72 Ton Manggis Jatim Masuk Vietnam dan Thailand

Ekspor Manggis primadona baru ekspor Jatim. foto:ist

Garcinia mangostana L alias buah manggis asal Jawa Timur masuk pintu ekspor ke Vietnam dan Thailand. Cukup banyak, mencapai 72 ton.

Petugas Balai Besar Karantina Pertanian (BBKP) di Surabaya juga telah melakukan pemeriksaan. Pemeriksaan ini sebagai salah satu persyaratan dari negara tujuan.

Jawa Timur dikenal sebagai salah satu sentra buah-buahan tropis, salah satunya manggis. Ketenaran manggis di pasar internasional seperti di pasar Vietnam dan Thailand, hampir menyamai durian, sehingga kedua buah tersebut mendapat sebutan The Queen of Fruits dan The King of Fruits. Manggis tidak hanya berasa manis dan segar, tetapi juga memiliki kulit buah yang bermanfaat bagi kesehatan.

Pengendali Organisme Pengganggu Tumbuhan (POPT), Ir Chairul Saleh, mengatakan, buah manggis tersebut telah melalui serangkaian kegiatan sanitasi, seperti perendaman dan pembersihan serta pengujian laboratorium untuk menjamin agar buah manggis tersebut bebas OPTK. Selama ini, manggis kerap menjadi salah satu media pembawa seperti kutu putih. (*)

Tulis Komentar

Silahkan isi nama, email serta komentar Anda. Namun demikian Anda tidak perlu khawatir, email Anda tidak akan dipublikasikan. Harap gunakan bahasa atau kata-kata yang santun. Terima kasih atas partisipasi Anda.





© Copyright 2024. Bappeda Provinsi Jawa Timur. Kembali ke atas | Kontak Kami | RSS Feed
Created & Design by IoT Division Bappeda Jatim