Jatim Masuk Top 7 Exhibitor ASN Culture Fest Tiga Tahun Berturut-Turut

Jatim Masuk Top 7 Exhibitor ASN Culture Fest Tiga Tahun Berturut-Turut

Pemerintah Provinsi Jawa Timur menerima penghargaan Top 7 Exhibitor dalam ASN Culture Fest 2023 dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) RI. Penghargaan ini ketiga kali berturut-turut berhasil diraih Jawa Timur sejak dilaksanakan ASN Culture Fest tahun 2021.

Penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh Menpan-RB RI Abdullah Azwar Anas kepada Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa yang diwakili Kepala Biro Organisasi Setda Provinsi Jatim, Kurniawan Hary Putranto di Jakarta.

Gubernur Khofifah mengaku bangga dan sangat berterima kasih atas kerja keras seluruh ASN di lingkungan Pemprov Jatim. Menurutnya, capaian kali ini jadi bukti komitmen Pemprov Jatim untuk mendukung arahan Presiden RI Joko Widodo terkait Core Values ASN BerAKHLAK sejak dilaunching pada tanggal 27 Juli 2021 lalu.

“Alhamdulillah, penghargaan yang ketiga kalinya ini jadi bukti komitmen Pemprov Jatim untuk menciptakan SDM yang berkualitas dalam rangka mewujudkan Reformas Birokrasi (RB) berdampak,” ujar Gubernur Khofifah , Senin (18/12/2023).

Gubernur pun menjelaskan, nilai BerAKHLAK yaitu Berorientasi Pelayanan, Akuntabel, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif dan Kolaboratif harus terus mendasari setiap pelaksanaan tugas yang dilakukan oleh ASN Pemprov Jatim. Peningkatan kualitas SDM para ASN menjadi support untuk mewujudkan reformasi birokrasi yang berdampak langsung pada peningkatan kualitas pelayanan masyarakat.

“Inilah mengapa, selalu kami ingatkan dimanapun kami kunjungan, untuk menerapkan Core Values ASN BerAKHLAK di setiap sektor. Masyarakat kita bertumbuh sangat dinamis, maka kita sebagai pelayanan masyarakat juga harus adaptif,” urai Khofifah.

Dengan meningkatnya kualitas pelayanan masyarakat, lanjut gubernur, tujuan besar untuk mewujudkan kesejahteraan seluruh masyarakat Indonesia pun akan semakin dekat.

“Semoga dengan terus meningkatnya kesadaran akan budaya ASN BerAKHLAK ini akan berseiring dengan kepuasan pelayanan kepada masyarakat. Sehingga Jawa Timur bisa terus tumbuh menjadi salah satu provinsi terdepan di Indonesia,” pungkasnya.

Selanjutnya dalam ASN Culture Fest kali ini juga ada yang spesial, yakni dua wilayah dari Jatim juga turut masuk dalam jajaran Top 7 Exhibitor. Keduanya adalah Kota Surabaya dan Kabupaten Banyuwangi yang berhasil menyisihkan 100 Exhibitor lainnya.

Selain itu terdapat Badan Pusat Statistik, Badan Siber dan Sandi Negara, Badan Riset dan Inovasi Nasional serta Pemprov Sumatera Barat yang juga berhasil masuk dalam jajaran tujuh besar.

Menpan RB Azwar Anas dalam sambutannya menyebut terjadi kenaikan angka Indeks BerAKHLAK secara nasional. Jika pada tahun sebelumnya, yaitu 60,9 persen, maka tahun ini menjadi 61,1 persen.

Anas–panggilan Menpan-RB- menilai, perubahan ini menunjukkan adanya sedikit perbaikan, namun nilai tersebut masih memerlukan upaya lebih lanjut untuk mencapai tingkat kesehatan yang diinginkan.

“Di tahun ini animo dan antusiasme ASN maupun masyarakat umum untuk masuk ke pameran virtual cukup tinggi. Hal ini tercermin dalam data pengunjung pameran virtual yang telah mencapai 42.441 kunjungan dan 48.323 interaksi di auditorium,” terangnya.

Pelaksanaan pameran virtual ini juga menunjukkan praktik efisiensi anggaran dalam pelaksanaan kegiatan di instansi pemerintah. Walaupun digelar secara virtual, partisipasi instansi pemerintah di seluruh Indonesia sangat tinggi.

“Jadi betapa efisiennya anggaran karena instansi tidak harus menyewa booth mahal. ASN dan masyarakat umum juga bisa mengakses ke pameran itu kapanpun dan di manapun secara daring,” pungkasnya.(Jatim Newsroom/Kominfo Jatim)

Tulis Komentar

Silahkan isi nama, email serta komentar Anda. Namun demikian Anda tidak perlu khawatir, email Anda tidak akan dipublikasikan. Harap gunakan bahasa atau kata-kata yang santun. Terima kasih atas partisipasi Anda.





© Copyright 2024. Bappeda Provinsi Jawa Timur. Kembali ke atas | Kontak Kami | RSS Feed
Created & Design by IoT Division Bappeda Jatim