AS Konkritkan Trade, Tourism, and Investment di Jawa Timur

Ilustrasi

Promosi terhadap potensi trade, tourism, and investment Jawa Timur ternyata cukup membawa hasil gemilang.

Siaran pers Humas Setdaprov menyebutkan, sebagai dampak dari promosi yang dilakukan di Los Angeles Amerika Serikat belum lama ini, delegasi pengusaha Los Angeles Amerika Serikat akan mengunjungi Jawa Timur

Misi dari kunjungan itu adalah mengongkritkan kegiatan investasi, perdagangan, dan pariwisata yang dilakukan sebelumnya. Menurut Konsul Jenderal RI Los Angeles AS, Umar Hadi, delegasi pengusaha yang akan  ke Jawa Timur itu sedikitnya 25 pengusaha.

Beberapa usaha potensial untuk dikerjasamakan dengan mitra lokal, diantaranya furniture, makanan prosesan, pariwisata, kedirgantaraan, dan energi pengolahan air dan sampah.

Sejauh data yang ada, neraca perdagangan Jawa Timur dengan Amerika Serikat tahun 2014 mengalami surplus. Nilai ekspor tercatat sebesar 2.005 juta dolar AS, sedangkan impor 1.478 juta dolar AS. Komoditi utama impor Jawa Timur antara lain besi baja, mesin dan otomotif, kimia dasar, tekstil dan pulp.

Kerjasama investasi antara Amerika Serikat dengan Jawa Timur dimulai tahun 1970. Nilai investasinya sampai dengan semester I tahun 2015 tercatat sebesar 2,4 miliar dolar AS dengan jumlah proyek sebanyak 72 buah dan menyerap tenaga kerja tidak kurang dari 18.488 tenaga kerja.

Tulis Komentar

Silahkan isi nama, email serta komentar Anda. Namun demikian Anda tidak perlu khawatir, email Anda tidak akan dipublikasikan. Harap gunakan bahasa atau kata-kata yang santun. Terima kasih atas partisipasi Anda.





© Copyright 2024. Bappeda Provinsi Jawa Timur. Kembali ke atas | Kontak Kami | RSS Feed
Created & Design by IoT Division Bappeda Jatim