Lahan Meraksasa Hasil Cuma Secuil

Musim petik kopi. foto:istimewa

Ironi Indonesia Produsen Kopi Terbesar Ketiga Dunia

Indonesia menempati produsen kopi nomor tiga terbesar di dunia. Saat ini, produsen nomor satu diduduki negara Brazil. Kopi yang dihasilkan sebanyak 3 juta ton atau 34,8% dari produksi dunia.

Menyusul kemudian Vietnam. Negeri yang pernah hangus karena perang ini menghasilkan kopi sebesar 1,32 juta ton 15,3%. Sementara kopi Indonesia hanya mampu memroduksi 0,69 juta ton atau 8,9% terhadap produksi dunia.

Meski menduduki nomor tiga di dunia, produksi kopi Indonesia menyimpan ironi yang besar. Mari kita tengok, dari segi luas perkebunan kopi Indonesia paling besar ketimbang negara Brazil maupun Vietnam. Luas arael tanaman kopi Indonesia saat ini mencapai 1,24 juta hektar (ha). Sementara Brazil hanya 650.000 ha dan Vietnam 420.000 ha.

Artinya, produktivitas kopi nasional mengakibatkan produksi kopi Indonesia kalah dengan kedua negara tersebut. Produktivitas kopi Brazil mencapai 6 ton per ha dan Vietnam sebesar 2 ton per ha, sedangkan Indonesia hanya sekitar 740 kilogram per ha.

Apa pasal? Menurut Sekretaris Ditjen Perkebunan Kementerian Pertanian RI, Irmijati Rachmi Nurbahar, produktivitas kopi Indonesia rendah lantaran tanaman sudah tua. Sebab lain belum menggunakan benih unggul serta kurangnya perawatan. Selebihnya adalah serangan hama penyakit.

Untuk itu, kata Irmijati Rachmi Nurbahar, dalam upaya peningkatan produktivitas kopi nasional Kementan mendorong petani menerapkan teknik budidaya yang berkelanjutan.

Tulis Komentar

Silahkan isi nama, email serta komentar Anda. Namun demikian Anda tidak perlu khawatir, email Anda tidak akan dipublikasikan. Harap gunakan bahasa atau kata-kata yang santun. Terima kasih atas partisipasi Anda.





© Copyright 2018. Bappeda Provinsi Jawa Timur. Kembali ke atas | Kontak Kami | RSS Feed
Created & Design by IT Support Bappeda Jatim