Buku Pembangunan Infrastruktur di Jawa Timur

Buku Pembangunan Infrastruktur di Jawa Timur (Silahkan klik gambar cover untuk mengunduh)

Puji syukur kami panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, karena berkat rahmat-Nya maka buku “Pembangunan Infrastruktur di Jawa Timur” dapat diselesaikan dengan baik. Sebagaimana diamanatkan dalam Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintah Daerah, pasal 391 ayat (1) menjelaskan bahwa pemerintah daerah wajib menyediakan informasi Pemerintahan Daerah yang terdiri atas informasi pembangunan daerah dan informasi keuangan daerah.

Keterbukaan informasi pembanguan daerah merupakan kewajiban suatu pemerintah daerah terhadap masyarakat, dalam rangka mempertanggungjawabkan hasil pembangunan di daerah, yang sebelumnya telah dijanjikan kepada masyarakat. Masyarakat dapat melihat bagaimana progres pembangunan yang sedang dalam progres pengerjaan di daerah mereka. Buku ini ditujukan untuk memberikan informasi terkait hasil pembangunan daerah, khususnya pembangunan infrastruktur.

Pembangunan infrastruktur merupakan salah satu upaya yang dilakukan oleh Pemerintah Provinsi Jawa Timur dalam rangka melakukan pembangunan daerah, dengan tujuan untuk meningkatkan perekonomian serta kesejahteraan masyarakat. Melalui pembangunan infrastruktur, potensi yang sebelumnya belum/kurang termanfaatkan dapat ditingkatkan tingkat pemanfaatannya, sehingga bisa mewujudkan peningkatan kesejahteraan dan ekonomi di kalangan masyarakat.

Buku terdiri dari delapan bagian berdasarkan jenis kegiatan pembangunan infrastruktur wilayah, yaitu: Pekerjaan Umum, Perhubungan dan Lingkungan Hidup/ESDM. Bagian Pekerjaan Umum meliputi sarana- prasarana yang ditujukan untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat, seperti pembangunan/ peningkatan jalan, pengelolaan sumber daya air, penyediaan air minum dan sanitasi, serta perumahan dan permukiman. Bagian Perhubungan meliputi sarana-prasarana yang ditujukan untuk meningkatkan kualitas, kapasitas dan aksesibilitas transportasi barang dan manusia dari suatu wilayah dengan wilayah lainnya. Lingkungan Hidup meliputi sarana- prasarana yang ditujukan untuk memitigasi dampak dari kegiatan manusia terhadap lingkungan, sedangkan ESDM meliputi pemanfaatan sumber daya mineral dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat Jawa Timur.

Kami berharap agar buku “Pembangunan Infrastruktur di Jawa Timur” ini dapat bermanfaat tidak saja bagi pemerintah tetapi juga bagi seluruh lapisan masyarakat sebagai wujud pertanggungjawaban Pemerintah Provinsi Jawa Timur terhadap kegiatan pembangunan infrastruktur. Ucapan terima kasih disampaikan kepada semua pihak terutama perangkat daerah di lingkungan Pemerintah Provinsi Jawa Timur, Kementerian, Pemerintah Kabupaten/Kota, swasta dan masyarakat yang telah mendukung upaya Pemerintah Provinsi Jawa Timur mewujudkan pembangunan infrastruktur di Jawa Timur.

nb: untuk membuka ataupun mengunduh publikasi ini dalam format pdf dapat melalui link berikut: Buku Pembangunan Infrastruktur di Jawa Timur (PDF)

3 Komentar Pembaca

  1. Apakah ada data pdf kah ? Data zip sulit dibuka nya

    • Terima kasih atas kunjungannya ke website kami, untuk publikasi dimaksud kami zip kan karena pdf nya terlalu besar, terima kasih atas sarannya dan akan kami sediakan juga link untuk file pdf nya.

  2. Apakah ada data pdf kah ? Data zip sulit dibuka nya

Tulis Komentar

Silahkan isi nama, email serta komentar Anda. Namun demikian Anda tidak perlu khawatir, email Anda tidak akan dipublikasikan. Harap gunakan bahasa atau kata-kata yang santun. Terima kasih atas partisipasi Anda.





© Copyright 2018. Bappeda Provinsi Jawa Timur. Kembali ke atas | Kontak Kami | RSS Feed
Created & Design by IT Support Bappeda Jatim