Triwulan III 2012, Stok BBM di Jatim Over Kuota

ilustrasi

Konsumsi bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi jenis Premium dan Solar, pada Januari-September 2012 di Jawa Timur tercatat sebanyak 4.420.739 kiloliter (KL), atau sekitar 76.5% dari total kuota baru 2012 yang ditetapkan pemerintah melalui Pertamina sebesar 5.776.251 KL.
Humas Pertamina Balinus, Rustam Aji melalui siaran persnya, mengatakan konsumsi selama sembilan bulan ini over sebesar 2.2% dari kuota yang menurut perhitungan seharusnya hanya menghabiskan Premium dan Solar sebanyak 4.324.297KL.

Secara terperinci konsumsi BBM subsidi selama Januari-September 2012 terdiri dari Premium sebanyak 2.892.052 KL dan Solar sebanyak 1.528.687 KL.” Walaupun telah melebihi kuota, Pertamina Pemasaran Region V berkomitmen untuk tetap menyalurkan BBM sesuai kebutuhan masyarakat di Jawa Timur,”terangnya.

Dijelaskan oleh Rustam Aji, masih tingginya konsumsi BBM subsidi hingga Triwulan III ini dikarenakan adanya peningkatan kebutuhan saat liburan sekolah, serta kebutuhan arus mudik-balik saat Hari Raya Idul Fitri lalu.

Di samping itu juga karena kenaikan jumlah kendaraan bermotor yang cukup signifikan di Jawa Timur. “Kebutuhan BBM di Jatim berfluktuasi namun rata-rata sebesar 10.500 KL/hari untuk Premium dan Solar sebanyak 5.500 KL/hari,”terangnya.

Sementara itu, berdasarkan kesepakatan pemerintah dan DPR-RI beberapa waktu lalu untuk menambah kuota nasional sebanyak 4 juta KL, Jawa Timur juga termasuk wilayah yang mendapatkan tambahan.

Tambahan kuota untuk Jawa Timur di sektor retail sebanyak 385.306 KL Premium, dan 171.279 KL Solar. Walaupun sudah mendapatkan tambahan, namun dengan kuota baru tersebut, ternyata masih terjadi kelebihan konsumsi Premium sebesar 2% dan Solar sebesar 3%. seruu.com

Tulis Komentar

Silahkan isi nama, email serta komentar Anda. Namun demikian Anda tidak perlu khawatir, email Anda tidak akan dipublikasikan. Harap gunakan bahasa atau kata-kata yang santun. Terima kasih atas partisipasi Anda.





© Copyright 2024. Bappeda Provinsi Jawa Timur. Kembali ke atas | Kontak Kami | RSS Feed
Created & Design by IoT Division Bappeda Jatim