASIH PAK GUB, PAK PRES ATAS PERHATIANNYA. SEMOGA KEBIJAKANNYA MEMBAWA MASLAHAH ATAW KEBAIKAN BAGI RAKYAT INDONESIA

Tulis Komentar

Silahkan isi nama, email serta komentar Anda. Namun demikian Anda tidak perlu khawatir, email Anda tidak akan dipublikasikan. Harap gunakan bahasa atau kata-kata yang santun. Terima kasih atas partisipasi Anda.





© Copyright 2664. Bappeda Provinsi Jawa Timur. Kembali ke atas | Kontak Kami | RSS Feed
Created & Design by IoT Division Bappeda Jatim