Siaga Bencana di Gunung Ijen, Semeru, Bromo

Ilustrasi

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Jawa Timur (Jatim), siaga bencana di tiga gunung, yakni Gunung Ijen, Semeru, dan Gunung Bromo.

Perhatian saat ini dipusatkan di Gunung Ijen dengan mendirikan posko siaga bencana di Kabupaten Situbondo,Bondowoso, dan Banyuwangi untuk antisipasi meletusnya gunung tersebut. Sedangkan Gunung Semeru dan Bromo sifatnya waspada, tapi terus dipantau perkembangannya.

Kepala BPBD Jatim Siswanto kepada mediaindonesia.com, Selasa (27/12), mengatakan posko itu jaraknya sekitar tiga kilometer dari kawah aktif Gunung Ijen. “Setiap pemerintah daerah mendirikan tiga posko dan setiap posko dijaga lima petugas,” katanya.

Gunung Ijen berada di wilayah Kabupaten Banyuwangi, Bondowoso dan Situbondo. Gunung Semeru terletak di Kabupaten Lumajang, Probolinggo, dan Malang. Sedangkan Gunung Bromo berada di Kabupaten Probolinggo, Pasuruan, dan Malang.

Siswanto menjelaskan posko pemantauan itu siaga selama 24 jam dengan melibatkan semua elemen masyarakat. Sedangkan pembiayaannya ditanggung oleh Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Pusat. Pembiayaan diambilkan dari dana on call sebesar Rp500 juta untuk membiayai pendirian posko, konsumsi, dan uang lelah petugas untuk berjaga selama dua minggu setelah status Gunung Ijen dinaikkan dari waspada menjadi siag mediaindonesia.com

2 Komentar Pembaca

  1. dalam mensosialisasikan hasil amatan perkembangan situasi BPBD jatim bisa kerja sama dengan Ormas sehingga paling tidak hasil perkembangan itu bisa tepat sasaran, krn ormas itu biasanya punya klompok klompok kegiatan.

  2. Mantap sekali Infromasinnya, Destinasi Wisata Kawah Iijen atau Wisata Alam memang sangat beresiko tinggi dan harus siaga bencana terutama untuk pencegahanya,

    Salam kenal dari KawanjelajahTour. Kami Spesialis Paket Wisata Kawah Ijen, Bromo, dan Wisata Alam Jawa Timur lainya.

Tulis Komentar

Silahkan isi nama, email serta komentar Anda. Namun demikian Anda tidak perlu khawatir, email Anda tidak akan dipublikasikan. Harap gunakan bahasa atau kata-kata yang santun. Terima kasih atas partisipasi Anda.





© Copyright 2024. Bappeda Provinsi Jawa Timur. Kembali ke atas | Kontak Kami | RSS Feed
Created & Design by IoT Division Bappeda Jatim