Perjalanan KWSG Masuk Jajaran Koperasi Dunia

Koperasi Warga Semen Gresik (KWSG)

Koperasi Warga Semen Gresik KWSG terbentuk berasal dari keinginan dan kebutuhan yang sama diantara pegawai PT Semen Gresik (Persero) Tbk,maka pada 29 Januari 1963. Didirikan Koperasi Serba Usaha Karyawan Perusahaan Negara Semen Gresik yang bergerak dalam perdagangan bahan pokok dan sayuran. Dalam perjalanannya dilakukan perubahan anggaran dasar & anggaran rumah tangga (AD & ART) serta melakukan penataan organisasi, manajemen dan usaha. Hingga 2011 memiliki 10 bidang usaha.

Konsep yang diterapkan manajemen KWSG adalah model balance score card (BSC). Menurut Ketua Pengujrus KWSG, Ir Edi Kartika, sebagian besar perusahaan yang inovatif menggunakan model BSC sebagai suatu sistem manajemen strategis yang mengelola strategi perusahaan sepanjang waktu. Pada prinsipnya, BSC menjadi salah satu pendekatan yang digunakan untuk mengukur kinerja perusahaan secara keseluruhan dengan mengkombinasikan pengukuran-pengukuran tradisional yang menggunakan parameter finansial dan pengukuran bersifat nonfinansial secara seimbang. Dengan demikian, manajemen kinerja di setiap perusahhaan akan lebih efektif dan efisien yang menginduk kepada setiap rencana strategisnya.

“Sasaran strategik perusahaan yang kini tertuang di dalam rencana kerja dan anggaran tahun 2012 KWSG meliputi peningkatan SDM, organisasi, teknologi informasi, proses pengelolaan usaha secara efektif,” kata Edi.

Serangkaian langkah strategis telah dilakukan dengan menambah investasi beberapa gudang dan truk, untuk memperkuat penambahan jaringan pemasaran. Guna menunjang pengembangan usaha, SDM pun dikembangkan pula agar terwujud SDM yang kompeten dan memiliki motivasi tinggi untuk berprestasi. Kegiatan pelatihan yang telah dilakukannya meliputi measuring HRM effectiveness, jurnalistik dan penanganan media, interpreting ISO 9001 : 2008, internal audit SGG, product knowledge SG, mengukur kinerja SDM dan balance scor card, change management dan strategic management, awareness konfergensi IFRS dan lainnya lagi.

Guna meningkatkan daya saing koperasi, pengurus KWSG melakukan penyelarasan antara strategik bisnis dengan teknologi informasi (TI). Tujuannya meningkatkan kinerja koperasi, efisiensi, hubungan dengan pemasok serta kepuasan pelanggan. TI merupakan kebutuhan mutlak bagi KWSG dalam pengelolaan bisnis maupun menciptakan peluang usaha baru.

Sesudah melakukan pemetaan dan penentuan skala prioritas, ditetapkan perdagangan bahan bangunan menjadi proyek pertama yang dilakukan untuk membangun aplikasi berbasis web dengan fokus pada pemutakhiran struktur dan pengelolaan database, sehingga selaras dengan strategik bisnis perusahaan sesuai dengan pedoman standar akuntansi keuangan serta peraturan perpajakan yang berlaku.

Di tahun 2011 penyempurnaan dan migrasi aplikasi bisnis perdagangan bahan bangunan yang telah dicapai meliputi pembuatan aplikasi database pelanggan berbasis web, dengan tujuan dipenuhinya persyaratan kelengkapan data pelanggan yang akan di- update setiap saat. Selain itu, setiap keputusan kredit kepada pelanggan, baik tentang nilai kreditk, tempo pembayaran maupun perubahan plafon dapat dilakukan berdasarkan data akurat.

Pembuatan aplikasi pengadaan barang berbasis web untuk mengintegrasikan secara online antara unit perdagangan bahan bangunan sebagai pengguna dengan unit logistik, sebagai fungsi pengadaan barang agar tercapai standarisasi proses pengadaan barang, perencanaan serta saldo utang.

Migrasi aplikasi unit perdagangan bahan bangunan berbasis web yang dirancang secara online, realtime dan terintegrasi dengan seluruh unit bisnis perdagangan bahan bangunan maupun unit pendukung, sehingga dapat menghasilkan output secara cepat dan akurat.

Untuk bisnis simpan pinjam, juga dilakukan penyempurnaan dan pengembangan aplikasi secara online dengan tujuan terintegrasi dengan unit kerja terkait, sehingga penanganan transaksi dapat dilakukan secara efektif yang pada akhirnya akan berdampak pada layanan terhadap anggota lebih maksimal. Untuk memberikan kemudahan bertransaksi bagi anggota, maka telah dibuat aplikasi dengan nama “Pusaka” yang merupakan akronim Pusat Aktivitas Anggota, sebagai perwujudan atas pengelolaan data aktivitas anggota secara professional dengan cara memberikan akses informasi secara mudah, cepat, akurat dan up to date kepada anggota terkait aktivitas keanggotaan.

Aplikasi Pusaka merupakan media informasi kepada anggota terkait program promo produk V Mart Swalayan, simpan pinjam dan informasi lainnya. Satu terobosan bisnis jasa juga dilakukan KWSG yakni di bidang event organizer guna menangani even PT Semen Gresik maupun perusahaan lain. EO milik koperasi bahkan berani melakukan kontrak artis papan atas selama setahun seperti Anang, Ashanty, Ungu dan lainnya.

Sejumlah prestasi tingkat regional maupun nasional semisal penghargaan The Best Excellenct of The Year 2011 dari International Business & Company Award 2011, Koperasi Berprestasi Tahun 2011 tingkat Nasional kategori Pemasaran. Terakhir menembus jajaran 300 koperasi besar dunia dari International Cooperative Alliance (ICA). (idi)

Tulis Komentar

Silahkan isi nama, email serta komentar Anda. Namun demikian Anda tidak perlu khawatir, email Anda tidak akan dipublikasikan. Harap gunakan bahasa atau kata-kata yang santun. Terima kasih atas partisipasi Anda.





© Copyright 2024. Bappeda Provinsi Jawa Timur. Kembali ke atas | Kontak Kami | RSS Feed
Created & Design by IoT Division Bappeda Jatim