West Madura Menemukan Cadangan Gas Baru

ilustrasi: kompas.com

PT Pertamina Hulu Energi West Madura Offshore (PHE WMO) menemukan cadangan baru. Berdasarkan hasil pengeboran ditemukan zona gas dengan hasil gas 21 MMSCFD dan kondensat atau potensi minyak sebesar 171 BCPD (Barrels of Condensate Per Day).

Cadangan minyak dan gas (migas) ini ditemukan di sumur eksplorasi ketiga PHE WMO yang rencananya mulai berproduksi akhir tahun 2012. Sumur eksplorasi PHE KE-38-5 yang menembus Reef-D di struktur PHE KE-38B adalah sumur eksplorasi ketiga yang dibor oleh PHE WMO di Blok West Madura Offshore. Pengeboran itu setelah beralihnya operator blok tersebut dari Kodeco Energy Co Ltd ke PT PHE WMO sejak 7 Mei 2011.

“Dua sumur eksplorasi sebelumnya yaitu PHE KE-38-2 dan PHE KE-38-3 berhasil menemukan cadangan minyak dan gas bumi di formasi Kujung-1, sebagai target utama dari pengeboran kedua sumur eksplorasi tersebut,” jelas Senior Executive Vice President and General Manager PHE WMO Imron Asjhari di Surabaya.

Dia mengatakan, setelah menyelesaikan sumur eksplorasi pertama, kedua, dan ketiga, menara pemboran akan pindah ke lapangan PHE KE-30 sekitar 36 kilometer selatan dari sumur eksplorasi.

Pada tahun 2012, PHE WMO akan mengebor lima sumur eksplorasi, 15 sumur pengembangan, dan 15 sumur kerja ulang. Bahkan tiga anjungan baru dan jaringan pipa serta satu perbaikan anjungan dan pemasangan jaringan pipa akan dipasang Agustus sampai Desember 2012. Di samping itu PHE akan mendatangkan menara pemboran yang ketiga pada Oktober. kompas.com

Tulis Komentar

Silahkan isi nama, email serta komentar Anda. Namun demikian Anda tidak perlu khawatir, email Anda tidak akan dipublikasikan. Harap gunakan bahasa atau kata-kata yang santun. Terima kasih atas partisipasi Anda.





© Copyright 2024. Bappeda Provinsi Jawa Timur. Kembali ke atas | Kontak Kami | RSS Feed
Created & Design by IoT Division Bappeda Jatim