Jatim Renovasi 1.825 RLTH di Pesisir

Penyerahan alat revonasi. foto/news:humasjatim

Sebagian masyarakat pesisir di Jawa Timur berlega hati. Pasalnya, pemerintah Provinsi Jawa Timur bekerjasama dengan Pangkalan Utama TNI AL (Lantamal V) merenovasi 1.825 unit Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) di wilayah mereka.

Renovasi RTLH khusus masyarakat pesisir ini merupakan bentuk kepedulian Provinsi Jawa Timur untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat pesisir dan memberikan kehidupan lebih layak.

Peresmian Rumah Tidak Layak Huni oleh Wakil Guburnur Jawa Timur. Diresmikan di Lapangan Kecamatan Kencong, Kabupaten Jember, Selasa (25/4).

Menurut Gus Ipul, pelaksanaan RTLH di kawasan pesisir dengan mempertimbangkan faktor rumah sehat. Di antaranya memiliki ventilasi udara, pencahayaan yang baik, lantai kedap air, serta atap dan langit-langit yang tidak terlalu pendek agar tidak menimbulkan panas.

Selain itu, rumah harus memiliki pembuangan limbah seperti septic tank, dan punya penampungan air bersih dimana setiap rumah setiap harinya butuh 60 liter air bersih baik untuk mandi dan mencuci. Serta, rumah tersebut harus memperhatikan standar polusi dan kontaminasi, seperti memiliki pembuangan asap dapur.

Target pelaksanaan RTLH Tahun 2017 ini dikerjakan mulai awal hingga akhir tahun ini atau Desember 2017. Secara berkesinambungan, pembangunan RTLH ini dilakukan oleh Dinas Potensi Maritim Lantamal V meliputi wilayah desa pesisir Probolinggo, Pasuruan, Lamongan, Sidoarjo dan Tuban sebanyak 350 unit.

Kemudian Pangkalan TNI AL (Lanal) Malang sebanyak 500 unit terdiri dari Kab. Malang, Tulungagung, Blitar, Trenggalek dan Pacitan. Lanal Banyuwangi yang terdiri dari Banyuwangi, Situbondo, dan Jember sebanyak 650 unit. Serta Lanal Batporon, Madura sebanyak 325 unit yang terdiri dari Bangkalan dan Sumenep. (*)

Tulis Komentar

Silahkan isi nama, email serta komentar Anda. Namun demikian Anda tidak perlu khawatir, email Anda tidak akan dipublikasikan. Harap gunakan bahasa atau kata-kata yang santun. Terima kasih atas partisipasi Anda.





© Copyright 2017. Bappeda Provinsi Jawa Timur. Kembali ke atas | Kontak Kami | RSS Feed
Created & Design by IT Support Bappeda Jatim