Koperasi & UMKM Jatim Disiapkan Dana Bergulir 4,9 Miliar

Setra Batik Kotah di Kabupaten Sampang yang tidak tahu cara mengakses dana bergulir LPDB. foto:widikamidi

Dari Total Anggaran LPDB Rp2,75 Triliun, Digulirkan Tahun 2015

Lembaga Pengelola Dana Bergulir (LPDB) untuk Koperasi dan UMKM melakukan temu mitra bersama 1.500 koperasi/UMKM Jawa Timur. Pertemuan dilakukan Hotel Empire, Surabaya, Kamis (13/11)

Turut hadir pada pertemuan penting menjelang diberlakukannya MEA 2015 itu Dinas Koperasi dan UMKM Provinsi Jawa Timur dan Deputi Bidang Pengkajian Kementerian Koperasi dan UKM Republik Indonesia, Meliadi Sembiring.

Direktur Utama LPDB-KUMKM, Kemas Danial mengatakan, tujuan dari temu mitra nasional 2014 tak lain untuk mempererat hubungan antara LPDB dengan para mitranya. Serta meningkatkan tingkat kepatuhan mitra dalam pemanfaatan dana bergulir dan menekan angka kolektibilitas dana bergulir bermasalah (KDBB) serendah mungkin.

LPDB merupakan satuan kerja dari Kementerian Koperasi dan UKM yang bertugas mengelola dana bergulir dalam bentuk pinjaman atau pembiayaan kepada Koperasi dan UKM.

Lembaga yang beroperasi sejak tahun 2008 ini telah menyalurkan pinjaman atau pembiyaan dana bergulir sebesar Rp5,05 triliun yang disalurkan kepada 608.867 UMKM melalui 3.453 mitra koperasi dan non koperasi di seluruh Indonesia, termasuk di Jawa Timur.

Menurut Kemas Danial, untuk tahun 2015,  jika tidak ada pemotongan anggaran, ditargetkan anggaran sebesar Rp2,7 triliun untuk digulirkan kepada koperasi dan UKM.

Sementara itu Wakil Gubernur Jawa Timur, H Saifullah Yusuf mengatakan akumulasi realisasi pencairan dana bergulir LPDB di Jatim sebesar Rp 699,6 miliar yang disalurkan kepada 351 mitra. Dana bergulir LPDB ini sangat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat karena tingkat bunganya yang rendah bila dibandingkan dengan perbankan pada umumnya.

Sedangkan untuk tahun 2015, LPDB telah mengalokasikan dana bergulir untuk Jatim sebesar Rp490,99 miliar dari total Rp2,75 triliun anggaran dana bergulir. (*/idi)

2 Komentar Pembaca

  1. Maaf kapan pencairan lpdb koprasi 2015 untuk kabupaten jember.mohon di blz.tks

  2. Assalamualaikum….Saya mengajukan repiter mulai okt 2014 kok belum ada kunjungan terimakasih…..

Tulis Komentar

Silahkan isi nama, email serta komentar Anda. Namun demikian Anda tidak perlu khawatir, email Anda tidak akan dipublikasikan. Harap gunakan bahasa atau kata-kata yang santun. Terima kasih atas partisipasi Anda.





© Copyright 2019. Bappeda Provinsi Jawa Timur. Kembali ke atas | Kontak Kami | RSS Feed
Created & Design by IT Support Bappeda Jatim