Pemkab Gresik Konsultasikan RPJMD ke Bappeda Jatim

Kabid Statistik dan Pelaporan Bappeda Jatim Ir Taufik Kartiko, MSi dan Kepala Bappeda Gresik Bambang

Pemkab Gresik diminta mencantumkan pengembangan Pulau Bawean dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Gresik. Permintaan tersebut terungkap dalam forum konsultasi penyusunan RPJMD Gresik di Kantor Bappeda Jatim, Rabu (30/3) kemarin.

Kabid Statistik dan Pelaporan Bappeda Jatim Ir Taufik Kartiko, MSi saat memimpin forum konsultasi tersebut mengungkapkan Pulau Bawean semestinya menjadi perhatian serius Pemkab Gresik karena pulau ini juga menjadi bukti masih ada disparitas pembangunan di Gresik.

“Selama ini kita sering mendengar keluhan dan persoalan yang terjadi di Bawean. Oleh karenanya Pemkab Gresik harus merumuskan kebijakan strategisnya khususnya menyangkut pengembangan Pulau Bawean,” tuturnya lagi. Tim evaluasi Bappeda Jatim juga menyoroti soal penanganan Kali Lamong, pengembangan Pelabuhan di Gresik hingga lemahnya data yang dijadikan pijakan. Beberapa masukan positif juga disampaikan oleh anggota tim penilai. Masukan itu misalnya perlunya mencantumkan lebih terperinci soal potensi sumber daya alam di Gresik, penanganan lahan bekas tambang dan sebagainya.

Forum konsultasi tersebut menurut Taufik bertujuan untuk melakukan sinkronisasi program pembangunan antar pemerintah baik pusat, provinsi maupun kabupaten/kota. Selain itu, forum tersebut juga perlu diselaraskan dengan daerah di sekitarnya.

“Oleh karenanya kami juga mengundang Surabaya, Lamongan dan Bangkalan untuk didengarkan masukannya,” tambahnya lagi. Selain menyoroti soal substansi teknis terkait materi RPJMD, forum konsultasi tersebut juga mengevalusi sisi administrasi pembuatan RPJMD seperti dasar hukum, sistematika penulisan dan sebagainya.

“Kami juga akan nilai konsistensi dokumen perencanaan mulai dokumen Musrenbang hingga penyusunan RPJMD,” tegasnya.

Kepala Bappeda Gresik Bambang Isdianto yang memimpin rombongan dari Pemkab Gresik tersebut menyambut  baik semua masukan yang disampaikan. Pihaknya akan melakukan kajian dan evaluasi lagi terhadap materi RPJMD yang telah disusunnya.

“Kami akan evaluasi lagi, untuk disesuaikan dengan masukan dan koreksi yang disampaikan tadi,”,” jelasnya.(why)

Komentar Pembaca

  1. assalamualaikum………………..

Tulis Komentar

Silahkan isi nama, email serta komentar Anda. Namun demikian Anda tidak perlu khawatir, email Anda tidak akan dipublikasikan. Harap gunakan bahasa atau kata-kata yang santun. Terima kasih atas partisipasi Anda.





© Copyright 2019. Bappeda Provinsi Jawa Timur. Kembali ke atas | Kontak Kami | RSS Feed
Created & Design by IT Support Bappeda Jatim