Bangkalan Ngotot Inginkan Saham Blok West Madura

ilustrasi: www.rimanews.com/

Pemerintah Kabupaten Bangkalan, Jawa Timur, menegaskan tidak akan mundur dalam memperebutkan jatah Participating Interest (saham) 10 persen di Blok West Madura, meski saat ini tidak memiliki dana untuk diinvestasikan di blok migas yang terletak di Kecamatan Sepuluh Bangkalan tersebut.

“Dibanding Gresik dan Jawa Timur, Bangkalan paling pantas mendapatkan PI karena kami pemilik wilayah migasnya,” kata Komisaris PT Bangkalan Petro Gas, Abdul Hakim, Minggu, 26 juni 2011. Bangkalan Petro Gas adalah BUMD yang dibentuk Pemkab Bangkalan sebagai salah satu syarat untuk mendapatkan PI 10 persen.

Hakim mengatakan, dalam kepemilikan PI 10 persen di West Maduras, soal dana urusan nomor dua. Yang utama, kata dia, jatah PI 10 persen Blok West Madura Offshore harus jatuh ke Bangkalan. Hakim yakin setelah PI didapatkan, banyak pihak ketiga yang akan menginvestasikan dananya. “Investasi di bidang minyak tidak sedikit, APBD Bangkalan tidak cukup,” ujarnya.

Namun, upaya Bangkalan untuk mendapatkan PI tersebut tidak mudah. Sebab PT Pertamina selaku pemegang hak kelola Blok West Madura Offshore menyaratkan agar tiga daerah Bangkalan, Gresik dan Pemprov Jawa Timur yang sama berminat mendapat PI, harus bersatu membentuk semacam BUMD bersama untuk mengelola PI 10 persen. “Kami tidak keberatan dengan usul ini, yang penting dapat jatah PI,” tegas Hakim.

Belakangan beredar kabar bahwa, Bangkalan, Gresik dan jawa Timur sudah membentuk BUMD Bersama bernama PT Gerbang Oil dan Gas Blok West Madura Offshore. Bahkan sudah ada pihak ketiga yang akan menginvestasikan dananya yaitu PT Yudistira Bumi Energi, perusahaan ini dipimpin Yulius Isyudianto. “Saya belum tahu soal kabar ini, karena semua kerjasama diupayakan Bupati Fuad Amin,” tutur Hakim.

Anggota Komisi Energi, DPRD Bangkalan, Mahmudi, mengatakan, mestinya sebelum Pemkab Bangkalan menjalin kerja sama dengan PT Yudistira sebaiknya melibatkan DPRD lebih dahulu. “Supaya kita semua tahu kredibiltas PT Yudistira,” paparnya. tempointeraktif.com

Komentar Pembaca

  1. Mudah2an rencana Bapak Bupati Bangkalan sy do’akan cepat terealisasi” semoga bapak Bupati memperhatikan generasi muda Bangkalan yg mana banyak sekali lulusan Si ( ITS )yg kebetulan jurusan yg ada hubungannya dengan perminyakan.trim’s

Tulis Komentar

Silahkan isi nama, email serta komentar Anda. Namun demikian Anda tidak perlu khawatir, email Anda tidak akan dipublikasikan. Harap gunakan bahasa atau kata-kata yang santun. Terima kasih atas partisipasi Anda.





© Copyright 2021. Bappeda Provinsi Jawa Timur. Kembali ke atas | Kontak Kami | RSS Feed
Created & Design by IT Support Bappeda Jatim