New Tanjung Tembaga Andalan Baru Pelabuhan Jawa Timur

Ilustrasi: Pelabuhan New Tanjung Tembaga Probolinggo. ist

Gubernur Jawa Timur Dr. H. Soekarwo, mengatakan, pelabuhan New Tanjung Tembaga yang terletak di Kabupaten Probolinggo menjadi unggulan Jawa Timur. Pelabuhan ini menjadi satu-satunya milik dan dikelola Pemerintah Provinsi Jawa Timur guna menunjang perekonomian dan perdagangan Jawa Timur.

Keunggulan New Tanjung Tembaga Probolinggo adalah lebih efisien sebesar 40 persen dibanding pelabuhan lainnya. Letaknya strategis dan dari sisi bisnis sangat porspektif karena melayani sekitar 120 juta penduduk wilayah Indonesia Timur.

Sejumlah perusahaan memanfaatkan New Tanjung Tembaga antara lain batu bara milik Cheil Chedang Indonesia, Tjiwi Kimia dan Industri-industri yang ada di Ngoro. Keberadaan pelabuhan baru ini juga sudah bisa melayani berbagai kepentingan ekonomi, seperti pengiriman batu bara, aspal curah, tepung dari NTB dan Semen serta pengiriman sebanyak 1.500 ton beras Bulog ke berbagai wilayah di Indonesia.

Menurutnya, pelabuhan ini bermanfaat untuk efisiensi dan supaya industri di sekitarnya tidak tergantung kepada Tanjung Perak. Selain ongkos angkut akan lebih murah, aktivitas ekonomi juga tidak tergantung dan terpusat di Surabaya dan akan menyebar kemampuan daerahnya.

“Pelabuhan ini sangat membantu mengurangi kepadatan Pelabuhan Tanjung Perak di Surabaya sehingga mampu membantu keperluan bongkar muat untuk wilayah Pasuruan-Probolinggo-Situbondo-Bondowoso dan sekitarnya,” kata Pakde Karwo sapaan lekat Gubernur Jawa Timur. ***

Tulis Komentar

Silahkan isi nama, email serta komentar Anda. Namun demikian Anda tidak perlu khawatir, email Anda tidak akan dipublikasikan. Harap gunakan bahasa atau kata-kata yang santun. Terima kasih atas partisipasi Anda.





© Copyright 2024. Bappeda Provinsi Jawa Timur. Kembali ke atas | Kontak Kami | RSS Feed
Created & Design by IoT Division Bappeda Jatim