KA Jurusan Malang-Yogyakarta Diluncurkan

ilustrasi: kompas.com

PT Kereta Api Indonesia (KAI) secara resmi meluncurkan Kereta Api (KA) Ekspress jurusan Malang-Yogyakarta di Malang, Jawa Timur. Peluncuran KA Malioboro itu untuk memberikan kenyamanan dan menjawab antrean yang sering terjadi di beberapa stasiun KA di Jawa Timur.

Kepala Daops 8 Surabaya, Bambang Eko Martono, menjelaskan usai peluncuran, selama ini banyak warga Malang yang ingin berangkat ke Yogyakarta harus menggunakan KA Malabar jurusan Malang-Bandung. “Kali ini akan lebih dipermudah dengan adanya KA Malioboro Express,” katanya.

Apalagi kata Bambang Eko, minat warga Malang untuk pergi ke Yogyakarta cukup tinggi. “Makanya, kami mencoba menyediakan akses transportasi yang mudah untuk masyarakat,” jelasnya.

Pada keberangkatan pertama dari Malang, yang sekaligus peluncuran itu, ada sekitar 90 orang yang ada di dalam kereta Malioboro kelas eksekutif maupun ekonomi AC.

“Saat diluncurkan, antusiasme masyarakat Malang cukup tinggi, jika dibandingkan yang berangkat dari Yogyakarta,” akunya. Dari Yogyakarta saat percobaan, hanya ada 25 penumpang yang ikut ke Malang.

Adapun rangkain KA Malioboro ini terdiri dari tiga KA eksekutif dengan jumlah tempat duduk 150 orang, tiga KA ekonomi AC dengan 240 seat, dan satu kereta makan.

“Jadi, total penumpang untuk setiap kali keberangkatan maksimal 390 orang. Semoga tempat duduk yang disediakan memadai. Dan kereta ini nyaman untuk penumpang,” katanya berpromosi.

Tarif KA Malioboro Ekspress terdiri dari kereta ekonomi AC Rp 125 ribu, dan eksekutif sebesar Rp 175 ribu. Kereta api yang melewati Blitar dan Madiun tersebut dijadwalkan berangkat dari Stasiun Kotabaru Malang pada pukul 09.30 WIB dan sampai di Yogyakarta pukul 16.19 WIB. Dari Yogyakarta KA berangkat pada pukul 21.00 dan tiba di Malang pukul 03.53 WIB.

Salah seorang penumpang KA Malioboro Express, Hari Susanto mengaku, sangat gembira dengan adanya peluncuran kereta baru tersebut. “Saya memang sengaja mencoba naik kereta baru saat peluncuran. Saya rasakan cukup nyaman dan enak,” akunya.

Ia berharap, pihak stasiun memberikan pelayanan yang terbaik untuk penumpang. “Keamanan di atas KA terjamin. Itu yang diharapkan penumpang,” harapnya. kmpas.com

Tulis Komentar

Silahkan isi nama, email serta komentar Anda. Namun demikian Anda tidak perlu khawatir, email Anda tidak akan dipublikasikan. Harap gunakan bahasa atau kata-kata yang santun. Terima kasih atas partisipasi Anda.





© Copyright 2024. Bappeda Provinsi Jawa Timur. Kembali ke atas | Kontak Kami | RSS Feed
Created & Design by IoT Division Bappeda Jatim