Tanaman Padi Terserang Bercak Daun

ilustrasi: kompas.com

Hama bercak daun disebabkan jamur, menyerang tanaman padi petani di Kecamatan Jelbuk dan Arjasa, Jember, Jawa Timur.

Hama penyakit tanaman yang disebabkan jamur (Cercospora oryzae) berpotensi menurunkan produksi, karena menggangu proses pembuahan pada tanaman.

Ahmad Kusaeri Ali, petani di Desa Kamal Kecamatan Arjasa, Jember, Jawa timur mengatakan, jika jamur itu dibiarkan akan berpotensi menurangi produksi sampai 40 prsen dari produksi normal.

“Hujan turun pada malam hari memudahkan tanaman terserang jamur, akibatnya muncul bercak pada daun,” kata Kusaeri.

Untuk menghentikan penyebaran hama itu, petani harus menambah biaya ekstra, dengan memberi fungisida pada tanaman yang terserang.

Laksono, petani Desa Candijati, Kecamatan Arjasa, gagal membuat persemaian karena di tempat penyemaian diserang bercak daun. Benih padi yang disemai selama 20 hari itu telah jadi bibit itu, sekarang rusak karena terserang jamur.

Ketua Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) Jember, Jumantoro, menambahkan, penyakit bercak daun menyerang hampir seluruh wilayah.

“Kami belum mendata secara keseluruhan lahan tanaman padi yang terserang jamur bercak daun. Penangkalnya harus menggunakan pestisida jenis fungisida,” kata Jumantoro. kompas.com

Tulis Komentar

Silahkan isi nama, email serta komentar Anda. Namun demikian Anda tidak perlu khawatir, email Anda tidak akan dipublikasikan. Harap gunakan bahasa atau kata-kata yang santun. Terima kasih atas partisipasi Anda.





© Copyright 5892. Bappeda Provinsi Jawa Timur. Kembali ke atas | Kontak Kami | RSS Feed
Created & Design by IoT Division Bappeda Jatim