Jawa Timur Paling Siap Hadapi AFTA 2015

SMK Mini yang diprogramkan Jatim.

SMK Mini Dibangun Lebih Banyak, Disiapkan 70 Persen

Menyongsong AFTA 2015 Pemerintah Provinsi Jawa Timur benar-benar sangat serius menyiapkan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dibandingkan Sekolah Menengah Umum (SMU).

Gubernur Jawa Timur,  Soekarwo, menegaskan, fokus Pemerintah Provinsi Jawa Timur terhadap SMK dimaksudkan agar siswa yang memiliki keterampilan atau skill bisa langsung mengaplikasikan diri di pasar kerja sehingga membantu daerah dalam menghadapi pasar bebas.

Kesiapan tersebut diwujudkan dalam pembangunan SMK Mini. SMK ini menjadi pilihan dan disesuaikan dengan kebutuhan lokal yang bertujuan untuk menyiapkan tenaga terampil dan ahli sesuai kemampuan di bidangnya.

Dicontohkan, jika wilayahnya berada di daerah pesisir laut, bisa dibangun SMK Kelautan atau pelayaran. Di SMK ini, siswa tidak lagi diajarkan teknik mengelas dasar besi pagar saja, melainkan mengelas kapal. Keberadaannya disesuaikan dengan kebutuhan di masing-masing wilayah yang ada.

Pentingnya sekolah kejuruan ini, bertujuan untuk menjadikan tenaga terampil informal menjadi tenaga formal. Salah satu contohnya, jika Tenaga Kerja Indonesia (TKI) yang sudah termasuk dalam tenaga formal akan dilindungi oleh payung hukum yang ada. Akan tetapi, jika mereka masih di dalam tenaga informal tidak dilindungi oleh payung hukum yang kuat.

Menurutnya, masyarakat harus diajak untuk hijrah pemikiran dari kebiasaan bersekolah umum beralih ke sekolah kejuruan. Jika sekolah kejuruan bisa mencapai 70 persen dan sekolah umum 30 persen, maka siswa akan siap menghadapi pasar bebas.

Akan tetapi, keberadaan SMK ini juga harus diikuti oleh kebijakan untuk meneruskan pendidikan yang lebih tinggi ke perguruan tinggi. Dengan fakus ini Soekarwo yakin Jawa Timur adalah provinsi yang paling siap menyongsong pasar bebas dengan modal SDM dan tenaga terampil yang berkualitas. (tim)

Tulis Komentar

Silahkan isi nama, email serta komentar Anda. Namun demikian Anda tidak perlu khawatir, email Anda tidak akan dipublikasikan. Harap gunakan bahasa atau kata-kata yang santun. Terima kasih atas partisipasi Anda.





© Copyright 2019. Bappeda Provinsi Jawa Timur. Kembali ke atas | Kontak Kami | RSS Feed
Created & Design by IT Support Bappeda Jatim