Target Diperbesar, Dongkrak Perekonomian Daerah dan Nasional

Pembukaan Jatim Fair 2015, Gubernur Jawa Timur, Soekarwo dan Menko Perekonomian RI, Darmin Nasution.

Jatim Fair 2015

Agenda tahunan bertajuk Jatim Fair kembali digelar di Jawa Timur. Jatim Fair tahun 2015 ini, seperti tahun lalu, digelar di Convex Grand City Mall. Surabaya. Dibuka Kamis (8/10) oleh Gubernur Jawa Timur, Soekarwo, dengan disaksikan Menko Perekonomian RI, Darmin Nasution.

Dikatakan Soekarwo, Jatim Fair 2015 ini diharapkan lebih mampu menggerakkan perekonomian karena menampilkan berbagai potensi produk unggulan daerah yang berorientasi ekspor dari berbagai kabupaten/kota.

Jatim Fair juga diharapkan menjadi icon kebanggaan Provinsi Jawa  Timur sebagai agenda pameran rutin bagi para pelaku usaha, pemerintahan dan masyarakat di wilayah Indonesia Timur.

“Even tahunan ini digelar untuk menarik para buyers, traders juga investor. Ini upaya kami memperluas jaringan pasar nasional maupun global. Jatim Fair juga sebagai sarana yang tepat untuk memperkenalkan dan mempromosikan produk terbaru kepada masyarakat, serta memotivasi promosi dan meningkatkan transaksi dagang selama dan sesudah pameran. Selain itu, Jatim Fair sebagai sarana tolak ukur kekuatan daya saing produk yang dipamerkan,” kata Soekarwo.

Diperoleh keterangan, dari data transaksi dan pengunjung terus meningkat dari tahun ke tahun. Jika tahun 2014 pameran Jatim Fair mendapatkan transaksi sebesar Rp 52 miliar dengan pengunjung 198.607 orang, maka tahun 2015 ini ditargetkan Jatim Fair mampu dikunjungi sebanyak 200 ribu orang dan dengan peningkatan nilai transaksi.

Menteri Koordinator Perekonomian Darmin Nasution dalam kesempatan itu menyebut kemajuan Jawa Timur sebenarnya tergantung pada kepemimpinan gubernurnya. Dengan itu, malahan, Jawa Timur ini mampu menggerakkan perekonomian nasional khususnya kawasan Indonesia Timur.

Jatim Fair 2015 digelar selama 11 hari, terhitung 8-18 Oktober 2015, sebagai rangkaian kegiatan Hari Jadi Provinsi Jatim ke-70 Tahun 2015. Untuk jam buka pameran setiap hari pukul 11.00 hingga 22.00 WIB.

Sebagai Pameran Multi Produk terbesar di Indonesia Timur, Jatim Fair 2015 digelar di area open space, exhibition hall dan convention hall Grand City Convex dengan luas total area sekitar 12 ribu m2.

Seperti tahun sebelumnya, even ini lebih menekankan apda promosi produk-produk unggulan dan potensi yang kompetitif, berkualitas, dan berorientasi ekspor khususnya di dalam menyongsong era perdagangan bebas atau pasar global, maupun Masyarakat Ekonomi ASEAN di akhir tahun 2015.

Pada even tahun ini disiapkan lebih dari 570 booth kepersertaan yang sebagian besar menampilkan berbagai potensi produk unggulan dari kabupaten/kota se-Jatim, luar Jawa Timur, Pemerintah Provinsi, BUMN/BUMD, perusahaan manufaktur, perusahaan menengah ke bawah, pengrajin UKM dan koperasi seperti aneka kerajinan, mebel, elektronik, fashion, batik, makanan dan minuman, serta produk lainnya.

Tulis Komentar

Silahkan isi nama, email serta komentar Anda. Namun demikian Anda tidak perlu khawatir, email Anda tidak akan dipublikasikan. Harap gunakan bahasa atau kata-kata yang santun. Terima kasih atas partisipasi Anda.





© Copyright 2020. Bappeda Provinsi Jawa Timur. Kembali ke atas | Kontak Kami | RSS Feed
Created & Design by IT Support Bappeda Jatim