Ribuan Marinir RI-AS Operasi Amfibi di Jatim

ilustrasi:antasari.net

Ribuan personel Korps Marinir TNI AL dan United States Marine Corp menggelar Operasi Amfibi di Situbondo, Jawa Timur. Dinas Penerangan Pasukan Marinir (Pasmar) 1 Surabaya, menjelaskan, latihan bersama “Latma CARAT 2012″ (Cooperation Afloat Readiness and Training) ini akan berlangsung selama 8 hari mulai 30 Mei 2012 hingga 7 Juni 2012.

Prajurit yang terlibat dari TNI AL 1.244 orang dan dari pihak US Navy sekitar 830 orang. Pangarmatim Laksamana Muda TNI Agung Pramono memimpin Gelar Pasukan Latihan Bersama (Latma) di lapangan apel Resimen Kaveleri-1 Marinir Semarung Ujung Surabaya.

Agung Pramono menjelaskan, latihan digelar di Markas Koarmatim Ujung Surabaya, perairan Laut Jawa, di sejumlah kabupaten di Pulau Madura, dan Kabupaten Situbondo, Jawa Timur. Dalam latihan bersama ini, Angkatan Laut Amerika Serikat datang ke Surabaya dengan tiga kapal perang, yaitu USS Germantown (LSD-42), USS Vandegrift (FFG-48), dan USCG Waesche, yang bersandar di Dermaga Jamrud Tanjung Perak Surabaya.

Sesuai jadwal yang direncanakan, TNI AL dalam latihan ini akan melibatkan KRI Diponegoro-365, KRI Banjarmasin-592, KRI Sutedi Senoputra-378, pesawat Cassa, Heli Bell, Heli BO-105, prajurit Korps Marinir dari Pasmar 1, Lantamal V, Dislambair, dan Satkopaska Koarmatim. Kegiatan latihan ini meliputi Demonstrasi Centrixs di Puslat Kaprang Kolatarmatim dan Marinir Exercise di Karang Tekok Situbondo, Simposium Milops, Aviation, Submarine, Medical Subject Matter Expert Exchange (SMEE), Intel SMEE, Engineering SMEE, dan Simposium Navedtra.

Di samping itu juga digelar beberapa pelatihan yang meliputi teori dan praktik VBSS, teori dan praktik Riverine Marinir di Karang Tekok Situbondo, Force Protection di Pangkalan Surabaya, Aviation di Pangkalan Juanda dan melaksanakan Sea Phase di Laut Jawa, sedangkan kegiatan bakti sosial yang melibatkan satu kompi dari Batalyon Zeni-1 Marinir dan masyarakat dilaksanakan di Desa Kwanyar, Kabupaten Bangkalan.

Pangarmatim Laksamana Muda TNI Agung Pramono mengatakan, latihan CARAT merupakan latihan bilateral antara TNI AL dan US Navy yang dilaksanakan setiap tahun. Latihan ini bertujuan untuk mempererat kerja sama antara TNI AL dan US Navy serta meningkatkan keterampilan profesionalisme prajurit dalam melaksanakan operasi bersama. kompas.com

Tulis Komentar

Silahkan isi nama, email serta komentar Anda. Namun demikian Anda tidak perlu khawatir, email Anda tidak akan dipublikasikan. Harap gunakan bahasa atau kata-kata yang santun. Terima kasih atas partisipasi Anda.





© Copyright 2024. Bappeda Provinsi Jawa Timur. Kembali ke atas | Kontak Kami | RSS Feed
Created & Design by IoT Division Bappeda Jatim