Kenaikkan HPP Beras akan Bantu Petani

ilustrasi: MICOM

Pemerintah Provinsi Jawa Timur menyambut baik rencana kenaikan HPP beras. Kenaikan itu sangat membantu bagi petani di tengah situasi musim panen yang tidak menentu akibat banjir.

“Petani bisa bernafas lega karena selama ini mereka memang sudah mengharapkan kenaikan itu,” kata Gubernur Jatim Soekarwo di Surabaya.

Bila HPP beras akhinya dinaikkan, hendaknya pemerintah konsisten sehingga petani tidak dirugikan kembali. Selain itu, spekulan juga bisa diberantas karena sudah jelas harganya.

Bulog juga demikian harus bisa membeli beras petani dengan nilai yang sudah ditetapkan, sebab selama kerap terjadi tarik ulur antara Bulog dengan petani.

“Sekarang sudah jelas HPP mau naik. Peran Bulog sangat diharapkan. Bila tidak maka pasar bebas nanti yang menentukan,” ujarnya.

Di Jatim, menurut Soekarwo, produksi padi sangat melimpah, meski dalam satu bulan ini hujan deras mengguyur Jawa Timur yang menyebabkan banyak wilayah yang menahan panen. Namun ia memastikan setelah cuaca membaik beras bakal melimpah di Jatim. MICOM

Tulis Komentar

Silahkan isi nama, email serta komentar Anda. Namun demikian Anda tidak perlu khawatir, email Anda tidak akan dipublikasikan. Harap gunakan bahasa atau kata-kata yang santun. Terima kasih atas partisipasi Anda.





© Copyright 2024. Bappeda Provinsi Jawa Timur. Kembali ke atas | Kontak Kami | RSS Feed
Created & Design by IoT Division Bappeda Jatim