SMK Mini Jatim Dilirik Program AKAD Pemerintah Pusat

Program unggulan SMK Mini Jawa Timur. widi antoro

Provinsi Jawa Timur bisa berbangga. Pasalnya, program unggulan terkait pendirian Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Mini, alumninya dipersiapkan untuk tenaga kerja pada sistem Antar Kerja Antar Daerah (AKAD). AKAD adalah program Pemerintah Pusat yang digagas Kementerian Tenaga Kerja RI.

Gubernur Jawa Timur, Soekarwo, dalam beberapa kesempatan menyatakan kebanggaannya. “Adalah suatu kebanggaan apabila alumni SMK Mini siap dipekerjakan oleh Kemenaker RI melalui sistem AKAD itu. Hal itu membuktikan, SMK Mini mempunyai potensi untuk menghasilkan tenaga kerja yang mempunyai ketrampilan yang dibutuhkan industri,“ ujarnya.
Gubernur juga mengatakan, sebelum itu, pihaknya pernah menawarkan alumni SMK mini untuk bisa direkrut Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BNP2TKI). Alumni SMK Mini adalah orang-orang terlatih yang bisa menjadi tenaga kerja profesional.

Saat ini, kata Soekarwo, Pemerintah Provinsi Jawa Timur juga bekerjasama dengan pemerintah Jerman dalam bidang pengembangan pendidikan SMK. Kerjasama itu mencakup pelatihan guru-guru dan kepala sekolahnya. Tewrmasuk di dalamnya standarisasi pendidikannya juga disamakan dengan Jerman.

Jawa Timur sudah mengembangkan sebanyak 70 SMK Mini. Sebagian besar bekerjasama dengan pondok pesantren. Targetnya ke depan sebanyak 400 SMK Mini dengan 80 ribu lulusan hingga akhir tahun 2017.

Beberapa bidang disasar SMK Mini untuk memperoleh alumni yang siap bekerja di dunia industri. Diantaranya, teknologi rekayasa, agrobisnis, perikanan, kehutanan, seni rupa dan pariwasata. Bidang tersebut sesuai dengan kondisi lapangan dimana banyak tenaga kerja yang dibutuhkan. Sebab itu, dengan adanya SMK Mini diharapkan tenaga kerja dari Jawa Timur bisa terserap di dunia industri nasional maupun internasional. */idi

2 Komentar Pembaca

  1. Assalamualaikum
    Saya ketua yayasan pondok pesantren Tsamaroturroudloh jl. Sunan ampel no 45 Tegalsari banyuwangi ingin sekali mendirikan SMK mini.
    pesantren kami adalah pesantren salafiyah yg terletak di desa, potensi yg ada adalah ogrobisnis
    mohon petunjuk cara mendirikan SMK mini

  2. Assalamualaikum
    Saya ketua yayasan pondok pesantren Darul Karomah Randuagung Singosari Malang, ingin sekali mendirikan SMK mini.
    pesantren kami adalah pesantren salafiyah yg terletak di desa, potensi yg ada adalah ogrobisnis
    mohon petunjuk cara mendirikan SMK mini

Tulis Komentar

Silahkan isi nama, email serta komentar Anda. Namun demikian Anda tidak perlu khawatir, email Anda tidak akan dipublikasikan. Harap gunakan bahasa atau kata-kata yang santun. Terima kasih atas partisipasi Anda.





© Copyright 2024. Bappeda Provinsi Jawa Timur. Kembali ke atas | Kontak Kami | RSS Feed
Created & Design by IoT Division Bappeda Jatim