Mahasiswa Bangkalan Bentuk Taman Baca Desa

ilustrasi: desamerdeka.com

Mahasiswa Universitas Trunojoyo Bangkalan, Madura, Jawa Timur, membentuk taman baca desa untuk meningkatkan wawasan pengetahuan masyarakat.
“Gagasan membentuk taman baca desa muncul saat kami melakukan kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Desa Rek-kerek, Kecamatan Palengaan, Pamekasan,” kata juru bicara mahasiswa Unijo, Moh Ikhsan, Jumat.

Ia mengatakan gagasan tersebut termotivasi oleh kondisi masyarakat setempat yang belum memiliki fasilitas perpustakaan yang memadai.

Ada 12 mahasiswa Unijoyo yang menggelar KKN di Desa Rek-Kerek, Kecamatan Palengaan. Mereka gabungan mahasiswa dari berbagai fakultas berbeda, seperti Fakultas Hukum, Ekonomi, Teknik, Fisip dan Fakultas Pertanian.

“Kami berharap, taman baca desa yang kami bentuk nanti akan menjadi sumber inspirasi bagi peningkatan wawasan dan keilmuan masyarakat,” kata Ikhsan.

Mahasiswa Fakultas Hukum Unijoyo ini lebih lanjut mengemukakan, disamping karena kondisi sosial masyarakat memang membutuhkan, juga keberadaan taman baca bisa menjadi investasi akan terciptanya masyarakat terdidik.

“Paling tidak inilah yang bisa kami lakukan, dari KKN Unijoyo Untuk Masyarakat Rek-kerek,” kata mahasiswi Fakultas Ekonomi, Siti Romlah Khalili.

Desa Rek-kerek merupakan satu dari sembilan desa sasaran kegiatan KKN Unijoyo Bangkalan tahun ini.

Selain membentuk taman baca desa, program lain yang digelar mahasiswa Unijoyo di Desa Rek-kerek tersebut adalah memberikan pelatihan dan kursus berbagai jenis keterampilan.

“Termasuk kursus mengoperasikan komputer, kursus Bahasa Arab dan Bahasa Inggris,” kata Siti Romlah.

Di bidang pertanian, mahasiswa ini juga memberikan penyuluhan dan bimbingan tentang teknik mengolah pupuk non kimia, dengan mendatangkan dosen dari Fakultas Pertanian Unijoyo.

Program KKN Unijoyo Bangkalan di Pamekasan ini selama 26 hari, yakni mulai tanggal 16 Juli.

“Malam ini kegiatan penutupan, sekaligus peresmian taman baca desa yang kami beri nama “Cakrawala Ilmu Alfadili”,” kata Siti Romlah. Harian analisa online

Komentar Pembaca

  1. harapan kami mudah-mudahan taman baca yang kami persembahkan utk masyarakat desa rek-kerrek kecamatan palengaan-pamekasan dapat bermanfaat bagi masyarakat sekitar khususnya dan pamekasan pada umumnya.. selain hal itu, kami jg berharap kepada pemkab pamekasan atau pun pemda jatim dapat mengawal perkembangan taman baca tersebut dan selalu mensupport baik berupa moril lebih-lebih materiil,, sehingga dari generasi ke generasi taman tersebut tetap eksis.. aminnnn…

Tulis Komentar

Silahkan isi nama, email serta komentar Anda. Namun demikian Anda tidak perlu khawatir, email Anda tidak akan dipublikasikan. Harap gunakan bahasa atau kata-kata yang santun. Terima kasih atas partisipasi Anda.





© Copyright 2024. Bappeda Provinsi Jawa Timur. Kembali ke atas | Kontak Kami | RSS Feed
Created & Design by IoT Division Bappeda Jatim