Jajaki Ekspor ke Sejumlah Negara

ilustrasi: tempo.com

Gubernur Jawa Timur Soekarwo menggelar pertemuan dengan Atase Bidang Ekonomi Kedutaan Besar RI di berbagai negara serta perwakilan kedutaan besar sejumlah negara.

Pertemuan yang berlangsung di Hotel Bumi Surabaya itu dimulai Selasa, 13 Desember 2011, dan berlanjut hingga Rabu besok, 14 Desember 2011. Hadir para atase KBRI serta kedubes dari 23 negara, di antaranya Australia, Cina, Jepang, India, Brunei Darussalam, Singapura, Amerika Serikat, Brasilia, Taiwan, Malaysia, serta beberapa negara lainnya.

Menurut Soekarwo, pertemuan itu membahas peluang kerja sama ekspor komoditas nonmigas dari Jawa Timur dengan negara-negara di luar Eropa dan Amerika. “Kalau ekspor ke Amerika dan Eropa menurun, kita harus mencari pasar baru, seperti ke Taiwan, India, Brunei, Malaysia, serta sejumlah negara. Maka sejak sekarang kita harus siap,” kata Soekarwo.

Soekarwo menjelaskan kerja sama dengan negara non-Eropa dan Amerika diperlukan untuk menjaga kelangsungan industri usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) Jawa Timur. Sebab hingga saat ini kegiatan ekspor masih menggantungkan pasar Eropa dan Amerika.

Selain menjajaki kerja sama ekspor, dalam pertemuan tersebut Soekarwo juga membahas sejumlah proyek investasi yang sudah disepakati, tapi hingga saat ini belum berjalan. “Sudah banyak investor masuk. Namun kami perlu kepastian kapan realisasinya. Kami siap membantu agar bisa dipercepat,” ujar dia.

Untuk mempercepat realisasi proyek investasi, kata Soekarwo, Pemerintah Provinsi Jawa Timur dan pemerintah kabupaten dan kota siap membantu dalam hal perizinan, infrastruktur, serta pengadaan tanah.

Ihwal lahan lokasi proyek investasi, Jawa Timur saat ini telah memiliki kawasan industri berskala besar, yakni Surabaya Industrial Estate Rungkut (SIER), Pasuruan Industri Estate Rembang (PIER), dan Kawasan Industri Gresik. Bahkan Mojokerto mulai membangun kawasan industri baru. tempo.com

Tulis Komentar

Silahkan isi nama, email serta komentar Anda. Namun demikian Anda tidak perlu khawatir, email Anda tidak akan dipublikasikan. Harap gunakan bahasa atau kata-kata yang santun. Terima kasih atas partisipasi Anda.





© Copyright 2024. Bappeda Provinsi Jawa Timur. Kembali ke atas | Kontak Kami | RSS Feed
Created & Design by IoT Division Bappeda Jatim