Kajian Hasil Pelaksanaan Pembangunan Bidang Ekonomi (2)

Evaluasi Hasil Bagian Kedua dari Tiga Tulisan

Pengendalian  dan  evaluasi  terhadap  perencanaan pembangunan  daerah  meliputi pengendalian dan evaluasi terhadap kebijakan perencanaan pembangunan daerah. Sedangkan, pengendalian dan evaluasi terhadap  pelaksanaan rencana pembangunan daerah, dan evaluasi terhadap hasil rencana pembangunan daerah.

Dalam hal perencanaan  jangka  panjang  dan  jangka  menengah,  dokumen  rencana  yang  dihasilkan memberikan  arah  kebijakan jangka panjang hingga  program  pembangunan  daerah jangka menengah. Jika  perhatian  diarahkan  pada  pelaksanaan  pembangunan yang diselenggarakan lebih nyata, maka  akan berkaitan dengan rencana pembangunan jangka pendek  atau tahunan.

Oleh  karena  itu,  untuk  mengetahui  apakah  rencana  yang  disusun  benar-benar dipedomani sebagai acuan  untuk  penyelenggaraan  pembangunan,  fokus  perhatian  perlu  diarahkan  pada perencanaan pembangunan jangka pendek atau tahunan.

Untuk lingkup pelaksanaan rencana, sasaran dari pengendalian dan evaluasi adalah: (1) prioritas  dan  sasaran  pembngunan  tahunan  daerah;  (2)  rencana  program  dan  kegiatan prioritas  daerah;  serta  (3)  pagu  indikatif  telah  disusun  dalam  beberapa  dokumen  proses penetapan  anggaran  pembangunan  seperti  Kebijakan  Umum  Anggaran  (KUA),  Plafon  dan Prioritas  Anggaran  Sementara  (PPAS),  hingga  dokumen  anggaran  sendiri  yaitu  dokumen Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah  (APBD).

Dengan memperhatikan pentingnya evaluasi pembangunan daerah, maka pemerintah Provinsi Jawa Timur melalui Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Provinsi Jawa Timur  telah melakukan penelitian penelitian evaluasi hasil pelaksanaan pembangunan daerah, salah satunya adalah evaluasi pembangunan di bidang ekonomi.  Bekerjasama dengan Universitas Brawijaya Malang, Bappeda Provinsi Jawa Timur melakukan kajian dengan judul “Penyusunan Evaluasi Hasil Pelaksanaan  Pembangunan  Bidang Ekonomi.”

Evaluasi pembangunan yang dilaksanakan utamanya mengacu pada Permendagri Nomor 27 Tahun 2014 dan aturan aturan terkait lainnya. Aktivitas evaluasi ini digunakan untuk mengukur tingkat keberhasilan pembangunan yang telah dicapai, indikator capaiannya dan rencana yang akan dilaksanakan, utamanya untuk perencanaan tahun 2017.

Capaian (Realisasi) IndikatorKinerjaUtamaMakroEkonomiJawaTimurTahun 2015

IndikatorMakroEkonomi Target RKPD 2015 CapaianTahun 2015 Keterangan
PertumbuhanEkonomi (%) 6,88 – 7,19 5,44*) TidakTercapai
Inflasi (%) 4,00 – 6,00 3,85 Tercapai
IndeksGini 0,359 – 0,356 0,40 TidakTercapai
PemerataanPendapatanVersi Bank Dunia(Proporsi 40% bawah) 20,76 – 20,89 18,77 TidakTercapai
Kemiskinan (%) 12,21 – 11,73 12,28 TidakTercapai
Tingkat Pengangguran Terbuka (%) 4,22 – 4,13 4,47 TidakTercapai

Indikator kinerja utama Jawa Timur pada tahun 2015, dari lima indikator utama yang berkaitan dengan bidang ekonomi, hanya ada satu indikator yang mampu dicapai sesuai target, yakni tingkat inflasi pada angka 3,85%. Kondisi ini salah satu penyebab utamanya adalah kondisi makro ekonomi nasional dan kondisi ekonomi intarnasional yang berawal di tahun 2014 dan masih terasa sampai dengan tahun 2015.

Berkaitan dengan sinkronisasi RPJPD, RPJMD dan RKPD tahun 2015 maka secara umum program-program yang direncanakan pada RKPD tahun 2015 telah sesuai / sinkron dengan rencana yang ada diatasnya, namun ada beberapa rencana yang tidak memiliki sinkronisasi dengan rencana menengah dan jangka panjang, rencana ini berkaitan dengan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (terdapat 3 program), Badan Penanaman Modal (2 program) dan Dinas Perindustrian dan perdagangan (1 program).

Secara umum capaian kinerja program pada masing – masing SKPD telah tercapai pada intrerval tinggi, sangat tinggi, memenuhi target bahkan melebihi target. Walaupun ada tiga SKPD yang masih memiliki pekerjaan rumah, atas kinerja program fisik dan kinerja program anggaran yang belum memenuhi kriteria memenuhi syarat dari aturan Permendagri No. 27 Tahun 2014. (bersambung)

Tulis Komentar

Silahkan isi nama, email serta komentar Anda. Namun demikian Anda tidak perlu khawatir, email Anda tidak akan dipublikasikan. Harap gunakan bahasa atau kata-kata yang santun. Terima kasih atas partisipasi Anda.





© Copyright 2017. Bappeda Provinsi Jawa Timur. Kembali ke atas | Kontak Kami | RSS Feed
Created & Design by IT Support Bappeda Jatim