Rute Berubah, Proyek Tol Aloha-Tanjung Perak Molor

ilustrasi: economy.okezone.com

Proyek pembangunan konstruksi jalan tol ruas Aloha Waru-Tanjung Perak, Surabaya terancam molor. Pasalnya, PT Jasa Marga Tbk (JSMR) masih mengkaji perubahan rute jalan tol tersebut.

Awalnya, proyek ruas tol di kota buaya tersebut bakal dimulai dari Waru (Aloha) -Wonokromo dengan posisi lurus mendaki-Tanjung Perak. Namun rute tersebut mengalami perubahan menjadi Waru (Aloha)-Wonokromo dengan posisi membelok ke kanan hingga Tanjung Perak.

Perubahan rute tersebut terpaksa Jasa Marga tempuh karena proses pembebasan lahan di sekitar Wonokromo masih belum tuntas. Sejatinya di lahan milik PT Kereta Api Indonesia (KAI) tersebut siap pakai. Namun jadi terkendala lantaran sudah berubah menjadi pemukiman liar.

Selain itu, rute ruas tol pertama ternyata tidak masuk dalam Rancangan Tata Ruang Wilayah (RTRW) Kota Surabaya .”Adanya alasan inilah yang membuat kami terpaksa merubah rute,” kata David Wijayatno, Sekretaris Perusahaan PT Jasa Marga, akhir pekan lalu.

Namun David masih belum bisa memastikan berapa nilai investasi serta panjang dari jalan tol dengan rute baru tersebut. “Masih kami kaji,” ungkap dia.

Rencananya, jalan tol tersebut bisa dipakai sebagai akses menuju ke Tanjung Perak serta Suramadu.

Jasa Marga sendiri bakal mengusulkan perubahan rute ini ke Pemerintah Kota Surabaya. Yang pasti apa pun rute yang dipilih dari ruas tol tersebut asalkan menguntungkan, pasti langsung Jasa Marga kerjakan. kabarbisnis.com

Tulis Komentar

Silahkan isi nama, email serta komentar Anda. Namun demikian Anda tidak perlu khawatir, email Anda tidak akan dipublikasikan. Harap gunakan bahasa atau kata-kata yang santun. Terima kasih atas partisipasi Anda.





© Copyright 2024. Bappeda Provinsi Jawa Timur. Kembali ke atas | Kontak Kami | RSS Feed
Created & Design by IoT Division Bappeda Jatim