Parasamya untuk Rakyat Jawa Timur

Persembahan untuk rakyat Jawa Timur

Penghargaan monumental bagi Jawa Timur. Momen serupa adalah prestasi Jawa Timur 40 tahun lalu, di tahun 1974

Gedung Negara Grahadi di Jalan Gubernur Suryo Surabaya pagi ini tampak tidak seperti biasanya. Suasana gembira, gempita, juga sumringah menghinggapi sudut-sudut gedung nan bersejarah itu. Pagi itu, Gubernur Jawa Timur Dr H Soekarwo bersama masyarakat Jawa Timur melakukan upacara penerimaan Penghargaan Presiden RI Samkaryanugraha Parasamya Purnakarya Nugraha Tahun 2014. Penghargaan tersebut terasa monumental bagi Jawa Timur pasalnya momen serupa adalah prestasi Jawa Timur 40 tahun lalu, atau persinya di 21 Agustus 1974.

Soekarwo mengatakan, pada waktu itu, di tahun 1974 itu yang menerima prestasi ini adalag di era Gubernur Jawa Timur M Noer. Saat itu penghargaan diserahkan oleh Presiden Soeharto di Stadion Gelora 10 November. Masih menurut Soekarwo, penghargaan saat itu merupakan pertama dalam sejarah Republik Indonesia. Pada tahun 1974 Jawa Timur merupakan satu-satunya provinsi yang memperoleh penghargaan tersebut karena keberhasilannya dengan prestasi tertinggi dalam pelaksanaan Pembangunan Lima Tahun (Pelita).

Samkaryanugraha Parasamya Purnakarya Nugraha adalah merupakan penghargaan bagi pemerintah provinsi dan kabupaten/kota yang berprestasi tertinggi dalam pelaksanaan pembangunan untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat cara harafiah. Makna Samkaryanugraha Parasamya Purnakarya Nugraha berarti anugrah atas pekerjaan yang sempurna untuk kepentingan semua orang.

Soekarwo menambahkan, penghargaan ini diberikan berdasarkan hasil penilaian komprehensif terhadap 138 indikator kunci laporan penyelenggaraan pemerintah daerah selama 30 tahun berturut-turut. Sejak tahun 2010 – 2012, Provinsi Jawa Timur berhasil meraih nilai teringgi untuk semua indikator kinerja kunci yang meliputi indeks kerja utama, pengambil kebijakan, pelaksanaan kebijakan, serta pelaksanaan urusan wajib.

“Hari ini kita hadir disini, juga seluruh rakyat Jawa Timur bersama-sama menyaksikan penuh bahagia bahwa kerja keras, kegigihan kita bersama seluruh lapisan masyarakat Jawa Timur membangun provinsi telah membuahkan hasil penghargaan yang merupakan penghargaan tertinggi atas prestasi pembangunan yang telah kita lakukan bersama,” kata Soekarwo. (*/idi)

Tulis Komentar

Silahkan isi nama, email serta komentar Anda. Namun demikian Anda tidak perlu khawatir, email Anda tidak akan dipublikasikan. Harap gunakan bahasa atau kata-kata yang santun. Terima kasih atas partisipasi Anda.





© Copyright 2017. Bappeda Provinsi Jawa Timur. Kembali ke atas | Kontak Kami | RSS Feed
Created & Design by IT Support Bappeda Jatim