Sebaiknya Balita Rutin Dibawa ke Posyandu

ilusttasi:kompas.com

Hingga Oktober 2012, sebanyak 67.366 atau 73,24 persen dari 91.983 balita di Kabupaten Lamongan, Jawa Timur, rutin dibawa ke Pos Pelayanan Terpadu. Tingkat kunjungan balita ke Posyandu diatas target 72 persen.

Kepala Dinas Kesehatan Lamongan, Fida Nuraida menyatakan, dengan semakin banyak dan rutin balita yang dibawa ke Posyandu, semakin banyak balita yang bisa dipantau tumbuh kembangnya. Ia menyebutkan dari total 67.366 balita yang dibawa ke Posyandu, sebanyak 51.173 anak di antaranya berat badannya naik,11.405 balita lainnya berat badannya turun.

“Dengan begitu kami bisa melakukan diagnosis dan penanganan. Saat kegiatan di Posyandu, balita diberikan pelayanan kesehatan seperti penimbangan, imunisasi dan penyuluhan gizi serta pemberian asupan makanan tambahan, ” ujar Fida.

Tahun ini, Posyandu Mawar, Kelurahan Tologoanyar, Kecamatan Lamongan meraih penghargaan Posyandu Teladan. Puskesmas Paciran terpilih sebagai Puskesmas Teladan, Tenaga Medis Teladan drg Hari Budiono (Puskesmas Paciran), dan Tenaga Keperawatan Teladan Lathifah Zahroh (Puskesmas Tlogosadang). Penghargaan Tenaga Kesehatan Masyarakat teladan diberikan kepada Esti Wulandari (Puskesmas Turi).

Fida menyebutkan, Sistem Jaminan Sosial Nasional (SJSN) akan mulai dilaksanakan pada 2014 secara bertahap hingga 2019. Tujuannya agar seluruh penduduk dapat memperoleh pelayanan kesehatan yang komperehensif dan bermutu tanpa kendala pembiayaan. kompas.com

Tulis Komentar

Silahkan isi nama, email serta komentar Anda. Namun demikian Anda tidak perlu khawatir, email Anda tidak akan dipublikasikan. Harap gunakan bahasa atau kata-kata yang santun. Terima kasih atas partisipasi Anda.





© Copyright 2019. Bappeda Provinsi Jawa Timur. Kembali ke atas | Kontak Kami | RSS Feed
Created & Design by IT Support Bappeda Jatim