Limbah 200 Perusahaan Cemari Waduk Sengguruh

ilustrasi

Limbah industri dari 200 hingga 250 perusahaan memberi kontribusi besar terjadinya pencemaran di Waduk Sengguruh di Kabupaten Malang, Jawa Timur. “Selain limbah industri dari ratusan perusahaan itu, limbah domestik dari rumah tangga juga cukup besar, yakni antara 20 sampai 30 meter kubik per hari pada musim kemarau. Jika musim hujan bisa mencapai 80 meter kubik per hari,” ujar
Kepala Humas Perum Jasa Tirta I Tri Hardjono di Malang, Senin.

Ia mengatakan tingginya limbah yang mengalir ke waduk-waduk tersebut mempercepat tingkat sedimentasi dan mengurangi kapasitas daya tampung waduk, sehingga harus dilakukan pengerukan sepanjang tahun.

Kapasitas waduk-waduk di bawah pengelolaan Perum Jasa Tirta I Malang, seperti Waduk Sutami (Karangkates), Waduk Sengguruh, Selorejo dan Wonogiri mencapai 1,5 juta meter kubik. Khusus Waduk Karangkates memiliki kapasitas 300-500 ribu meter kubik.
Selain melakukan pengerukan sedimen yang dilakukan sepanjang tahun, katanya, pihaknya juga gencar melakukan konservasi di sepanjang Daerah Aliran Sungai (DAS) Brantas.

Ia mengemukakan, untuk memaksimalkan upaya konservasi tersebut pihaknya menggandeng pemerintah daerah yang ada di wilayah Perum Jasa Tirta I, LSM maupun Perhutani.

Pada tahun ini (2011), kata Tri, pihaknya menargetkan penanaman pohon untuk konservasi sebanyak 1,2 juta batang dan tahun lalu (2010) yang terealisasi sebanyak 860 ribu pohon.

“Kami terus berupaya meningkatkan kapasitas daya tampung waduk, baik pada musim kemarau maupun penghujan. Hanya saja, kami belum bisa menghentikan sama sekali aliran sampah (limbah) industri maupun domestik yang masuk ke waduk,” katanya. republika.co.id

Tulis Komentar

Silahkan isi nama, email serta komentar Anda. Namun demikian Anda tidak perlu khawatir, email Anda tidak akan dipublikasikan. Harap gunakan bahasa atau kata-kata yang santun. Terima kasih atas partisipasi Anda.





© Copyright 2020. Bappeda Provinsi Jawa Timur. Kembali ke atas | Kontak Kami | RSS Feed
Created & Design by IT Support Bappeda Jatim