Tokoh Jawa Timur Minta Hari Pahlawan Dipusatkan di Surabaya

ilustrasi: andriblogs.blogspot.com

Peringatan Hari Pahlawan sampai saat ini masih dipusatkan di Kalibata, Jakarta. Karena melihat sejarah munculnya Hari Pahlawan berasal dari Kota Surabaya, para tokoh asal Jawa Timur mendesak pemerintah untuk segera memastikan pelaksanaan Hari Pahlawan secara nasional di Surabaya.

“Kami akan terus melakukan pendekatan ke pemerintah pusat, agar peringatan Hari Pahlawan digelar di Surabaya, bukan di Kalibata,” kata Ketua Panitia Nasional Peringatan Hari Pahlawan 10 November 2012 di Kota Pahlawan Surabaya, Achmad Zaini.

Pemerintah Provinsi Jawa Timur telah berupaya ‘memindahkan’ lokasi peringatan Hari Pahlawan dari Kalibata ke Surabaya. Namun, sampai saat ini, masih belum ada jawaban resmi dari pemerintah pusat. Zaini menambahkan, pihaknya juga melakukan pendekatan ke pemerintah pusat atau menggelar pertemuan dengan menteri terkait seperti Menko Polhukam Djoko Suyanto.

“Kami berharap, pemerintah pusat lebih bijaksana dan menjadikan Surabaya sebagai tuan rumah peringatan Hari Pahlawan di Tugu Pahlawan,” jelasnya.

Sementara itu, sejarawan yang juga Guru Besar Universitas Negeri Surabaya (Unesa), Aminuddin Kasdi, mendukung agar pusat peringatan Hari Pahlawan di Surabaya.

“Memang sudah saatnya Surabaya menjadi tuan rumah. Karena pertempuran 10 November 1945 terjadi di Surabaya. Kalau di Kalibata kan tabur bunga. Tapi upacaranya tetap di Surabaya, dan diharapkan Presiden RI dapat hadir ,” katanya.

Dalam acara Peringatan Hari Pahlawan 10 November di Surabaya, rencananya akan diisi berbagai kegiatan seperti, penyebaran pamflet dengan helikopter mengelilingi Kota Surabaya mengobarkan kembali semangat patriot Pahlawan 10 November 1945.

Gema Pidato Gubernur Suryo menolak ultimatum Panglima Tentara Sekutu, resolusi jihad KH Hasyim Asy’ari dan orator Bung Tomo, untuk membangkitkan semangat mengobarkan perang rakyat 10 November 1945.

Semarak spotlight sinar laser dari Tugu Pahlawan keseluruh penjuru Surabaya. Hingga upacara bendera peringatan Hari Pahlawan nasional 10 November 2012 di Monumen Tugu Pahlawan. detiksurabaya.com

Tulis Komentar

Silahkan isi nama, email serta komentar Anda. Namun demikian Anda tidak perlu khawatir, email Anda tidak akan dipublikasikan. Harap gunakan bahasa atau kata-kata yang santun. Terima kasih atas partisipasi Anda.





© Copyright 2019. Bappeda Provinsi Jawa Timur. Kembali ke atas | Kontak Kami | RSS Feed
Created & Design by IT Support Bappeda Jatim