Kamis, 30 Maret 2017

Gubernur Jatim Nyatakan Erupsi Gunung Raung Bencana Provinsi

Soekarwo Gubernur Jawa Timur dan Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas saat berkunjung di Pos Pantau Gunung api Raung yang berada di Desa sumberarum Kecamatan Songgon Kabupaten Banyuwangi (Foto: Putri Akmal/news.detik.com); Teks Foto: Ira Rachmawati/Kompas.com/Banyuwangi)

Gubernur Soekarwo meninjau pos pantau Gunung Api Raung di Desa Sumberarum, Kecamatan Songgon, Kabupaten Banyuwangi, Minggu (12/7/2015).

Pada kesempatan itu, Soekarwo mengatakan erupsi Gunung Raung merupakan bencana Provinsi Jawa Timur dan melibatkan tiga kabupaten sekaligus yaitu Kabupaten Banyuwangi, Kabupaten Jember dan Kabupaten Bondowoso.

“Namun sampai saat ini penduduk masih tidak perlu mengungsi dan terus beraktivitas secara normal,” jelas lelaki yang akrab dipanggil Pak De Karwo tersebut.

Soekarwo menegaskan Pemprov Jawa Timur siap memenuhi kebutuhan warga yang terdampak erupsi Raung. Kebutuhan itu antara lain gladi posko yang digelar sejak awal, penyiapan jalur dan kebutuhan evakuasi, hingga menyiapkan dana bencana.

“Anggaran bencana unlimited. Begitu dinyatakan bencana, kami siap mengeluarkan dana berapapun,” katanya.

Secara simbolis Soekarwo juga menyerahkan bantuan berupa 205.000 masker, obat-obatan, paket makanan, dan peralatan dapur.

“Masyarakat tidak perlu panik. Harus sabar karena sudah bertahun-tahun Gunung Raung sudah memberikan banyak manfaat kepada kita separti tanah yang subur dan bagus untuk pertanian,” kata Soekarwo.

(Sumber: regional.kompas.com)

Tulis Komentar

Silahkan isi nama, email serta komentar Anda. Namun demikian Anda tidak perlu khawatir, email Anda tidak akan dipublikasikan. Harap gunakan bahasa atau kata-kata yang santun. Terima kasih atas partisipasi Anda.





© Copyright 2017. Bappeda Provinsi Jawa Timur. Kembali ke atas | Kontak Kami | RSS Feed
Created & Design by IT Support Bappeda Jatim