Jawa Timur Setujui Program Subsidi Peternakan

Ilustrasi

ilustrasi/foto: Humas Pemprov Jawa Timur

[/caption]

Dari Ekspo Agrobinis Peternakan di Lamongan

Pemerintah Provinsi Jawa Timur mendukung program subsidi untuk peternakan. Program tersebut diluncurkan dalam rangka mewujudkan ketahanan pangan.

Ini penting dilakukan untuk meningkatkan motivasi dalam berusaha, dan bentuk stimulan usaha di sub bidang peternakan.

Di negara-negara maju pun juga tetap memberikan subsidi kepada para peternaknya. Apalagi di negara berkembang seperti Indonesia. Subsidi tersebut bisa berupa bantuan pakan ternak, bibit, ataupun modal usaha.

Disamping pemberian subsidi, yang terpenting adalah cara pengelolaan ternak yang benar. Pemerintah bertugas membuat regulasi yang bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan peternak, namun peternak juga harus militan dan kerja keras.

Tidak sedikit peternak yang menyalahgunakan pemberian subsidi dari pemerintah, misalnya bibit ternak yang belum cukup umur sudah dijual. Karenanya peternak harus kerja keras menghasilkan hasil ternak yang berkualitas, sehingga harganya bisa bersaing dalam pasar global nanti.

Agar populasi sapi potong maupun sapi perah terus berkembang Pemerintah juga melakukan penetapan kebijakan-kebijakan lain selain subsidi. Diantaranya yakni dengan optimalisasi inseminasi buatan sejuta akseptor sapi, pengembangan wilayah sumber bibit sapi, serta pengendalian pemotongan sapi dan kerbau betina produktif dengan Perda o. 3 Tahun 2012.

Juga dengan mengendalikan pengeluaran ternak sapi potong dan sapi perah melalui rekomendasi berat bada minimal sapi yang keluar Jawa Timur.

Jawa Timur saat ini bisa mendapatkan trade mark sebagai gudang ternak, berkat kerja kerasnya. Trade mark tersebut berkaitan dengan potensi peternakan yang ada di Jawa Timur. Potensi tersebut diantaranya adalah populasi sapi potong di Jatim tahun 2014 mencapai 4,12 juta ekor. Terdiri dari jenis sapi potong peranakan ongole (PO), sapi madura dan persilangan hasil inseminasi buatan.

Jumlah populasi tersebut merupakan populasi terbesar di Indonesia, yang berkontribusi 32% terhadap populasi nasional. Bahkan bertepatan hari ini tercatat di Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI).

Komentar Pembaca

  1. Mohon penjelasannya Bpk/Ibu
    tentang program subsidi peternakan : jenis ternak sapi apa yang mendapat subsidi dan berapa besarnya subsidi serta dengan persyaratan apa kami bisa mendapatan subsidi tersebut, sekarang ini saya sudah berternak sapi namun hanya beberapa ekor saja dan apabila pemda Jatim memberikan dukungan kami akan mengembangkan ternak sapi di Wilayah Madiun terima kasih atas perhatiannya

Tulis Komentar

Silahkan isi nama, email serta komentar Anda. Namun demikian Anda tidak perlu khawatir, email Anda tidak akan dipublikasikan. Harap gunakan bahasa atau kata-kata yang santun. Terima kasih atas partisipasi Anda.





© Copyright 2024. Bappeda Provinsi Jawa Timur. Kembali ke atas | Kontak Kami | RSS Feed
Created & Design by IoT Division Bappeda Jatim