Bank Gencar Ekspansi Jaringan di Jatim

ilustrasi: yanswersblogid.com

Jatim masih menjadi pasar yang menjanjikan bagi perbankan untuk mengembangkan jaringan kantornya. Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPBI) Wilayah IV Jatim mencatat hingga bulan April 2012, sudah ada 3.468 jaringan kantor bank umum yang dibuka di Jatim. Jumlah ini tumbuh 176 unit dibanding periode yang sama tahun lalu.

“Pertumbuhan kantor jaringan perbankan di Jatim yang cukup tinggi dalam beberapa tahun terakhir ini mengindikasikan Jatim masih menjadi traget empuk bagi perbankan untuk mengembangkan jaringan bisnisnya,” ujar Deputi Kepala Perwakilan BI Wilayah IV, Sarwanto kepada kabarbisnis.com.

Selain Bank umum, yang didalamnya termasuk Bank Syariah, KPBI Wilayah IV juga mencatat pertumbuhan jaringan kantor Bank Pekreditan Rakyat (BPR) yang cukup cepat di Jatim. Pada April 2012 tercatat jumlah jaringan kantor BPR di Jatim mencapai 538 unit, tumbuh dari periode yang sama tahun lalu yang tercatat 517 unit.

Sarwanto menambahkan, pertumbuhan ekonomi di Jatim yang lebih cepat dari pertumbuhan nasional menjadikan daerah ini strategis bagi pengembangan bisnis perbankan. Meski demikian, determinasi industri perbankan di Jatim harusnya lebih bisa ditingkatkan seiring pertumbuhan kinerjanya yang masih berada dibawah rata-rata nasional.

Total aset perbankan di Jatim dalam satu tahun terakhir mencatatkan kenaikan 19% sedangkan kreditnya tumbuh 20%. Tetapi secara naional aset perbankan naik 21%, sedangkan penyaluran kredit tumbuh 26 persen.

“Jadi semestinya perbankan di jatim masih bisa dikembangkan lagihingga minimal menyamai nasional,” papar Sarwanto. kabarbisnis.com

Tulis Komentar

Silahkan isi nama, email serta komentar Anda. Namun demikian Anda tidak perlu khawatir, email Anda tidak akan dipublikasikan. Harap gunakan bahasa atau kata-kata yang santun. Terima kasih atas partisipasi Anda.





© Copyright 2024. Bappeda Provinsi Jawa Timur. Kembali ke atas | Kontak Kami | RSS Feed
Created & Design by IoT Division Bappeda Jatim